Kreasi Olahan Makanan Laut ala rumahan



Makanan laut pastinya bahan dasarnya ya yang berasal dari laut. Ikan laut mengandung omega 3 lebih tinggi daripada ikan air tawar. Namun ikan laut juga mengandung mercuri yang tidak baik bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui. Ikan tinggi mercuri sebaiknya dihindari untuk kesehatan ibu dan bayi.

Pagi ini setelah mengantar putriku sekolah, aku mampir ke pasar  tradisional tidak jauh dari rumah. Kulihat beberapa ikan laut yang masih segar dijajakan. Ada ikan tenggiri, udang cumi,kerang,ikan kacang-kacang dan lain sebagainya. Kali ini aku membeli 1 ekor ikan tenggiri. Anakku suka sekali Gulai Ikan. Nah ini resep uang biasa aku pakai untuk Gulai Ikan.




Bahannya:
1 ekor / 500gr ikan tenggiri/jambal/tongkol/tuna segar potong 5
65 ml santan siap pakai
1/2 ruas jari lengkuas dimemarkan
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
2 sdm minyak sayur
600 ml air
Garam dan gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
3 buah bawang merah
5 buah bawang putih
3 buah cabe merah besar
5 buah cabe merah keriting bila suka
3 buah kemiri

Cara membuat:
Rebus cabe terlebih dahulu agar bau langu nya hilang dan hasil masakan lebih merona. Cuci bersih ikan dengan jeruk nipis/cuka masak bila ada. Kemudian panaskan wajan tuang minyak sayur setelah panas masukkan bumbu halus aduk-aduk hingga harum tambahkan air,daun salam, daun jeruk dan lengkuas. setelah air mendidih masukkan ikan diamkan hingga air tinggal sedikit,tambahkan santan aduk kembali diamkan sampai air habis. Angkat pindahkan ke wadah.

  Ikan Tenggiri





Ikan laut kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan yaitu

Protein

Protein yang tergantung dalam ikan biasanya mudah diserap daripada proetin yang tergantung dalam daging ayam atau sapi. Protein dalam ikan juga sangat baik untuk orang yang mengalami gangguan pencernaan. Serat protein dalam ikan juga baik untuk perkembangan otak pada janin. Biasa nya ibu yang sedang hamil rajin mengkonsumsi ikan laut,bayi yang dilahirkannya cerdas.

Lemak

Asam lemak tak jenuh pada ikan sangat baik untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuh. Kandungan asam lemak tak jenuh dapat menyimpan kolesterol dalam darah dan asam lemak omega 3 (EPA dan DHA) dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sangat baik untuk penderita Kolesterol. Selain itu kandungan dari asam lemak tak jenuh juga dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak janin,bayi dan balita dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk usia produktif, omega 3 dapat membantu mencegah Penyakit degeneratif  (penyakit yang timbul sebagai proses penuaan/usia)

Vitamin 

Kandungan vitamin pada ikan laut dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan pada anak. Kandungan vitamin D sangat berperan bagi pertumbuhan dan menjaga kekuatan tulang. Vitamin B komplek untuk menghasilkan metabolisme karbohidrat, jantung sehat, melindungi terhadap kanker dan masih banyak lagi manfaat vitamin dalam ikan.

Ikan laut juga sangat baik loh untuk mencegah penuan dini.
Yuk kita konsumsi ikan laut. Murah juga banyak manfaat nya.
#JelajahGizi #JelajahGiziMinahasa #Sarihusada #NutrisiUntukBangsa

Komentar

  1. Icip dong mak, gw suka bgt tuh ikan tenggiri

    BalasHapus
  2. Wah saya baru mau posting besok ini. Good luck, mba :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bayar Tagihan Listrik Di Traveloka Jadi Mudah Bisa Dimana Aja

Secukinumab Dari Novartis Untuk Mengobati Psoriasis