Tantangan Para Pelaku Usaha Di Era Digital

Assosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) merupakan singkatan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, adalah suatu organisasi yang merupakan wadah persatuan dan kesatuan tempat berhimpun para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling/DS), termasuk perusahaan yang menjalankan penjualan dengan system berjenjang (Multi Level Marketing/MLM) di Indonesia. Peran serta Industri Direct Selling dalam perekonomian di tengah pandemi ini terbukti  membantu roda ekonomi di Indonesia.



Pada APLI convetion Exhibition & Award 2021, selama tiga hari 15-17 Desember 2021 akan diadakan talk show dengan pembicara yang kompeten dibidangnya. Hari ketiga ini mengangkat tema"Implementasi New Normal Pada Industri Direct Selling". Evaluasi hasil di lapangan dari hasil evaluasi yg dilakukan penjualan langsung banyak melakukan pelanggaran..termasuk market place belum mencantumkan barang yg dijual sistem penjualan langsung. Apli Indonesia memasuki new normal pertumbuhan perekonomian di Indonesia juga terdapat peran swasta dan UMKM juga penjualan online termasuk penjualan langsung ( APLI Indonesia ).

Ada 4 pilar pertumbuhan ekonomi berdasarkan pengeluaran 1. konsumsi rumah tangga 2.investasi 3. Goverment Spending. 4.Ekspor dan Import. Perekonomian di Indonesia saat ini dalam masa pemulihan setelah mengalami resersi pada akhir tahun lalu. Penurunan omzet yang terjadi dari tahun 2019 ke tahun 2020 dan masih berlanjut ditahun 2021 disebabkan karena pukulan pamdemi pada 2 tahun terakhir. Pada 4 kwartal, perekonomian di Indonesia dianggap negatif. Namun terjadi peningkatan jumlah mitra usaha dijalan 2020 menjadi 7.3 juta mitra usaha. Sejalan dengan itu jumlah komisi dan bonus yang dibagikan kepada mitra usaha juga meningkatkan dari semula sebesar 4,9 triliun menjadi 5,1 triliun ditahun 2020.


Ternyata UMKM memberikan kontribusi terbesar yaitu sekitar 55 % terhadap perputaran ekonomi begitu pula  juga pelaku usaha besar memberikan kontribusi  sebesar 45 %. Dari sini kita harus bersyukur dengan bermunculannya UMKM di berbagai daerah. Kalau di Jakarta sekarang sedang banyak tumbuh outlet-outlet yang menyediakan cemilan dan kopi serta desain tempatnya pun didesain semenarik dan senyaman mungkin untuk mengundang konsumen.

Konsumsi di rumah tangga pun menyediakan tenaga kerja yang cukup besar terutama pada UMKM. Dari jumlah pelaku usaha sebesar 73 juta memberikan kontribusi sebesar 93juta tenaga kerja. Dalam masa pandemi ini pola perdagangan pada UMKM ada 2 yaitu pola konvensional dan pola digital (ecommurce). Dan kontribusi ecommurce ini terus meningkat, nah intinya UMKM memberikan kontribusi pada PDB nasional sebesar 59%.

Apli

Seiring dengan itu APLI Talk Show diselenggarakan bertujuan untuk membahas tentang upaya pemerintah dalam mengatasi maraknya investasi ilegal yang semakin canggih dan Trading dipasar digital. Seperti yang Kita ketahui dampak pademi global berpengaruh kepada sektor ekonomi, Direct Selling ini menjadi pilihan. Setiap orang dapat menjalani bisnis dengan modal kecil dan tidak diperlukan punya keahlian khusus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara