Postingan

Menampilkan postingan dengan label Kesehatan

Waspada Kenali Gejala Dengue dan Cegah dengan Vaksin Dengue

Gambar
DBD atau Demam Berdarah Dengue, penyakit yang menakutkan bisa dibilang penyakit ini pun sama seperti Covid yang bisa menyebabkan kematian mendadak. Penyakit ini ada dimana saja, bisa menyerang siapa saja, tak kenal usia maupun gender, lebih menakutkan lagi bila Demam Berdarah Dengue (DBD) menyerang bayi yang masih dibawah satu tahun. Saya pernah besuk anak tetangga di rawat di rumah sakit, karena DBD. Lihat nya ga tega, saya liat darahnya itu sudah berwarna hitam pekat. Demam Berdarah Dengue ini penyakit yang di sebabkan oleh gigitan nyamuk aedes Aegypti. Kenali Gejala Demam Berdarah Dengue dan Cegah dengan Vaksin Dengue Saat musim hujan nyamuk aedes Aegypti ini akan meningkat populasi nya, karena telur akan menetes akibat perkembangbiakannya tergenang air hujan. Oh iya jenis nyamuk ini lebih menyukai tempat yang bersih, dan adanya pada siang hari. Istimewa nya nyamuk ini bisa melakukan gigitan berkali-kali, sehingga dapat menularkan dengan cepat. Nyamuk aedes Aegypti ini dapat menular

Kusta Bukan Penyakit Kutukan

Gambar
Kalau bicara soal penyakit, terkadang orang awam sering mengaitkan dengan beberapa mitos. Misal penyakit Kusta salah satunya padahal penyakit Kusta itu bukan sebuah penyakit kutukan atau penyakit turunan. Penyakit Kusta sudah ada atau dikenal sejak zaman kuno, saat itu masih menjadi masalah kesehataan di masyarakat di beberapa negara di dunia. Dalam perspektif agama seperti Hinduisme, Buddhisme, Kristen, dan Islam, penyakit ini sering dikaitkan dengan dosa, karma, dan ujian dari Tuhan. Kusta penyakit kulit yang dapat di sembuhkan Kusta adalah salah satu penyakit tertua dalam sejarah. Penyakit kusta sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi bahkan tertulis dalam kitab-kitab suci beberapa agama. Ini menjelaskan penyebab penyakit kusta atau lepra sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan masih ditemukan hingga saat ini dan pada masa purba tersebut disinyalir telah terjadi pengasingan pada pasien kusta. Orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) dan penyandang disabilitas akibat kusta m

STROKE Bom Waktu Siap Meledak Kapan Saja

Gambar
"Bu..kok pandangan bapak jadi ada dua, kaki sama tangan jadi baal gini. Ga nunggu waktu lama saya langsung bawa bebeb ke klinik terdekat. Disana dokter langsung memberi rujukan dan menganjurkan dibawa ke rumah sakit. Rumah sakit yang terdekat dari klinik adalah RS Husada Mangga Besar. Pas sampai di IGD Husada (Rabu malam), seperti biasa harus registrasi dulu. Kebetulan yang dibawa cuma KIS (BPJS) nya doang itupun karna ada di dompet saya. Dan ini yang mungkin jadi persoalan dalam pengobatan. Hasil tensi bebeb saat itu 200/180 itu udah tinggi banget, dokter muda yang memeriksa menyarankan untuk diberi obat melalui suntikan. Entah kenapa pendapat dokter kepala, malah menjelaskan prosedur BPJS. Padahal jelas-jelas di pas registrasi udah dijelaskan, kalau gw menyanggupi pembayaran tanpa BPJS. Jadi kalau rawat jalan diharuskan bayar, dan kalau rawat inap akan di tanggung BPJS. Kami udah keburu pusing, dokter kepala setelah menjelaskan, malah balik bertanya "Apa mau dilanjutkan pen

Gejala Penyebab Pemicu Low Back Pain Saraf Kejepit Penanganan Tanpa Operasi Di RS Premier Bintaro

Gambar
 Assalamualaikum wr.wb. Semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat ya, mengingat kesehatan itu mahal harganya. Lebih baik investasi kesehatan agar disaat usia memasuki 50 tahun keatas, bisa menikmati hidup tanpa adanya penyakit. Bicara masalah usia, yang saya rasakan saat memasuki usia 40 tahun itu, banyak sekali yang dirasa pada tubuh ini. Sekarang kalau udah kelamaan jongkok itu pasti engap banget dan kaki juga kesemutan. Kalau abis cuci pakaian aja, saya perlu istirahat sejenak sekitaran 15 menitan sambil nungguin pakaian direnadam pewangi. Parahnya lagi abis cuci piring kan dengan posisi seperti rukuk ya, pinggang rasa kaku. Jadi berdiri tegak pun, mesti perlahan takut salah urat kalau dipaksakan. Tehnologi Unggulan RS Premier Bintaro Ternyata kegiatan dengan posisi yang saya lakukan itu bisa menjadi pemicu saraf kejepit loh. Setelah saya mengikuti Healthy Talk di Rumah Sakit Premier Bintaro, di acara Blogger & Vlogger Gathering kemarin. Sebelum mengikuti healthy talks, ka

Jangan Menunggu Sampai Obesitas Dulu Baru Hidup Sehat

Gambar
Siapa disini yang kalang kabut, kalau timbangan atau berat badannya naik??? Atau kalau ada yang bilang " lu gemukan ya" baru deh nyadar trus ambil kaca dan ambil timbangan. Kejadian kaya gitu juga terjadi pada saya, malahan ada lagi yang bikin nyelekit. Ada yang ngomong " jadi  janda gemukan...". Jadi masalah pada status sebenarnya, sejak pandemi jujur saya akui jarang banget malahan ga pernah olahraga atau aktivitas fisik. Ga pernah ke pasar juga, ga pernah masak buat anak-anak lagi, makan juga lebih banyak pesan online yang dianterin sampai depan pintu rumah. Pas dengar ada yang kaya gitu, jadi pemicu buat saya untuk merubah gaya hidup. Pandemi bukan lagi suatu alasan untuk tidak olahraga atau aktivitas fisik. Sebelum pandemi kan, saya sering jalan kaki ke tempat kerja. Masih rajin kepasar dan masak, pas pandemi malah keenakan jadi kaum rebahan, mager alias malas gerak. Sehari-hari cuma rebahan drakoran, si Dede juga sama seperti saya, apalagi masih kuliah online

Tips Pemenuhan Gizi dan Nutrisi Untuk Ibu Hamil dan Busui

Gambar
Pemenuhan gizi dan nutrisi untuk ibu hamil dan busui adalah hal penting yang harus lebih diperhatikan oleh kita semua. Apalagi kita masih menjalani masa pandemi, gizi dan nutrisi bukan hanya penting untuk ibu hamil dan busui melainkan untuk kita semua. Gizi seimbang untuk membentuk imun tubuh yang kuat dan baik untuk melawan dan menghindarkan kita dari virus Covid19. Seperti yang kita ketahui, mengkonsumsi makanan buah dan sayur yang memenuhi gizi seimbang saat masa kehamilan dapat memproduksi ASI dengan baik untuk bayi kita nanti. Dan makanan yang baik untuk newborn sampai usia 6 bulan itu adalah ASI Eksklusif. Nah kenapa ASI sangat penting untuk bayi yang baru lahir sampai usia 2 tahun? ASI (Air Susu Ibu) diproduksi karena pengaruh dari hormon prolaktin dan oksitosin setelah melahirkan bayi. Air susu ibu yang pertama kali keluar disebut kolostrum atau jolong yang banyak mengandung immuglobin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi dalam melawan penyakit. Kolostrum juga mengandung b

Tips Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Saat Menstruasi

Gambar
Menjaga kebersihan saat menstruasi, menjaga area kewanitaan atau Miss V adalah hal yang sangat penting bagi wanita. Karena jika kita lalai atau tidak menjaga kebersihan disaat haid, akan menyebabkan penyakit tidak menular dan banyak menyebabkan kanker serviks. Edukasi seputaran menjaga kebersihan saat menstruasi, menjadi tugas utama ibu dan baiknya diajarkan saat anak menjelang pubertas. Masa pubertas pun beda-beda atau biasanya mengikuti genetik dari orang tuanya. Memberikan edukasi seputaran menstruasi, bisa diarahkan perlahan atau step by step. Sehat dan Bersih saat Menstruasi Dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia menyelenggarakan Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang diikuti oleh 1.000 perempuan Indonesia. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Selaras dengan h

Bebaskan Generasi Emas 2045 Dari Susu Kaleng

Gambar
Masa 1.000 HPK adalah  penentu kualitas masa pertumbuhan anak hingga dewasa. Kesadaran pentingnya informasi kesehatan harus dimulai sebelum masa kehamilan. Bidan berperan dalam mengoptimalkan 1.000 HPK (Hari Pertama Kelahiran). Terutama untuk calon ibu dan calon ayah harus lebih menggali informasi mengenai kandungan gizi setiap makanan, yang baik untuk anak di 1000 HPK. Pengetahuan dasarnya adalah jangan memberikan kental manis pada anak karena akan mengakibatkan Stunting atau gizi buruk. Biasanya calon ibu atau ibu hamil akan diberikan edukasi oleh bidan melalui posyandu-posyandu di lingkungan rumah masing-masing atau sebulan sekali konsultasi ke Puskesmas terdekat. Ibu hamil akan diberikan suplemen penambah darah, vitamin dan penguat janin juga akan ditimbang untuk berat badan ideal ibu hamil. Bila ada keluhan, baiknya ibu hamil atau ibu menyusui konsultasi pada ahlinya jangan sembarangan minum obat. Disini peran Bidan pun sangat penting untuk mencapai generasi emas 2045 nanti.  Pera

Hansaplast Plester No 1 Perlindungan Luka Dengan Logo dan Kemasan Baru

Gambar
Pandemik sudah lebih dari satu tahun, kegiatan belajar pun masih dilakukan dirumah. Anak-anak pun sudah mulai jenuh dan bosan, karena aktivitas bermain bersama teman-temannya pun sudah berkurang. Sedangkan pada usianya, bermain salah satu cara menstimulasi otaknya agar cerdas dan kreatif. Tapi ini menjadi kesempatan orang tua dan anak jadi lebih dekat, karena 80 persen perkembangan otak terjadi pada usia 2 tahun. Jadi harus lebih diperhatikan lagi nutrisi dan stimulasi. Meskipun mereka tidak bisa bermain diluar, namun stimulasi bisa dilakukan didalam rumah. WHO menyarankan menyisihkan waktu 20-30 menit untuk bermain bersama anak-anak.  Hansaplast Tampil dengan Logo dan Kemasan Baru, Serta Plester yang Dilengkapi dengan Bacteria Shield  Masih dalam tema perlindungan optimum, Hansaplast bekerjasama dengan komunitas Tentang Anak, Hansaplast mengadakan acara bertajuk “Seberapa Penting Proteksi Terhadap Tumbuh Kembang Anak” yang bertujuan memberikan edukasi mengenai pentingnya membangun per

Imugard Menjaga Dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Disaat Pandemik

Gambar
Pandemik sudah kita lalui lebih dari setahun ya, dan bersyukur saat juga sudah berjalan ya program vaksinasi dari pemerintah. Banyak cara untuk mencegah terpapar Covid 19 ini yaitu dengan menerapkan 5 M dan meningkatkan imunitas tubuh. Untuk menjaga kesehatan tubuh pada keluarga dirumah, saya sering merebus jahe merah dikombinasikan dengan kencur, batang sereh dan kunyit. Biasanya merebus ramuan herbal ini seminggu sekali, tapi sejak Covid 19 dan juga anak pertama saya yang bekerja  menjadi perawat pasien yang terpapar Covid 19 di salah satu rumah sakit di Jakarta Barat. Saya merebus ramuan herbal ini dua hari sekali, karena risiko bagi kami sangat tinggi sekali. Mencegah dan menjaga imunitas tubuh disaat pandemik covid 19 Selain ramuan herbal, saya juga memberikan air kelapa ijo kalau Kaka masuk shif malam. Sebenarnya dari rumah sakit udah dapat susu uht dan Vitamin C, tapi saya tidak mau ambil risiko. Lebih baik mencegah daripada mengobati, apalagi Kaka belum bisa di vaksin karena me

Tips Cegah Anemia

Gambar
Anemia adalah kekurangan darah dan zat besi, atau keadaan dimana konsentrasi Hemoglobin (Hb)  yang berada didalam sel darah merah, lebih rendah dari seharusnya. Anemia akan mengakibatkan rendahnya Hb menyebabkan rendahnya oksigen yang dibawa keseluruh jaringan tubuh, termasuk otak dan otot. Sehingga akan :  Menurunkan konsentrasi belajar  Menurunkan produktivitas Mudah menderita penyakit infeksi karena turunnya imunitas  Menurunkan kesegaran tubuh  Prestasi sekolah dan bekerja rendah Hari Gizi Nasional ke-61  Setiap tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Nah pada Hari Gizi Nasional ke-61 ini, tema yang diangkat adalah “Remaja Sehat Bebas Anemia”. Melalui tema ini, diharapkan dapat meningkatkan komitmen dan mempererat kerja sama seluruh elemen bangsa untuk meningkatkan kualitas kesehatan melalui perbaikan gizi remaja melalui penanggulangan anemia. Saat ini lndonesia masih dihadapkan pada beban ganda masalah gizi yaitu masih tingginya prevalensi stunting, wasting dan

Beberapa Cara Untuk Mencegah Dan Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kanker

Gambar
Tahun 2020 akan segera berakhir, tinggal beberapa hari kita akan menjalani tahun baru 2021, tapi pandemik ini masih saja belum usai. Malahan pasien Covid 19 kian bertambah, setiap harinya. Bahkan kini wisma atlet memulangkan pasien OTG, karena bangsal yang 80 persen hampir penuh. Tetapi tahu kah kamu, konsentrasi kita hanya tertuju pada virus corona, tetapi sebenarnya penyakit kanker juga memecah rekor dengan pasiennya juga terus bertambah. Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama tertinggi didunia. Kanker penyebab kematian utama tertinggi di dunia Penyakit ini seakan menghantui dan membayangi kita dalam kehidupan sehari-hari. Disaat sudah mencapai usia 40 tahun, penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Terutama pada perempuan, kanker serviks, kanker payudara, kanker rahim dan penyakit kanker lainnya. Melakukan pencegahan Kanker Serviks dengan vaksin HPV dan ternyata bukan perempuan saja yang bisa kena kanker serviks tapi laki-laki juga dap

KOKO KRUNCH Nutrismarta Penuhi Gizi Seimbang Anak

Gambar
Kunci sukses belajar anak adalah pada sarapannya. Sarapan yang bernutrisi dengan gizi seimbang, karena apabila anak kenyang maka konsentrasinya tidak terganggu. Mayoritas anak yang cerdas dan menjadi orang sukses karena yang selalu sarapan dengan teratur. Lebih dari sembilan bulan sejak pandemik COVID 19 kegiatan belajar anak dari rumah atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Kegiatan PJJ inilah sebenarnya yang sangat membutuhkan konsentrasi tinggi, karena suasana dirumah pasti membosankan. Tidak bisa bermain dengan teman sekolah, maka disinilah tantangan bagi seorang Ibu. Sebagai ibu harus cerdas, salah satunya memberikan KOKO KRUNCH sebagai menu sarapan hariannya. Press conperence KOKO KRUNCH Nutrismarta KOKO KRUNCH terbuat dari gandum utuh yang sudah terbukti baik untuk menjaga nutrisi pada anak. Sejalan dengan komitmen NestlĂ© untuk membantu 50 juta anak menjalani hidup lebih sehat, NestlĂ© Breakfast Cereals (NBC)  menghadirkan KOKO KRUNCH Nutrismarta yang mengandung gandum utuh, kombina

Kenali Gejala Pikun Sejak Dini

Gambar
Pikun bagi kebanyakan orang awam menganggap adalah penyakit menjelang usia lanjut. Bahkan saat memasuki usia 40 tahun sudah mulai berkurang ingatan kita. Padahal pikun yang sebenarnya adalah suatu, pikun bukanlah proses penuaan yang normal tetapi suatu penyakit. Ketika seseorang orang butuh waktu lebih lama untuk  untuk mengingat atau lupa dengan apa yang mereka lakukan sebelumnya. Jika kemampuan untuk berpikir pada otak sudah menurun pada seseorang, maka sudah dipastikan akan berefek pada perilaku sehari-hari. Kadang kita lupa pada aktivitas yang kita lakukan pada beberapa menit yang lalu, tetapi kita sudah lupa. Maka bisa dipastikan itu gejala pikun yang harus kita waspadain untuk mencegah menjadi lebih fatal bahkan berisiko Demensia Alzheimer.  Dalam dunia medis, pikun dikenal dengan Demensia yaitu penurunan fungsi otak seperti menurunnya daya ingat dan kecepatan berpikir serta perilaku. Pikun dapat berisiko Demensia Alzheimer, kondisi ini disebabkan kurangnya kesadaran pada masyara

Resiko Anak Konsumsi SKM Mengakibatkan Stunting

Gambar
Setelah beberapa bulan dirumah aja, dan memasuki new normal di Jakarta hampir semua kembali seperti biasanya. Namun untuk tetap waspada pada virus COVID 19, diharapkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang ada. Banyak yang terdampak dari virus ini. Ada yang kehilangan pekerjaan dan tidak mampu membeli susu untuk anaknya. Sehingga banyak balita yang mengalami gizi buruk. Yang paling menyedihkan adalah, mereka memberikan SKM (susu kental manis). Padahal SKM sendiri bukan susu,  karena di dalamnya terkandung 60 persen gula. Bila kebanyakan dikonsumsi pada anak, akan menyebabkan diabetes dini dan obesitas. Angka Stunting Di Indonesia Meningkat  Gizi buruk pun menjadi pemicu angka stunting di Indonesia meningkat. Masih banyak ya masyarakat yang terkecoh dengan SKM (Susu Kental Manis) padahal skm itu sendiri sebaiknya jangan diberikan pada anak. SKM hanya cocok untuk toping saja. Karena pada skm kandungan gulanya sangat tinggi. Kurangnya pengetahuan orang tua, faktor ekonomi da