Pilih Logo "Pilihan Lebih Sehat" Untuk Kebutuhan Sehari-Hari

Marhaban Ya Ramadan.. Tinggal beberapa hari lagi kita akan menjalani ibadah puasa. Biasanya kalau saat Ramadan, kita sering tidak memperhatikan makanan yang kita konsumsi saat sahur maupun berbuka puasa. Kadang saat berbuka pun, segala macam yang mengandung lemak seperti gorengan, kolak, lontong sayur yang semuanya berbahan dasar santan dan minyak. Makanya tak jarang ketika selesai sebulan penuh menunaikan ibadah puasa, gula darah naik, hipertensi dan asam urat.

logo pilihan lebih sehat



Ditambah lagi Ramadan ini merupakan ramadan kedua disaat pandemik. Ya.. kita pandemik sudah lebih dari setahun kita alami. Sehingga rutinitas sehari-hari pun banyak yang berubah. Malas gerak menjadi salah satu kebiasaan yang kita jalani saat ini. Kebiasaan makan makanan junkfood, dan semuanya serba diantar kita hanya menunggu saja. Apalagi banyak promo menggiurkan, yang kita tidak tahu yang terjadi kedepannya bila sering mengkonsumsi makanan siap saji setiap hari.

frisian flag


Apa yang kita konsumsi akan berdampak pada kesehatan  kita dimasa depan. Setidaknya kita harus bijak dan berkesadaran dalam mengonsumsi segala sesuatunya bahkan untuk anak-anak. Penyakit tidak menular karena disebabkan oleh konsumsi pangan tidak sehat.  Frisian Flag Indonesia mendukung kebijakan dari BPOM dan telah menerapkan logo "Pilihan Lebih Sehat" pada produk siap minumnya. 

Pada  tanggal 6 April 2021 lalu Frisian Flag menyelenggarakan webinar yang bertema  "Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan". Pada kesempatan kali, hadir pula beberapa narasumber antara lain :
1. Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM
2. Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi, Nutrisionis
3. Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia

Sebagai konsumen, kita harus lebih cermat dalam membaca informasi pada kemasan produk sebelum menjadi stok pilihan makanan didalam rumah tangga. Jadi sebelum membeli kita harus memperhatikan informasi Nilai Gizi, label/klaim produk, peruntukan usia, cara konsumsi dan jumlah konsumsi yang disarankan.

frisian flag dengan logo pilihan lebih sehat



Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM memaparkan, "selain informasi nilai gizi pada bagian utama daripada kemasan produk, BPOM juga mengakomodir penggunaan logo "Pilihan Lebih Sehat" dengan tanda "contreng hijau" ini berguna untuk memudahkan konsumen dalam melihat, memilih pangan yang sesuai dengan kebutuhan. Penerapan logo "Pilihan Lebih Sehat" ini akan dilaksanakan secara bertahap dan ditentukan berdasarkan profil gizi pangan olahan. Saat ini baru ada dua hal yang sudah diterapkan oleh BPOM,  pertama minuman siap konsumsi tanpa btp (bahan tambahan pemanis) dan yang kedua pasta atau mie instan, jumlahnya bisa dilihat di profil gizinya.




Badan POM sudah menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, maka jadilah masyarakat yang membaca logo dan kemasan. Jangan asal beli, perhatikan tanggal expirednya juga nilai gizinya untuk investasi kesehatan kedepannya. Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi, Nutrisionis, juga menjelaskan bagaimana menerapkan Mindful Eating, kenali apakah kita lapar atau haus. Bila sedang makan, nikmati makanannya dan hindari mengerjakan kegiatan lain dan tingkatkan awarness.  Konsep eating behaviour yang menekankan pada process-oriented (rasanya enak, mengenyangkan, nikmat, cukup) daripada outcome-oriented (kurus, langsing, biar gak gemuk); cara makan dengan kesadaran penuh.



Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, mengungkapkan sejalan dengan visi perusahaan nurishing by nature, salah satu pilarnya adalah bagaimana kita dapat menghadirkan atau memberikan produk-produk susu yang bergizi, berkualitas dan terjangkau. Tentunya FFI pun sudah memperkenalkan dan menerapkan produk-produk susu siap minum dengan logo "Pilihan Lebih Sehat".

Jadi intinya dimulai dari kita konsumsi dengan kesadaran dan dimulai dari sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Kacamata Terapi K-Ion Nano Premium 7 Menjaga Kesehatan Mata Dan Tetap Tampil Modis