Belilah KesulitanMu Dengan Sedekah Dan Jadi Manfaat Bagi Orang Lain

Assalamualaikum wr.wb, Bismillahirohmanirrohim ...setiap orang pasti punya pengalaman berbeda dan di artikel ini saya mau berbagi pengalaman pribadi tentang dahsyatnya manfaat berbagi zakat atau sedekah bagi diri kita sendiri.

Tiga tahun lalu tepatnya 100hari sesudah suami tercinta meninggal dunia. Kedua putri saya memang kalau jauh atau berpisah dengan bapaknya, mereka pasti demam atau sakit. Padahal mereka cuma ditinggal satu minggu keluar kota. Makanya saya ga terlalu kaget, mereka sakit setelah bapaknya meninggal dunia. Mereka termasuk anak-anak yang kuat, karena support dari teman-temannya yang terus menyematinya baik di media sosial maupun yang sering datang main kerumah.

30 hari jadi manfaat


Belilah kesulitanMu dengan sedekah atau zakat

Awalnya si Kaka yang sakit, tiba-tiba kakinya lemas dan susah bergerak. Di cek kerumah sakit tidak ada penyakitnya, dan akhirnya dibawa ke tukang urut. Apapun saya lakukan agar Kaka sembuh, terus memohon Kepada Allah dan air putih yang sudah dibacakan ayat-ayat suci Al-Quran. Ketika itu saya mendengarkan tausyiah, tentang keutamaan sedekah. Belilah kesulitanmu dengan bersedekah, kata-kata itu yang saya tanamkan di hati. Alhamdulillah, setiap sedekah saya niatkan untuk kesembuhan Kaka dan memang 3 kali diurut si Kaka sembuh.

zakat
Zakat dan 30 hari jadi manfaat
bagi orang lain
senyum mereka kebahagiaan kita

Baru juga si Kaka sembuh, lanjut si dede tetiba sulit untuk nelan makanan. Setelah ke dokter, dia di vonis Kanker Parotis (kelenjar yang menghasilkan air liur untuk mencerna makanan) dan harus dioperasi. Terus terang saat itu saya masih trauma dengan rumah sakit, setiap ngantar Dede kerumah sakit melakukan berbagai tes kesehatan campur aduk perasaan ini. Cuma menangis terus yang saya bisa, sambil terus memohon kesembuhannya. Selain berdoa untuk kesembuhannya, sedekah dan zakat. Kebetulan saya sudah lama tahu tentang Dompet Dhuafa semua zakat, infak dan sedekah saya percayakan di Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa membantu kita untuk menyalurkan zakat

Zakat dan Donasi melalui Dompet Dhuafa, lebih praktis dan tidak perlu nunggu banyak uang atau kaya. Sedekah di Dompet Dhuafa bisa dimulai dari Rp10ribu. Tidak hanya itu berbagi di Dompet Dhuafa bisa melalui transfer antar bank, dompet digital atau e-commorce. Setiap Dede konsultasi ke rumah sakit, sebelum ke dokternya saya mampir dulu ke atm untuk sedekah di Dompet Dhuafa. Sebelum tekan pin saya selalu ucapkan "Bismillah" dan niatkan untuk kesembuhan Dede.

zakat

Saat itu kebetulan bulan suci ramadan, dimana semua doa dan ampunan Allah kabulkan. Saya ga mau menyia-nyiakan kesempatan itu. Konsisten setiap jumat dan habis shubuh, untuk bersedekah dan juga diniatkan untuk kesehatan Kaka dan Dede. Allhamdulillah..Allah Maha Kuasa seharusnya Dede harus melakukan operasi habis lebaran sehari, seminggu sebelumnya di usg dan benjolan di kelenjar parotis nya itu kempes dan hilang. Dede juga makan udah seperti biasa lagi, meskipun dokter mengharuskan operasi untuk kesembuhannya. Tetapi dokter hanyalah manusia biasa, Allah lah yang lebih berhak menentukan.

30 Hari Menjadi Manfaat 

Di Ramadan tahun ini, saya mempunyai niat tidak ingin ramadan ini menjadi sia-dia dan saya ingin 30 hari jadi manfaat dan zakat. Niat dan keinginan saya ini terbantu dan tersalurkan di Dompet Dhuafa. Zakat dari non halal saya percayakan di Dompet Dhuafa. Alhamdulillah saya ada sedikit uang yang di depositokan di bank konvensial. Begitu cair depositonya, bunganya saya langsung salurkan di https://donasi.dompetdhuafa.org/dananonhalal/  nantinya akan disalurkan untuk pembangunan fasilitas umum, seperti pembangunan jembatan, jalan dan jamban (sanitasi). Semoga bisa istiqomah dan dilindungi dari riba, makanya saya ga mau menunda-nunda uang riba (bunga deposito bank konvensial). Oh iya sebenarnya, punya rekening bank syariah sih tapi setelah bank syariah digabungkan, rekeningnya belum sempat saya urus.

Dompet dhuafa
Zakat di Dompet Dhuafa bisa dilakukan melalui transfer antar bank, ecommerce dan dompet digital

Agar ramadan ini tidak sia-sia dan 30 Hari Jadi Manfaat, adalah salah satunya memberikan tajil untuk jamaah masjid dekat rumah. Pahala orang yang memberikan makanan untuk orang yang berpuasa, sama besar dengan pahala orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikit pun. Zakat untuk 30 Hari Jadi Manfaat adalah salah satu program dari Dompet Dhuafa untuk menyambut ramadan tahun ini.

Zakat Fitrah di Dompet Dhuafa

zakat fitrah


Alhamdulillah tiga hari lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443H, sebagian masyarakat sudah mulai mudik. Setelah dua tahun tidak mudik karena terhambat oleh pandemi. Sungguh Ramadan dan Idul Fitri tahun ini penuh keberkahan, karena kita sudah bisa taraweh berjamaah dimasjid dan diperbolehkan mudik dengan syarat sudah vaksin booster. Pemerintah mengeluarkan peraturan ini, karena belajar dari pengalaman pasca lebaran tahun lalu. Setelah lebaran tahin lalu, kasus covid kembali meningkat. Maka untuk kepentingan bersama, prokes harus kita patuhi.



Sebagian dari kita mungkin ada yang tidak sempat menyalurkan zakat, karena kesibukan sehari-hari dan persiapan mudik. Dompet Dhuafa menerima zakat fitrah, zakat kita tertunaikan bukan sekedar kewajiban tetapi tersebar luaskan. Untuk yang mudik hati-hati dijalan, jaga kesehatan bila lelah ada baiknya rehat sejenak di rest area yang disediakan dan yang belum sempat zakat segera tunaikan zakat melalui Dompet Dhuafa. 

dompet dhuafa

Manfaat Zakat dan Sedekah

Sebenarnya zakat dan sedekah yang kita keluarkan, selain #JadiManfaat bagi orang lain barokah juga untuk kita. Dengan kita mengeluarkan zakat dari hasil penghasilan kita atau sebagian harta kita, manfaat nya adalah untuk membersihkan harta kita dari yang haram. Sering tanpa disadari ada sebagian hak orang yang kita pergunakan. Dengan sedekah, Allah akan lebih dekat dengan kita. Otomatis kalau kita dekat dengan Sang Pencipta, maka semua akan dipermudah. Yakin KepadaNya, setiap ujian yang kita hadapi, terima aja dulu dan sabar. Maka Allah akan memberikan ketenangan dan jalan keluarnya tanpa kita sadari. Allahu Akbar begitu sayangnya Allah terhadap kita, sayangnya masih banyak yang tidak menyadari kasih sayangNya.

Disitu saya bertambah yakin, Allah yang mengatur rezeki, maut dan jodoh. Meskipun sekarang saya single parent, tapi saya tidak pernah takut untuk melanjutkan hidup ini. Saya yakin setiap manusia sudah ditentukan rezekinya, jadi meskipun suami udah ga ada, tetapi saya dan anak-anak sudah Allah atur  rezekinya. Tidak hanya dengan yakin saja tetapi, dengan sedekah juga membuat hati menjadi lebih tenang, karena bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Dampaknya juga akan kembali ke diri kita, dimana setiap kesulitan akan ada kemudahan. 

Semoga kita termasuk dari orang-orang yang sabar. Semoga tulisan ini bisa jadi manfaat dan motivasi terutama untuk diri saya sendiri. Aamiin ya rabbalamin.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jadi Manfaat yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

#JadiManfaat #Zakat #30HariJadiManfaat

Komentar

  1. Bacanya mau nangis keren banget perjuangan kalian semangat

    BalasHapus
  2. Tidak pernah rugi kalau kita sedekah. Masalah hilang dan hidup jadi tenang

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara