Explore Lava Tour, City Tour Yogya dan Klaten Wisata Menarik Di Jawa Tengah

 Sekarang yang lagi boming adalah kata "healing" sebagian orang menganggap traveling adalah healing terbaik. Menikmati suasana baru, pemandangan baru, setiap orang pun berbeda-beda memaknai suasana baru. Ada yang suka dengan melihat pemandangan yang ijo-ijo, antaralain hutan pinus, pengunungan, atau laut. Ada yang lebih suka staycation di hotel, berkumpul dengan anak-anak, keluarga atau orang terdekat. Kalau memang staycation bersama keluarga, ada baiknya memilih hotel yang menyediakan fasilitas kolam renang. Minggu lalu gw bareng dede, kakak ga bisa ikut karena dia ga bisa ambil cuti. Kami staycation di Hidden Valley Hill bisa dibaca disini https://www.tatisuherman.com/2022/08/hotel-view-luar-biasa-di-purwakarta.html.

candi plaosan candi budha
Candi Plaosan

Sebelum ke Purwakarta, gw ikut trip ke Tour Lava bareng Backpacker Jakarta (BPJ). Di trip ini ada 30 orang peserta berikut CP nya, sharecost Rp 560.000 include transpotasi PP Jakarta Yogyakarta, tiket masuk, sewa jeep, dan homestay. Udah beberapa kali ikutan trip ini dan juga masuk jadi membernya, karena ada perbedaan sharecost dengan member dan non member. Jadi kalau memang sering ikutan trip BPJ, ada baiknya masuk jadi member aja, kan lumayan selisih 30ribu nya buat beli cemilan di tempat wisata.

lava tour merapi 2022
Itenarary Lava Tour Merapi

Ikutan trip Explore Lava Tour, City Tour Yogya dan Klaten ini gw pilih karena memang belum pernah kesana. Destinasi yang dipilih cukup menarik, Lava Tour Merapi (Tebing Gendol, Bunker Kaliadem, Meseum Sisa Hartaku, Offroad Air), Candi Plaosan, Alun-Alun dan Malioboro dan Umbul Ponggok. Perjalanan dimulai di secre BPJ yang berlokasi di sebelah UKI, jadi bisa dijangkau naik Transjakarta Harmoni-PGC ke mepo. Kami berangkat pukul 19.30, setelah beberapa istirahat di rest area sampai ke ke Basecamp 2 Jeep Merapi Adventureland pukul 09.30 wib. Satu jeep ada 4 peserta plus driver, pertama kami diajak ke Tebing Gendol Merapi, kami dikasih kesempatan untuk mengabadikan momen selama 30 menit.

tebing gendol
Peserta Lava Tour Merapi 2022

Setelah puas foto-foto, kami melanjutkan ke destinasi berikut yang memang masih dalam satu komplek, jaraknya antara destinasi ke destinasi berikutnya tidak terlalu jauh.  Bunker Kaliadem Merapi, ini sengaja dibangun tahun 2001 untuk tempat berlindaung dari panasnya lava merapi. Di tempat ini juga ditemukan dua relawan yang meninggal, jenazahnya ditemukan di toilet dibak air kemungkinan alm ingin mendinginkan tubuhnya dengan air, tetapi air tersebut menjadi air panas. Di sekitar Bunker Kaliadem juga ada beberapa warung yang menyediakan oleh-oleh dan juga makanan untuk pengunjung.

Dari Bunker Kaliadem Merapi, kami diajak mengunjungi Meseum mini Sisa Hartaku "Omahku Memoriku", di sana terlihat sebuah rumah dengan beberapa sisa harta milik masyarakat yang dikumpulkan disini. Ada perabotan, kerangka hewan ternak, rangka sepeda motor terkena keganasan merapi. Lebih menarik lagi disini ada sebuah jam dinding yang menunjukan tepat pukul 12.05 wib tanggal 5 November 2010. Oh iya disini juga bisa foto sama burung Kakatua tidak dipungut bayaran cukup memberi seikhlasnya.

museum sisa hartaku merapi

Setelah berkeliling melihat sisa-sisa harta masyarakat sekitar Merapi, kami diajak "Offroad Air" alias main air sambil naik jeep. Seru abis disini meski basah, sebaiknya pakai jas hujan plastik supaya baju tidak basah dan kotor oleh air yang berlumpur ini. Pengalaman seru dan tak terlupakan ini, meski hanya 30 menit tetap bikin basah. Setelah itu kami kembali ke basecamp untuk melanjutkan ke Candi Plaosan. Komplek Cagar Budaya Situs Candi Plaosan menawarkan panorama kemegahan Candi Budha yang dibangun pada abad ke 9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada masa Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Kuno. Komplek Candi Plaosan terdiri atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Oh iya kalau ke Candi Plaosan, jangan lupa mampir ke Pawon Mbah Noto Plaosan Prambanan. Disini menyediakan berbagai makanan berat dan cemilan juga jus buah segar. Soal harga standar dan bisa bayar menggunakan QRIS, debit juga cash. Pawon Mbah Noto bisa jadi pilihan tempat makan siang, karena tempat parkirnya luas, toilet dan mushola juga tersedia. Disekitaran Pawon Mbah Noto juga ada beberapa warung makan dan minuman.

candi plaosan

Setelah puas menikmatin kemegahan Candi Plaosan dan makan siang di Pawon Mbah Noto, kami melanjutkan menuju homestay yang tidak jauh jarak ke Malioboro. Homestay yang dipilih panitia ini, lumayan besar rumah 2 lantai dengan 2 kamar diatas dan 1 kamar utama dibawah (ada kamar mandi dalam dan juga ada bathub nya, 1 kamar lainnya. Ruang tamu dan dapur yang cukup luas, ada kulkas dan disediakan air galon.

candi plaosan
Seru ikutan trip BPJ pengalaman baru dan punya teman baru

Panitia memberi kebebasan peserta untuk explor kota Yogya, gw dan beberapa peserta lain memilih ke Malioboro makan di angkringan, dan Tempo Gelato. Paginya kami chek out dan melanjutkan ke destinasi terakhir sebelum pulang ke Jakarta. Umbul Ponggok Klaten, wahana air pertama di Indonesia yang menawarkan sensasi snorkling dan diving mata air alami. Bisa mengabadikan moment lewat video atau foto underwater. Disini juga disediakan pelayanan jasa foto dan sewa properti, paket alat snorkling dan diving. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara