Waspadalah, 6 Efek Buruk Terlalu Lama Duduk saat Kerja!

Waspadalah, 6 Efek Buruk Terlalu Lama Duduk saat Kerja!

efek buruk terlalu lama duduk


Saat melakukan pekerjaan, biasanya kita akan terlalu sering duduk. Misalnya, bekerja di depan PC atau komputer. Kita bakal sering duduk dan berhadapan dengan komputer hingga berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan. Menurutmu ini mungkin terasa nyaman, bukan? Apalagi, selama WFH banyak orang yang lebih sering duduk. Bahkan kita gak perlu effort besar buat mengambil benda-benda yang diperlukan. Komputer diletakkan di sebelah  printer agar lebih memudahkan pekerjaan kita.

Meski begitu, sebenarnya duduk terlalu lama dapat memberikan dampak buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuhmu, lho. Sehingga kamu perlu menghindari kebiasaan terlalu lama duduk saat bekerja. Kamu bisa melakukan sedikit kegiatan di sela-sela waktu kerja agar tubuh tetap aktif bergerak, walau cuma beberapa menit. Mau tahu, apa saja efek buruk terlalu lama duduk saat kerja yang bisa terjadi? Cek ulasannya di bawah ini.


1. Resiko Penyakit Jantung

sakit jantung



Dampak bahaya dari terlalu lama duduk bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Dikutip oleh Healthline, ada studi yang menunjukkan bahwa laki-laki yang menghabiskan waktu sekitar lebih 23 jam per hari dengan duduk serta menonton televisi, memiliki resiko meninggal lebih tinggi sebab masalah kardiovaskular. 

2. Memicu Rasa Cemas

pemicu rasa cemas

Terlalu lama duduk juga bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan mental. Tubuh yang tak kunjung beranjak dari kursi bisa memicu rasa cemas, sampai depresi. Namun, kondisi ini bisa diatasi dengan jalan-jalan sejenak untuk merilekskan tubuh dan mengalihkan pandangan dari pc komputer. Yang terpenting, kamu gak terus-terusan berada di situasi yang monoton dengan waktu lama. 

3. Deep Vein Thrombosis atau DVT

efek buruk terlalu lama duduk


Deep Vein Thrombosis atau DVT adalah kondisi yang bisa timbul sebab penggumpalan darah pada bagian kaki. Hal ini bisa makin buruk jika gumpalan darah pecah serta masuk ke dalam paru-paru. Biasanya DTV ditandai dengan rasa nyeri ketika berjalan dan berdiri, pembengkakan kaki sampai kemerahan yang diikuti suhu tubuh meningkat. 


4. Masalah Sakit Leher, Pinggang, dan Pundak

sakit leher


Efek satu ini pastinya sering dialami oleh kamu, kan? Saat baru beberapa jam saja, tubuh sudah mengalami dampak ini. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah stretching di jam kerja beberapa menit. Aktivitas ini bisa membantu melemaskan otot yang akan membuat sakit punggung, pundak, dan leher yang dirasakan teratasi dengan baik. 


5. Perubahan pada Otot Kaki dan Juga Bokong


Duduk dalam waktu yang lama bisa bikin otot-otot bawah tubuh jadi jarang digerakkan. Alhasil, terjadilah atrofi otot, terutama pada bagian bokong dan kaki. Atrofi adalah suatu keadaan dimana otot tubuh mengalami sebuah perubahan. Contohnya, timbul cekungan, bentuknya tidak simetris, dan ukuran mengecil. Jika tidak ada otot kaki serta bokong gak kuat, maka tubuh jadi gampang cedera dan sulit stabil.


6. Berat Badan Meningkat


Tubuh yang kurang bergerak bisa memicu meningkatnya berat badan. Seperti yang dilansir oleh Wolipop, bahwa bergerak bisa bikin otot melepaskan molekul, terutama lipoprotein lipase. Nah, molekul ini punya peran buat memproses gula serta lemak yang dikonsumsi. Jadi, kalau kamu terlalu kebanyakan duduk, pelepasan molekul tersebut bisa berkurang, hingga mengakibatkan berat badan yang meningkat. Kalo gak mau berat badan naik, apalagi buat kamu yang lagi diet. Cobalah beranjak dari tempat duduk sejenak, untuk sekedar jalan-jalan sebentar di sekitar kantor, atau ngeprint dokumen dengan printer murah di tempat kerja.

Baca juga Tips Cegah Anemia !!!

Setelah melihat efek buruk terlalu lama duduk di atas, sebaiknya kamu mulai rutin bergerak ya, geng!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara