Tips Cegah Anemia

Anemia adalah kekurangan darah dan zat besi, atau keadaan dimana konsentrasi Hemoglobin (Hb)  yang berada didalam sel darah merah, lebih rendah dari seharusnya. Anemia akan mengakibatkan rendahnya Hb menyebabkan rendahnya oksigen yang dibawa keseluruh jaringan tubuh, termasuk otak dan otot. Sehingga akan : 

  1. Menurunkan konsentrasi belajar 
  2. Menurunkan produktivitas
  3. Mudah menderita penyakit infeksi karena turunnya imunitas 
  4. Menurunkan kesegaran tubuh 
  5. Prestasi sekolah dan bekerja rendah

Hari Gizi Nasional ke-61 

Setiap tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Nah pada Hari Gizi Nasional ke-61 ini, tema yang diangkat adalah “Remaja Sehat Bebas Anemia”. Melalui tema ini, diharapkan dapat meningkatkan komitmen dan mempererat kerja sama seluruh elemen bangsa untuk meningkatkan kualitas kesehatan melalui perbaikan gizi remaja melalui penanggulangan anemia. Saat ini lndonesia masih dihadapkan pada beban ganda masalah gizi yaitu masih tingginya prevalensi stunting, wasting dan obesitas serta kekurangan zat gizi mikro terutama anemia yang masih menjadi tantangan besar.


Berdasarkan Riskesdas 2018 prevalensi anemia pada remaja sebesar 32o/o, artinya 3-4 dari 10 remaja menderita anemia. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan asupan gizi yang tidak optimal dan kurangnya aktifitas fisik. Untuk mencegahnya, Kementerian Kesehatan melakukan intervensi spesifik dengan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja puteri dan ibu hamil. Selain itu, Kemenkes juga melakukan penanggulangan anemia melalui edukasi dan promosi gizi seimbang, fortifikasi zat besi pada bahan makanan serta penerapan hidup bersih dan sehat. 

Komitmen ini diharapkan akan semakin meningkatkan kesehatan para remaja puteri. lndonesia membutuhkan remaja yang produktif, kreatif, serta kritis demi kemajuan bangsa itu sendiri, dan remaja dapat mencapai produktifitas dan kreativitas yang maksimal serta mempunyai pemikiran yang kritis, apabila mereka sehat. 


Kenali gejala Anemia yang harus diperhatikan, berkurangnya oksigen ke jaringan menyebakan berbagai gejala 5 L (Letih, Lemah, Lesu, Lelah dan Lalai) dan gejala lainnya seperti: 

  1. Sering merasaka sakit kepala
  2. Sering kesulitan konsentrasi 
  3. Tangan dan kaki bengkak
  4. Mengalami pusing hingga pusing
  5. Detak jantung cepat dan mengalami sesak napas

Penyebab Anemia

-Rendahnya asupan zat gizi yang penting untuk pembuatan darah (zat besi,  asam folat, vitamin B12 dan Vitamin A) 

-Meningkatnya pengeluaran zat besi (pendarahan karena cacingan,  atau absorpsi besi menurun akibatnya banyaknya cacing diusus, pecahnya sel darah merah karena malaria,  atau penyakit karena sebab lainnya seperti TBC

-Pada remaja putri, menstruasi yang tidak diimbangi oleh asupan adekuat. 


Bagi para remaja putri diharapkan untuk tidak melewatkan sarapan pagi dengan gizi seimbang. Sebaiknya mengurangi makan makanan siap saji, nah makan makanan pokok yang beraneka ragam. Sayur dan buah juga susu jangan sampai terlewatkan nih, agar kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara