Tips Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Saat Menstruasi

Menjaga kebersihan saat menstruasi, menjaga area kewanitaan atau Miss V adalah hal yang sangat penting bagi wanita. Karena jika kita lalai atau tidak menjaga kebersihan disaat haid, akan menyebabkan penyakit tidak menular dan banyak menyebabkan kanker serviks. Edukasi seputaran menjaga kebersihan saat menstruasi, menjadi tugas utama ibu dan baiknya diajarkan saat anak menjelang pubertas. Masa pubertas pun beda-beda atau biasanya mengikuti genetik dari orang tuanya. Memberikan edukasi seputaran menstruasi, bisa diarahkan perlahan atau step by step.

tips menjaga kesehatan dan kebersihan saat menstruasi

Sehat dan Bersih saat Menstruasi

Dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia menyelenggarakan Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang diikuti oleh 1.000 perempuan Indonesia. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Selaras dengan hal ini, Mundipharma Indonesia juga meluncurkan kampanye #YangIdeal yaitu kampanye edukatif yang mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat  dan sesuai kebutuhan.

Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya MKM, serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. Peringatan ini menjadi sebuah aksi tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid mengatakan, “Menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Pengetahuan ini sangat penting agar anak perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan edukasi mengenai MKM, salah satunya melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang menyasar anak usia sekolah dan remaja. Kami juga mendorong masyarakat luas untuk aktif mencari informasi kesehatan yang benar termasuk mengenai MKM kepada tenaga kesehatan terdekat.”

Hanya 5 dari 10 anak yang menganti pembalutnya setiap 4-8 jam sekali 

Meski pengetahuan mengenai MKM sangat penting bagi perempuan, data menunjukkan bahwa hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu apa yang harus dilakukan pada saat menarke; hanya 6 dari 10 anak yang bertanya mengenai menstruasi ke ibunya. Ironisnya ibu justru menjadi sumber stigma, mitos, kepercayaan dan miskonsepsi yang merugikan kesehatan perempuan; hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam, sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari; dan hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

Resiko bila tidak menjaga kebersihan saat menstruasi 

-Infeksi saluran kemih 
-Infeksi saluran reproduksi 
-Infeksi Jamur
-Peningkatan risiko kanker serviks 

Cara menjaga kebersihan saat menstruasi 

-Cuci bersih pembalut yang dipakai dan masukan ke dalam kantong 
-Buanglah pembalut yang sudah dipakai ke tempat sampah
-Apabila menggunakan pembalut cuci ulang, cuci pembalut tersebut setelah digunakan 
-Pembalut sebaiknya diganti setiap 4-5 jam sekali
-Mandi 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh 
-Gunakan air yang mengalir saat membersihkan vagina
-Gunakan celana berbahan dasar katun yang lembut dan menyerap keringat
-Gunakan antiseptik yang mengandung povidone-iodine untuk membersihkan area kewanitaan

Lalu bolehkah menggunakan sabun biasa untuk membersihkan area kewanitaan??? 

betadine feminine hygiene


Sabun biasa dan sabun mandi tidak disarankan untuk membersihkan area kewanitaan, karena memiliki pH sekitar 8 alias pH basa & biasanya mengandung pewangi. Menggunakan sabun biasa dengan pH berbeda akan menganggu flora normal yang ada di area kewanitaan. Ketika flora normal terganggu, bakteri baik akan mati dan risiko infeksi akan meningkat. Sebaiknya gunakan air bersih dan sabun khusus area kewanitaan dengan kandungan prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik untuk menjaga flora normal area kewanitaan.

Betadine Feminine Hygiene sangat cocok untuk menjaga area kewanitaan, sebagai antiseptik yang berfungsi untuk membantu mengatasi terjadinya keputihan dan gatal-gatal di sekitar Miss V khususnya saat menstruasi. Betadine Feminine Hygiene dapat menjaga area kewanitaan agar tetap bersih dan terbebas dari kuman.
Rangakain Betadine Feminine Hygiene bisa di lihat di Betadine Feminine Wash dan produknya bisa didapatkan https://shopee.co.id/betadineofficial atau di https://www.tokopedia.com/betadineofficial?source=universe&st=product.

Komentar

  1. Wah, nggak boleh sembarangan ya kalau pakai sabun untuk area kewanitaan. Saya kadang masih pakai sabun mandi biasa nih, harus beli betadine nih kayaknya supaya PH area kewanitaan tetap terjaga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun sebelumnya ikut webinar ini mba

      Hapus
  2. Laily Fitriani6 Juni 2021 03.31

    Edukasi pada ananda penting banget ya Mbak? Perlunya juga menggunakan antiseptik yang ideal untuk membersihkan area kewanitaan seperti Betadine Feminine Hygiene.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sebenarnya anak SD pun harus dah dikasih tau ya informasi ini

      Hapus
  3. anak perempuan harus diajari bagaimana membersihkan diri ketika menstruasi agar dapat menjalankan MKM dengan baik dan terhindar dari penyakit akibat MKM yang buruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom supaya mereka sejak dini sudah membiasakan menjaga kebersihan

      Hapus
  4. Materinya insightfull banget mam. Ngomongin produk, kalau Betadine jelas percaya banget ya karena udah berpengalaman selama puluhan tahun

    BalasHapus
  5. resikonya ngeri juga ya kalau kita gak perhatian sama kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan, apalagi pas lg menstruasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom kanker serviks yang menjadi penyakit kaum perempuan

      Hapus
  6. Ternyata sabun mandi gak boleh ya dipakai untuk membersihkan miss V. Mulai masukkan sabun khusus untuk miss V nih ke list belanjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom mulai sekarang ganti dengan antiseptik dengan ph rendah

      Hapus
  7. Terima kasih mba tipsnya! Banyak fakta-fakta mencengangkan, terutama harus ganti pembalut 4 jam sekali itu. Biasanya kalau udah dikit suka males wkwk

    BalasHapus
  8. Aku juga pakai betadine ini kak, tentunya ikut webinarnya juga agar pengetahuan soal kesehatan reproduksi juga makin updettt

    BalasHapus
  9. Seneng sekali ya mba bisa ikut hadir di Zoominar ini, selain banyak ilmu yg didapatkan, kitapun jadi semakin tahu tentang pentingnya edukasi masalah Menstruasi.

    BalasHapus
  10. Untung ya ada hari kebersihan menstruasi. Karena ini bisa jadi momen untuk membuka wawasan para wanita yang ternyata banyak juga yang masih awam pemahamannya.

    BalasHapus
  11. Ngeri kalo baca dampak buruknya jika kita lalai dalam menjaga area kewanitaan, ya. Senangnya ikut webinar ini, jadi banyak pengalaman baru

    BalasHapus
  12. Benar mba, membersihkan miss v mmg penting

    BalasHapus
  13. Ibu memang punya peranan penting ya mba dalam memberikan edukasi tentang menstruasi

    BalasHapus
  14. wahh lengkap banget priduk dari Betadine ini ya mbak
    semuanya sangat membantu menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan saat menstruasi

    BalasHapus
  15. Jangan sampai anak perempuan gak bisa dan gak tau cara menerapkan manajemen kebersihan menstruasi, karena ibunya yang kurang edukasi. Apalagi sekarang makin banyak yang aware dan aktif mengedukasi seputar MKM. Semangat

    BalasHapus
  16. Ya ampun ternyata infeksi di kewanitaan bisa terjadi karena gk menjaga kebersihan saat menstruasi ya kak. Bukan hanya karena perilaku seks yang menyimpang
    Makasih infonya kak

    BalasHapus
  17. Jujur jadi dapat ilmu baru dan momen aha kok aku baru tahu ya. Zoominar yang keren membahas hal-hal yang terkesan tabu padahal perlu banget untuk dibahas

    BalasHapus
  18. Kebetulan anakku perempuan semua, dari sini jadi tahu ternyata menstruasi pun ada manajemen kebersihan kesehatan menstruasinya juga.
    Persiapan sebelum menjelang menarke

    BalasHapus
  19. Auto ngebayangin aku sibuk nyiapin bekal anak menarke 😁

    BalasHapus
  20. Salfok sama produk betadine yang makin bervariasi aja, dulu taunya cuma yang buat daily aja, ternyata sekarang ada yang khusus buat pas menstruasi sampe yang bentuk wipes juga.

    BalasHapus
  21. Betadine produk-produknya sangat memahami perempuan ya, dengan Ph yang sudah disesuaikan akan membuat aman dan nyaman di area kewanitaan.

    BalasHapus
  22. Sekarang makin tau gimana caranya menjaga kebersihan saat menstruasi.
    Apalagi MKM ini penting bgt

    BalasHapus
  23. Jadi diingatkan lagi tentang pentingnya menjaga kebersihan miss v saat menstruasi ya ka. Selama ini sempt dilema juga saat ingin memakai sabun khusus miss v. Alhamdlillaah sekrang tercerahkan. Semoga semakin banyak juga yang tercerahkan yaa

    BalasHapus
  24. Serem banget ya mb penyakit yang menghantui jika kita abai dengan manajemen kesehatan menstruasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Kacamata Terapi K-Ion Nano Premium 7 Menjaga Kesehatan Mata Dan Tetap Tampil Modis