Wisata Alam Yang Wajib Dikunjungi Di Indonesia

Bila bicara tentang keindahan alam, kekayaan budaya dan kuliner di Indonesia tak kan pernah ada habisnya, karena disetiap sudut yang kita kunjungi akan membuat kita selalu terpesona dan terkagum-kagum. Wisata alam di Indonesia pun tidak kalah menarik, banyak sekali yang dapat di explore dari Indonesia bagian barat hingga Indonesia bagian Timur. Dan perlu kita terapkan bila ingin berkunjung atau berwisata kemana pun juga kita harus berwisata tanpa merusak alam juga menjaga dan melindungi alam. 

Explore Blue Fire Kawah Ijen 

kawah ijen

Blue Fire di Kawah Ijen adalah salah satu fenomena alam yang menarik perhatian bagi para traveler. Tidak dapat dipungkiri ini yang ada di salah satu list destinasi tujuan yang harus di kunjungi. Persiapan yang harus dipakai saat ke Kawah Ijen, Jaket Kathamandu (rekomen banget nih pakai jaket ini bikin hangat), sarung tangan, sepatu gunung (jalur di Ijen tuh banyak krikil dan hampir 80% jalurnya tanjakan) siapkan stamina yang kuat, jangan lupa bawa cemilan manis dan air minum buat menemani perjalanan, senter atau headlamp dan masker agar udara beracunnya tidak terhirup.

Pemandangan saat jalan turun menuju basecamp pun sangat indah, akan terlihat jajaran gunung dan bukit dan lekukan track. Pendaki yang mengunjungi kawah ijen bukan saja wisatawan domesik tetapi ada juga pengunjung mancanegara.

Savana Bekol 

savan bekol


Bila berkunjung ke Banyuwangi selain Kawah Ijen jangan lupa mampir ke Savana Bekol. Disana sih hanya terlihat 1 pohon rindang dan rusa tapi dilarang mendekati rusa itu ya. Jangan takut disini juga kamu akan dapat hasil photo-photo cantik dan keren walaupun diambil dengan kamera smartphone.

Pulau Failonga 

failonga

berkunjung ke Pulau Failonga pulau kecil yang tak berpenghuni dan tidak jauh dari Tidore Kepulauan. Kami berangkat dari Tanjung Soasio sekitar pukul 07.30 wit menggunakan speed boat pinjaman dari Basarnas. Kurang lebih 20 menit kami tiba dipulau failonga. Dipulau Failonga banyak sekali spot-spot cantik untuk foto-foto dan juga foto pre wedding . Banyak terumbu karang yang sangat cantik, tapi sayang di pulau ini tidak ada dermaga untuk tempat kapal bersandar, jadi jika ingin datang ke pulau Failonga ini sebaiknya kapal berhenti berjarak 1 kilometer, untuk menghindari agar tidak merusak habitat terumbu karang. Jadi dari kapal menuju pulau Failonga sebaiknya berenang.

Akatajawe Lolobata



Perjalanan menuju Aketajawe Lolobata ditempuh melalui  Pelabuhan speed boat Sofifi, kami dijemput oleh Pak Mahroji pemandu yang akan menemani kami selama di Halmahera tengah. Enam juta sudah termasuk transpotasi, simaksi, makan dan porter atau gaet. Sebelum menuju Taman Nasional Akaetajawe Lolobata (TNAL) dijelaskan dulu oleh porter, untuk tetap menjaga dan melindungi hutan.

Asal muasal disebut Aketajawe adalah diangkat dari ejaan lama, Ake yang artinya sungai dan Tajawe artinya Tajawi maka tercetuslah Akatajawe hingga saat ini. Jalan pertama yang kami lewati adalah jalan setapak perkebunan, setelah beberapa kilo berjalan sampailah kami di sungai tayawi yang lebar dan panjang namun airnya hanya semata kaki saja.




Selain itu ada Elang Bondol yang bisa ditemuin ada beberapa fauna endemik di Halmahera yaitu ada burung gosong kelam (Megapodius freycinet), kakatua jambul putih (Cacatua alba), Julang atau Rangkong Papua (Rhyticeros plicatus), Mandar gendang (Habroptila wallaci), Cekakak murung (Todiramphus funebris), dan sang bidadari Halmahera (Semioptera wallacel).



Komentar

  1. Indonesia indah sekali ya smeoga ada rezeki menjelajah aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Kacamata Terapi K-Ion Nano Premium 7 Menjaga Kesehatan Mata Dan Tetap Tampil Modis