Penyerahan Dana Surplus Underwriting PT AXA Mandiri

Dengan datangnya bulan suci ramadan orang berlomba-lomba berbuat kebaikan dan berbagi kebahagian pada orang-orang yang kurang mampu. bagi umat muslim pun diwajibkan mengeluarkan zakat. Zakat Fitrah  dan Zakat Mal atau zakat harta adalah zakat yang dikenakan atas harta yang di miliki oleh seseorang dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan secara syarak. Macam-macam zakat mal dibedakan atas objek zakatnya antara lain: Hewan ternak, hasil pertanian, emas dan perak, harta perniagaan, hasil tambang, hasil temuan, dan zakat profesi. sumber wikipedia

Tinggal hitungan jari Lebaran pun akan tiba, dan yang menjadi bagian paling di harapkan adalah pembagian THR alias Tunjangan Hari Raya. Itu bagi yang bekerja ya, kalau seperti saya  yang freelance cukup menunggu THR nya suami aja. Biasanya suami saya akan mengeluarkan 2,5 dari THR yang akan dibagikan pada anak-anak yatim dan janda atau yang tidak mampu di sekitar rumah. Kalau penghasilan mingguan (karena gaji nya seminggu sekali) sama seperti THR 2,5 nya disisihkan untuk anak yatim. Tujuannya sih supaya rezeki yang kami terima menjadi berkah dan bertambah. Tanpa kita kita sadari ada sebagian hak mereka dari penghasilan kita.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)

Kita juga dapat menyerahkan zakat yang akan dikeluarkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusn Presiden RI NO.8 tahun 2001 yang memiliki tugas an fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2001 entang pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional.

Dalam demikian, BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaanzkat yang berasakan syariat islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastiaan hukum, terintegrasi dan akuntabilitas

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)
Penyerahan dana Tabbaru diserahkan secara simbolis di AXA Tower Kuningan City lantai 46 (5/6/2018)

AXA Mandiri salurkan Dana Tabbaru senilai RP 847 juta kepada BAZNAS

Kemarin di AXA Tower Kuningan Jakarta PT AXA Mandiri Financial Services ( AXA Mandiri) kembali mewujudkan komitmennya unruk memberdayakan masyarakat Indonesia agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik dibulan Ramadan ini. AXA Mandiri menyalurkan dana surplus underwrting atau bagi hasil penjualan produk asuransi syariah kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz) senilai Rp 847 juta. Penyerahan di dokemntasikan oleh blogger dan media yang diundang pada hari itu.

AXA Mandiri
Blogger yang ikut mendokumentasikan penyerahan dana surplus underwriting


Sesungguhnya penyaluran surplus underwriting ini yang diserahkan perusahaan AXA Mandiri telah terjalin sejak tahun 2012 dengan BAZNAS. Kerjasama yang berdampak positif bagi pemenuhan kebutuhan, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang dikelola Baznas. Program-program tersebut diantaranya adalah bidang penddikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan dan kemanusiaan. Dengan demikian, upaya memberdayakan masyarakat Indonesia untuk memiliki kualitas hidup lebih baik sesuai dengan tujuan perusahaan yaitu Empower All Indonesian To Live a Better Lives pun tercapai. Penyerahan itu dilaksanakan dengan pemberian secara simbolis oleh Director of In-Branch Channel AXA Mandiri hengky Okravianus dan di terima oleh Komisaris Baznas Ibu Emmy Hamidiyah.


Henky Oktavianus
Henky Oktavianus selaku Directo of In-Branch Channel AXA Mandiri


Kami bersyukur hingga saat ini masih dapat mewujudkan komitmen kami untuk menyalurkan sebagian dana surplus underwriting merupakan selisih dari kontribusi para peserta asuransi syariah ke dalam Dana Tabbaru setelah dikurangi pembayaran santunan atau klaim kontribusi asuransi dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu. Tahun ini, dana yang dapat disalurkan melalui Baznas yaitu Rp 847 juta, meningkat 32% dari tahun 2017.yaitu Rp 642 uta. Kami berharap, amanah nasabah yang kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas, "tutur Henky Oktavianus-Director of In-Branch Channel AXA Mandiri pada sore hari itu.
Penyerahan dana surplus underwriting yang diserahkan oleh PT AXA Mandiri mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tercatat juga peningkatan pada jumlah polis syariah. Pada tahun 2017, AXA Mandiri telah memberikan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 59 ribu polis asuransi, meningkat 80% dibandingkan tahun 2016, yakni lebih dari 32 ribu polis. Sedangkan dari sisi pendapatan kontribusi, di tahun 2017 AXA Mandiri mencatat pendapatan kontribusi sebesar lebih dari Rp 46,7 miliar yang meningkat 12,8% dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp 41,4 miliar.

Sebagian dana surplus underwriting ini juga akan digunakan untuk menyediakan paket Ramadhan Bahagia yang berisi makanan untuk kebutuhan sehari-hari hingga hari raya lebaran nanti diserah kepada masyarakat yan membutuhkan melalui yayasan Cerdas mandiri, Masjid raudhatul falah, Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta, serta kepada petugas keamanan dan kebersihan, serta masyarakat yang berada di lingkungan AXA Tower Kuningan Jakarta.

Penyerahan Surplus Underwriting Produk Syariah AXA Mandiri
Penyerahan Surplus Underwriting Produk Syariah AXA Mandiri


Serangkaian  kegiatan ini merupakan bagian dari program Ramadhan Juara yang dilakukan AXA Mandiri, yang bertujuan menyemangati masyarakat umtuk senantiasa giat beribadah dan berlomba menjadi individu yang bermanfaat bagi sesama, sehingga dapat berjaya menjadi juara pada hari kemenangan.

AXA Mandiri juga senantiasa mendukung masyarakat menjadi pribadii juara dalam mengantisipasi kerugian finansial akibat risiko hidup. Melalui produk asuransi syariah, AXA Mandiri memenuhi kebutuhan perlindungan yang dikelola dengan prinsip syariah yang tentunya bebas dari riba bagi keluarga muslim.

AXA Mandiri memiliki berbagai jenis produk asuransi berbasis syariah yaitu
-Asuransi Mandiri sejahtera Mapan Syariah
-Asuransi Mandiri Rencana Sejahtera Syariah
-Asuransi Sejahtera Cerdas Syariah
-Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah
Produk-produk tersebut dipasarkan melalui lebih dari 200 cabang Bank Syariah Mandiri.

Dalam hal pemasaran produk asuransi syariah, Bank Syariah Mandiri menjadi patner yang sangat tepat karena paling mengerti kebutuhan pengelolaan keuangan secara syariah bagi masyarakat muslim di Indonesia. AXA Mandiri juga secara konsisten melakukan literasi dan edukasi mengenai asuransi syariah kepada masyarakat, khususnya mengingat tingkat pengguna produk dan jasa keuangan syariah di Indonesia yang masih berada pada 11,06% dengan indeks literasi keuangan syariah sebesar 8,11%, yang artinya bahwa dari 100 orang di Indonesia, baru 11 orang yang sudah menggunakan produk dan jasa keuangan syariah dan 8 orang yang sudah teredukasi mengenai keuangan syariah," jelas Henky.

Dalam sambutannya pada sore itu, Ibu Emmy hamidiyah selaku Komisaris Baznas menjelaskan "Kami sangat mengapresiasi dan terus mendukung komitmen AXA Mandiri untuk menghibahkan dana surplus underwriting demi kebaikan masyarakat luas. Kerja sama ini sangat penting bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program Baznas. Kami mengharapkan kerja sama yang baik ini dapat terjalin secar berkelanjutan agar dapat menjadi contoh bagi perusahaan sektor swasta lain untuk melakukan kegiatan positif yang serupa.

Harapannya semoga ke depannya semakin banyak lagi masyarakat di Indonesia yang teredukasi, maka akan banyak keluarga Indonesia yang terlindung. Nah selain kita melindungi diri kita dengan membeli polis asuransi di AXA Mandiri maka secara otomatis kita juga sudah beramal loh, ikut mensejahterakan masyarakat Indonesia.





Komentar

  1. Aku pernah ni d tawarin AXA mandiri..
    Tp g aku ambil krn dh ada prudensial..
    Mmm... Kayaknya bakal mikirin lg nih tentang axa mandiri.. Krn pernah tertarik jg sama salah satu produk mandiri ini.. Hihi

    Makasih mba Tati bwt share info ini. 😀

    BalasHapus
  2. Semoga yg di aku axa mandir bisa menginspirasi yg lainya sehingga semua bisa merasakan manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya mba semoga mereka bisa merasakan manfaatnya

      Hapus
  3. Waaaa, keren ya AXA Mandiri..
    Semoga bisa menjadi contoh untuk perusahaan lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya semoga aja mereka semakin peduli lagi

      Hapus
  4. Kadang nggak banyak orang sadar bahwa dengan mengikuti asuransi, ia dan keluarga terlindungi dan satu sisi teryata juga bermanfaat bagi orang lain karena ada dana yang dibagikan kepada yang membutuhkan ya

    BalasHapus
  5. Andaikan seluruh masyarakat Indonesia sadar zakat semua, pasti banyak fakir miskin yang tercover. Acara ini menggugah untuk lebih banyak berbagi. Inspiratif sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga aja ke depannya semakin banyak lagi yang peduli ya Teh

      Hapus
  6. Banyak juga yaa penyerahan dananya.. semoga bermanfaat bagi orang banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya setiap tahunnya selalu bertambah nominal yang di donasikan.

      Hapus
  7. Betul Mba Tati, ke depannya semoga masyarakat lebih teredukasi ya.

    BalasHapus
  8. Semoga makin banyak perusahaan yang mencontoh apa yang dilakukan AXA Mandiri ya, karena kalau smeua orang sadar akan pentingnya Asuransi juga Zakat insha Allah tidak ada lagi rakyat miskin ya dan semuanya insha Allah juga terlindungi :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bayar Tagihan Listrik Di Traveloka Jadi Mudah Bisa Dimana Aja

CINTA YANG TERPENDAM