Kontribusi APLI Dalam Perekonomian Di Tengah Pandemi

Di tengah pandemik banyak perusahaan-perusahaan yang terkena dampaknya. Banyak pegawai dan karyawan yang juga dirumahkan, karena tidak ada lagi biaya  operasional. Assosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) merupakan singkatan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, adalah suatu organisasi yang merupakan wadah persatuan dan kesatuan tempat berhimpun para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling/DS), termasuk perusahaan yang menjalankan penjualan dengan system berjenjang (Multi Level Marketing/MLM) di Indonesia. Peran serta Industri Direct Selling dalam perekonomian di tengah pandemi ini terbukti  membantu roda ekonomi di Indonesia.

Apli
APLI merupakan wadah organisasi perusahaan untuk yang akan memulai bisnis atau yang ingin menuju sukses

Pada APLI convetion Exhibition & Award 2020 ini, selama tiga hari kedepan 7-9 Desember 2020 akan diadakan talk show dengan pembicara yang kompeten dibidangnya. Pada hari pertama tanggal 7 Desember 2020, di Jakarta APLI Talk Show bertema "Peran serta Industri Direct Selling dalam perekonomian di tengah pandemi". APLI Talk Show diselenggarakan bertujuan untuk membahas tentang upaya pemerintah dalam mengatasi maraknya money game yg semakin canggih. Seperti yang Kita ketahui dampak pademi global berpengaruh kepada sektor ekonomi, Direct Selling ini menjadi pilihan. Setiap orang dapat menjalani bisnis dengan modal kecil dan tidak diperlukan punya keahlian khusus.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, sektor usaha Multi Level Marketing (MLM) memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional di masa pandemi Covid-19. Hasil survei Kementerian Perdagangan  menunjukkan bahwa MLM berguna sebagai sarana usaha bagi para pelajar dan mahasiswa. Terbukti bisnis MLM ini tidak perlu memandang usia yang penting mau bekerja keras dan ada kemauan. Banyak yang masih berusia muda namun sudah sukses menjalani bisnis. Karena dengan adanya APLI, anggota nya akan di training diberikan pelatihan dan edukasi, namun harus tetap mematuhi peraturan atau kode etik yang ditetapkan. Anggota APLI akan dibina diajarkan public speaking, dan membangun percaya diri. APLI merupakan wadah organisasi perusahaan direct selling atau MLM.

Berdasarkan laporan kegiatan tahunan dari 147 perusahaan di 2019, perusahaan penjualan langsung Indonesia berhasil mencatatkan transaksi penjualan sebesar Rp14,7 triliun dengan melibatkan 5,3 juta mitra usaha. Selain memberikan manfaat ekonomi bagi para mitra usaha, sektor penjualan langsung juga turut berkontribusi menjaga keberlangsungan usaha produsen dalam negeri. Sebanyak 51,86 persen jenis produk yang dijual merupakan produk dalam negeri. Apli memberikan peluang sangat besar di masa pandemi ini sebagai kontribusi untuk perekonomian negara.

Money game
APLI Talk Show hari pertama

APLI memberikan income dan juga berperan serta dalam perputaran roda ekonomi di Indonesia. Banyak produk-produk lokal yang terbantu dan pada akhirnya menguasai pasar di Indonesia. Namun sebagai konsumen atau pelaku usaha, sebaiknya untuk lebih jeli atau teliti lagi dalam membeli produk atau yang ingin  memulai bisnis. Bisa dicek keanggotaan atau perusahaan yang sudah menjadi anggota APLI di websitenya https://www.apli.or.id/daftar-anggota.


Seperti yang dikatakan oleh Ir. Djoko H.Komara Dewan Komisaris APLI mengatakan bahwa ini semua sudah diatur dalam UU perdagangan pasal 7 no. 14. Yang dirugikan oleh Money Game adalah masyarakat dan perekonomian negara. Jadi untuk setiap anggota APLI yang menyalahi atau melenceng dari kode etik, keanggotaannya akan di bekukan sementara sampai menunggu hasil sidang pengadilan. Semoga kitalebih teliti lagi dan terhindar dari money game dan bisa menuju sukses untuk masa depan yang cerah. 

Sumber : APLI Indonesia, JKN Jakarta 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara