Gunung Galunggung Kampung Naga Wisata Wajib Di Tasikmalaya

Bulan lalu alhamdulillah dikasih kesempatan untuk kembali ke tanah kelahiran nenek moyang, Tasikmalaya. Pasti ga nyangka kan kan kalau nenek gw orang Tasik. Emak dan Bapak mengalir darah orang sunda, kalau emak orang Bogor tapi kalau Bapak orang Tasikmalaya. Kalau diingat gw ke Tasik itu cuma sekali pas masih SMP dan bulan kemarin. Itu pun ikutan anak Backpaker Jakarta, share cost ke Tasikmalaya dengan tujuan Gunung Galunggung dan Kampung Naga.

wisata di tasikmalaya


Wisata di Gunung Galunggung dan Kampung Naga Tasikmalaya, Jawabarat.

Seperti biasa ikutan trip BPJ meeting point nya di Sekretariat BPJ disamping UKI dan malam hari berangkatnya. Pukul 24.00 wib kami berangkat menuju kota Tasikmalaya, perjalanan ditempuh kurang lebih lima jam. Subuh kami sudah memasuki kota Naglasari kecamatan Salawu dan menunaikan ibadah sholat shubuh disana. Alhamdulillah perjalanan lancar, meski ada kendala kena tilang karena pak supir tidak menggunakan masker dan seatbell. Tetap ya meski saat itu covid sudah melandai, tapi para peserta diwajibkan tetap menggunakan masker dan menjaga prokes. Jangan lupa pakai skincare buat melindungi kulit wajah agar tetap kinclong. 

Alhamdulillah tepat pukul 7.44 wib kami sudah sampai dikawasan perhutani Gunung Galunggung. Pas mau naik ke kaki gunung, mobil elf yang kami tumpangi bannya bocor, akhirnya kami mesti menunggu elf yang satunya. Disetiap perjalanan pasti ada drama yang tak terlupakan. Alhamdulillah cuaca saat itu sedikit cerah dan berkabut, jadinya belum beruntung untuk mendapatkan pemandangan yang lebih indah. Tapi sebenarnya pemandangan indah itu adalah bonus, tapi akhirnya dapat juga sih setelah sabar menunggu kabut tersapu oleh angin. Tetap sabar ya meski dimana pun juga, sabar itu pasti mendapatkan keindahan.

gunung galunggung

Gunung Galunggung 

Selain menawarkan mendaki pengunungan, wisata di Gunung Galunggung milik perum perhutani ini juga menawarkan wisata untuk keluarga. Bisa mengajak keluarga ke pemandian air panas, main ke curug atau camping. Jadi lengkap banget tempat  wisata di Gunung Galunggung ini. Di kutip dari wikipedia Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.168 mdpl. Gunung Galunggung berada 17 KM dari pusata kota Tasikmalaya, Untuk mencapai bibir kawah Gunung Galunggung, dibangun sebuah tangga yang memiliki 620 anak tangga. Gunung Galunggung juga jadikan objek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani.

Kampung Naga



Kalau sudah puas berwisata di Gunung Galunggung milik perum perhutani ini, jangan lupa singgah dulu ke Kampung Naga sebelum pulang ke rumah. Kampung Naga
adalah Desa tradisional Sunda dengan gubuk bambu beratap jerami yang terletak di lembah dan dikelilingi sawah. Perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya, dalam hal ini adalah adat Sunda. Kampung Naga menjadi objek kajian antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan Sunda, pada masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.

Untuk mencapai Kampung Naga, harus menuruni 420 anak tangga. Jadi masih sanggup lah ya dibandingkan ke Gunung Galunggung. Dikelilingi tebing
Kampung Naga juga mengalir sebuah sungai yang mengalir ke Singaparna. Lokasi Kampung Naga tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota Garut dengan
kota Tasikmalaya. Kampung Naga 
kampung wisata yang cocok untuk wisatawan yang mencari ketenangan istilahnya yang lagi trend healing. 



Komentar

  1. Seruu banget sih, kita satu nenek moyang ternyata ya Mak, sama-sama dari Tasikmalaya hehe. Jadi kangen berendam di air panas Galunggung..

    BalasHapus
  2. Kayanya selalu asik ni jalan jalan sama Mba Tati, banyak eksplore tempat baru yang aku belum pernah kunjungi. ^^

    BalasHapus
  3. Belum kesampaian kesini, pengen banget kesini, pemandangannya alami banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Kulineran Sate Maranggi Haji Yetti Cibungur Purwakarta

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Back To School with Home Credit Indonesia Di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2023