Gejala Parkinson Yang Perlu Di Waspadai

Dua hari lalu saya mengikuti seminar vlogger dan blogger yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Premier Jatinegara di Jakarta Timur. Saat mendapatkan undangannya, saya sangat tertarik dan penasaran ingin lebih mengetahui apa itu Parkinson. Jadi penyakit Parkinson adalah penyakit yang diderita oleh usia lanjut,  biasanya banyak dialami pada usia sekitar 60 tahun keatas. Kebanyakan dari Pasien Parkinson adalah laki-laki.

Parkinson suatu gangguan sistem saraf pusat yang mempengaruhi gerakan.  Kerusakan sel saraf di otak menyebabkan tingkat doamine turun,  sehingga berujunh pada gejala Parkinson.  Pemateri dr.  Sukono Djojoatmodjo, Sp. S dokter spesialis saraf di RS Premier Jatinegara.

Faktor dan Penyebab Parkinson

Faktor penyebab Parkinson adalah:
  • Umur
  • Sex
  • Posticite expoture
  • Dairy
  • Melanoma
  • Traumatic brain injury
Gejala awal Parkinson biasanya ditandain dengan Tremor. Sebenarnya gejala Tremor atau gerakan otot/motorik adalah bagian gejala kecil saja ada Parkinson. Sebaliknya yang terjadi pada Parkinson gejala yang sering tidak disadari, atau tidak terlalu mendapat perhatian disaat pemeriksaan adalah gejala non motorik. Tremor pun menjadi ciri khas dari Parkinson.

es premier jatinegara
Temu Blogger/Vlogger seminar Parkinson di RS Premier Jatinegara

Gejala Parkinson non-motorik

  • Gangguan Penghidu
  • Gangguan tidur
  • Sulit buang air
  • Depresi
  • Mudah mengantuk
  • Halusinasi
  • Tekanan darah rendah
  • Gangguan jiwa
Tremor akan dialmai oleh penderita Parkinson disaat tidak beraktivitas.  Menyebabkan timbulnya tidak percaya diri, dan tangannya sering dimasukkan ke saku untuk menutupinya. Selain tremor, gejala parkinson adalah kekakuan gerak. Kalau menggerakkan tubuh menjadi kaku. Lamban, segala-galamya menjadi lamban. Misalnya disaat mandi,  kalau orang normal disaat mandi akan membutuhkan waktu hanya 5-10 menit saja,  tetapi untuk penderita Parkinson bisa sampai setengah jam.

Mudah tersinggung,  Parkinson membuat penderita tidak stabil,  seperti jalan terbungkuk-bungkuk dan mudah terjatuh.  Biasanya gejala ini akan dialami Parkinson dengan kasus lanjut, sebaiknya segera bawa ke Rumah Sakit Premier Jatinegara. Di luar negeri rumah sakit untuk kasus penyakit Parkinson sudah berkembang bahkan sudah banyak.

Gejala lainnya adalah nada bicara atau artikulasi bicara tidak jelas,  ini juga merupakan gejala awal Parkinson.  Penderita pun mudah mengantuk, tetapi sering terbangun sehingga penderita seringkali merasa tidak bisa tidur. Penciuman terganggu atau gangguan penghidu,  pasien pun cenderung depresi kadang berhalusinasi karena sering kali keluhannya tidak di dengar oleh keluarga.

gejala parkinson
dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp. S

Ngangguan jiwa, Parkinson mulai ada perubahan dari perilakunya. Kemampuan berpikir juga menurun,  lebih emosional. Sebenarnya lebih banyak lagi gejala awal non motorik yang dialami oleh Parkinson.  Wajahnya kaku,  tidak mempunyai ekspresi tidak tersenyum sama sekali. 

Umumnya gejala Parkinson itu terjadi oada satu sisi,  namun ketika menjadi lebih parah merembet menjadi dua sisi.  Kalau tremor biasanya dialami selama 10-20 tahun sebelumnya, ini sudah diteliti.  Parkinson tidak bisa diobati, namun bisa dikurangi resikonya dikarenakan ini penyakit generatif. Parkinson atau penyakit saraf generatif nomor dua. 

Lalu bagaimana mengobatinya? 

Pengobatan bisa dilakukan dengan obat oral,  obat infus dan jika sudah menjadi kasus lanjut bisa dioperasi.  Rekomendasi dari saya adalah sebaiknya pasien dengan gejala Parkinson sebaiknya bawa dan periksa kesehatan di RS Premier Jatinegara.

Perawatan dapat membantu, namun penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Parkinson membutuhkan diagnosis medis,  sering kali memerlukan uji atau pencitraan laboratorium. Parkinson bila sudah kronis,  dapat bertahan selama bertahun-tahun atau seumur hidup. Sebaiknya jangan sampai terlambat segera konsultasikan ada dokter. Pengobatan Parkinson dapat di cover oleh BPJS.

parkinson
RS Premier Jatinegara

RS Premier Jatinegara

RS Premier Jatinegara merupakan rumah sakit umum swasta yang telah berdiri sejak tahun 1989. RS Premier Jatinegara memberikan pelayanan yang terintergrasi mulai dari konsultasi dokter,  tindakan diagnostik,  tindakan operatif,  layanan rawat inap dan rawat jalan.

Fasilitas RS Premier Jatinegara:
  • Instalasi Jatinegara
  • Medical Check up
  • Instalasi Radiologi
  • Instalasi rawat inap dan
  • Instalasi rawat jalan





Komentar

  1. Parkinson membuat kita jadi lebih dekat dengan keluarga. Sang anak lebih memperhatikan keluarga.

    BalasHapus
  2. Banyak orang masih asing dengan parkinson, tapi melalui blog ini jelas banget mengenai parkinson mulai dari gejala, penyebab sampai mengobatinya

    BalasHapus
  3. makasii info nyaa kak! sangat membantuu :D

    BalasHapus
  4. Banyak orang masih asing dengan parkinson, tapi melalui blog ini jelas banget mengenai parkinson mulai dari gejala, penyebab sampai mengobatinya

    BalasHapus
  5. Blog nya bermanfaat sekali dan lengkap, banyak orang gatau tentang parkinson tapi di blog ini sangat lengkap di bahas dari penyebab, gejala dan cara mengobatinya

    BalasHapus
  6. terimakasih kak info nya, sangat membantu :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Kulineran Sate Maranggi Haji Yetti Cibungur Purwakarta

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Back To School with Home Credit Indonesia Di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2023