Tips Pemenuhan Gizi dan Nutrisi Untuk Ibu Hamil dan Busui

Pemenuhan gizi dan nutrisi untuk ibu hamil dan busui adalah hal penting yang harus lebih diperhatikan oleh kita semua. Apalagi kita masih menjalani masa pandemi, gizi dan nutrisi bukan hanya penting untuk ibu hamil dan busui melainkan untuk kita semua. Gizi seimbang untuk membentuk imun tubuh yang kuat dan baik untuk melawan dan menghindarkan kita dari virus Covid19. Seperti yang kita ketahui, mengkonsumsi makanan buah dan sayur yang memenuhi gizi seimbang saat masa kehamilan dapat memproduksi ASI dengan baik untuk bayi kita nanti. Dan makanan yang baik untuk newborn sampai usia 6 bulan itu adalah ASI Eksklusif.


Nah kenapa ASI sangat penting untuk bayi yang baru lahir sampai usia 2 tahun?

ASI (Air Susu Ibu) diproduksi karena pengaruh dari hormon prolaktin dan oksitosin setelah melahirkan bayi. Air susu ibu yang pertama kali keluar disebut kolostrum atau jolong yang banyak mengandung immuglobin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi dalam melawan penyakit. Kolostrum juga mengandung banyak karbohidrat, protein, dan antibodi, dan sedikit lemak (yang sulit dicerna bayi). Karena bayi yang baru lahir belum memiliki sistem yang sempurna, dan kolostrum memberinya nutrisi dalam konsentrasi tinggi di setiap tetesnya. Kolostrum juga banyak mengandung zat yang mempermudah bayi buang air besar pertama kali, yang disebut meconium. Kolostrum ini juga sangat bermanfaat sekali untuk membersihkan tubuh bayi dari bilirubin, yaitu sel darah merah yang mati yang diproduksi ketika kelahiran. Nah perlu Ibu ketahui jumlah kolostrum itu tidak banyak cuma 5-10 cc saja.



Calon ibu atau yang baru menjadi ibu dijaman sekarang, lebih enak daripada jaman saya saat menjadi ibu dulu. Karena kebanyakan yang didapat adalah mitos, banyak pantangannya saat hamil maupun saat menyusui. Berbeda dengan jaman sekarang, banyak edukasi-edukasi dari narasumber yang terpercaya, yang bisa didapatkan di media sosial. Di akun instagram nya @hometowndairy.id di seri ig live "Happy at home with Hometown" sabtu lalu membahas tentang "Tips pemenuhan nutrisi untuk Busui" spesial dalam menyambut Pekan ASI sedunia pada tanggal 1-7 Agustus bersama dr. Attiladewanti dan Komunitas ibu-ibu canggih.

Tapi ada salah satu yang sampai saat ini saya merasa beruntung adalah ketika Kaka dan dede baru lahir, saya langsung menyusui meski ASI belum keluar deras. Malahan pertama kali melahirkan sempat diurut payudara saya sama mak berang, karena 3 hari ASI belum keluar deras. Padahal air susu itu adalah hal yang wajar, setelah mengikuti ig live series @hometowndairy.id minggu lalu. Jadi ibu yang baru melahirkan tidak langsung keluar deras ASI nya. Jadi sejak ibu dinyatakan hamil atau 1000 HPK maka ibu harus mengkonsumsi susu, makan makanan sehat gizi seimbang yang mengandung makro dan mikronutrien. Supaya ketika ibu melahirkan, ASI nya sudah terbentuk baik dan optimal. Jadi meski ASI belum keluar jangan memberikan madu atau air tajin karena dalam 48 jam bayi masih yang baru lahir masih mempunyai cadangan nutris dalam tubuhnya. Jika hari ketiga ASI belum keluar juga, sebaiknya ibu mengkonsumsi susu agar meransang produksi ASI keluar lebih cepat. Juga Busui harus happy dan tidak boleh stress, karena ketika Busui stress maka akan mempengaruhi produksi ASI nya.

Hal-Hal yang mempengaruhi produksi ASI 

  • Makanan
  • Ketenangan jiwa dan pikiran
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Perawatan payudara
  • Anatomis payudara
  • Faktor fisiologi
  • Pola istirahat
  • Faktor isapan anak atau frekuensi penyusuan
  • Faktor obat-obatan
  • Berat lahir bayi
  • Umur kehamilan saat melahirkan
  • Konsumsi rokok dan alkohol

Imunisasi juga hal yang penting untuk menjaga immunitas anak terhadap penyakit

Imunisasi adalah salah satu hak yang harus kita berikan pada anak. Jadi selain ASI imunisasi juga adalah hal yang penting untuk menjaga immunitas anak terhadap penyakit. Sebaiknya berikan imunisasi lengkap pada anak, agar kedepannya anak kita jauh lebih sehat dan antibodi nya terbentuk dengan baik untuk melawan penyakit atau virus yang masuk kedalam tubuh. Untuk imunisasi sendiri ada jadwal tertentu yang akan di informasikan oleh dokter atau bidan. Khusus untuk imunisasi BCG ini harus diberikan kepada bayi maksimal 2 minggu hari kelahiran.

Sekali lagi imunisasi itu sangat penting meskipun Busui sudah mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang dan memberikan ASI. Perlu diketahui apakah Busui memberikan ASI dengan baik atau tidak, adalah ketika Busui selesai menyusui akan terasa lapar dan haus jadi efek samping tersebut adalah hal yang wajar dan normal. Bayi yang sehat, dapat dilihat dari ketika dia selesai menyusu atau nete, si bayi akan langsung tertidur pulas. Bisa juga dilihat dari urine atau pup nya. Bila urine bayi berwarna orange, maka bayi tersebut sedang dehidrasi atau pup nya berwarna putih, sebaiknya Ibu langsung membawa ke dokter.

Disarankan Busui mengkonsumsi Susu untuk menstimulasi ASI



Baik Ibu hamil dan Busui harus mengkonsumsi makanan yang mengandung Makronutrien dan Mikronutrien. Makronutrien yaitu Karbohidrat, Protein dan Lemak. Karbohidrat sendiri bisa didapat dari nasi, umbian-umbian dan gandum. Jadi untuk Busui tidak ada pantangannya yanh penting tidak berlebihan. Untuk protein bisa didapat dari Susu, dan telur. Lebih mudah minum susu segar karena sudah mengandung protein dan lemak. Seperti susu segar Susu Hometown Dairy, yang mengandung 100% susu segar pasteurisasi dari peternakan sapi terintegrasi yang dirawat sepenuh hati. Diolah dengan minim proses, tanpa bahan pengawet, gula, air atau tambahan lainnya. 10 dari 10 Ibu menyukai rasa Hometown yang enak & segar termasuk saya dan anak-anak, karena alami dan tanpa pengawet. Susu Hometown Dairy memiliki waktu simpan yang singkat dam  hanya satu varian saja. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Kacamata Terapi K-Ion Nano Premium 7 Menjaga Kesehatan Mata Dan Tetap Tampil Modis