Penyebab Hancurnya Keharmonisan Rumah Tangga

Ketika kita sudah berjanji atau akad didalam pernikahan, maka baik suka maupun duka mau tidak mau kita harus menepatinya. Penyebab hancurnya keharmonisan dalam rumah tangga, harus kita pelajari sebelum mengikat janji suci. Pernikahan adalah sebuah momen yang sangat sakral, dan harus dipertanggung jawabkan di akhirat nanti. Disini Qw pingin nulis dan bahas penyebab keretakan rumah tangga, yang pada akhirnya berujung perceraian.

Miris banget ketika mendengar kabar ada teman, sahabat atau tetangga bahkan publik figur yang memilih perceraian untuk menyelesaikan masalah di dalam rumah tangga nya. Dari beberapa kisah yang qw dengar, sebenarnya sih masalah retak nya rumah tangga itu klise. Selingkuh, perbedaan pendapat, orang ketiga (orang tua, mertua, saudara ipar), ekonomi, dan kepercayaan.

keluarga bahagia
Ketika sudah menikah kita harus menghormati pasangan dan menepati janji yang diucapkan saat ijab qobul. 

Penyebab hancurnya keharmonisan di dalam rumah tangga 

Perselisihan yang terjadi akibat orang ketiga, sering sekali menjadi dilema dan membuat pertengkaran sering terjadi dirumah. Masalah seperti ini yang pernah qw alami, hubungan dengan mertua qw sih oke. Alhamdulillah qw dapat mertua yang baik juga pengertian banget. Malahan hubungan qw lebih baik sama orang tua sendiri. Intinya sih pada setiap hubungan dibutuhkan kesabaran dan saling menerima segala kekurangan pasangan kita.

Perselingkuhan  sering terjadi, pada mereka yang merasa pasangan hidupnya tidak sesuai dengan harapan. Perselingkuhan biasa terjadi pada dua orang manusia berlainan jenis, yang sering bertemu. Biasanya bisa disebut CinLok (Cinta Lokasi). Udah lah ya qw gak mau sebutin dimana aja bisa terjadi cinlok atau kenyamanan sesaat.

Orang ketiga, nah ini yang suka bikin qw kesel alias mesti. Yang dimaksud orang ketiga tuh bukan temen selingkuh aja loh gaesss. Saudara ipar, atau mertua. Nah disini beruntung deh kalau suami atau istri kita mau mendengarkan keluh kesah yang kita alami. Misal kita ada di posisi suami/istri baik yang juga menyayangi saudara ipar atau mertua seperti saudara sendiri. Tapi pasangan lu tuh beranggapan orang tua atau saudaranya selalu aja benar. Pada akhirnya, kalau lu kurang sabar alias gak kuat iman ini bisa menjadi sebab retaknya rumah tangga dan parahnya lagi bisa cerai. Atau lu dapat teman curhat yang enak atau nyaman bikin lega hati lu.

tipe keluarga harmonis
Tetap mesra ya gaesss meski anak-anak udah remaja 

Ekonomi nah ini yang sering terjadi nih dan sering jadi sebab atau alasan. Biasanya ini terjadi pada istri yang menurut qw kurang sabar dan kurang bersyukur. Tergoda pada harta dunia saja, padahal kalau kita sadari, tidak tergoda oleh bujuk rayu syaiton berbakti kepada suami akan mendapatkan keberkahan di dunia dan akhirat. Cieee kaya lu bener Tati.. Hahahahaa cius nih qw ngomong, kebanyakan sih qw selalu mencoba memberikan yang terbaik untuk suami (alm).

Dia mengizinkan qw membantu mencari uang, tapi tidak boleh bekerja. Nah dari situ otak qw yang kreatif memutuskan untuk dagang.  Apapun qw jual selama itu halal dan kewajiban qw sebagai istri juga ibu, tidak terbengkalai. Berkah pun qw rasakan sampai sekarang, dan tidak putus selalu bersyukur kepada Allah SWT. Selalu berprasangka Baik KepadaNya, see qw dan anak-anak baik-baik aja meski sang pencari nafkah sudah tiada. Tips qw nih adalah selalu yakin Allah selalu tahu dan memberikan yang terbaik untuk kita di dunia dan akhirat.

Qw juga pernah dapat ujian digoda sama lelaki, yang mungkin menganggap qw gampangan. Mereka qw tantangin lebih banyak mana uangnya sama suami qw.  Meski dia gak kaya tapi qw selalu merasa dia yang kaya dan banyak duit. Qw merasa dia yang paling terbaik buat qw dari sekian banyak lelaki yang diciptakan.

Tips membina rumah tangga yang sakinah mawaddah warrohmah


So intinya sih kalau kamu mau langgeng rumah tangganya sampai maut memisahkan, sakinah mawaddah warrohmah adalah selalu Sabar dan sabar karena sabar itu tiada batas. Berusaha menjadi pasangan terbaik, pendengar yang baik (misal suami/istri curhat pliss tolong didengar ini akan menjaga agar pasangan kita tidak mencari teman curhat diluar sana gaesss), contoh Nabi Muhammad saw yang selalu mendengarkan curhatan istri meski dia pun lelah.  Selalu bersyukur pada pasangan kita, terkadang kita pun harus menjadi penasehat terbaiknya.

keluarga bahagia
Paling bahagia kalau ada dipelukannya 

Jadi teman ngobrol atau bercanda bagi pasangan kita, seru gaesss dan pasti ada aja yang dibahas. Apalagi hobi lu sama, alm suami punya hobi yang sama kecuali traveling ya hahahhaaa. Dia suka banget bahas yang terjadi diluar sana, meski qw kadang kesel dengarnya itu lagi itu tapi qw berusaha mendengarkan. Tahu gak saking nyamannya ngobrol sama dia, sampai-sampai saat dia asik bicara qw tuh sering tertidur. Berasa seperti di nina boboin gitu, akhirnya setelah dia gak ada, qw sering dengerin tausyiah di youtube sekalian nambah ilmu.

Oh iya satu lagi nih,  kalau kamu pingin selalu harmonis dalam rumah tangga . Kalau ada rasa bosan atau jenuh pada pasangan, ingat-ingat lagi keunikan atau tingkah laku dia yang bikin kamu jatuh cinta dan tanpa sadar tersenyum. Sumpah meski dia ga ada, tapi saat qw ingat kelakuannya bikin qw tersenyum bahagia tanpa sadar, dan reflek hati ini bersyukur mempunyai pasangan hidup seperti dia. Almarhum semakin bertambah usianya tuh buat qw tambah lucu, tambah menarik melihat wajahnya setiap saat pun bikin qw jatuh cinta berkali-kali. Qw pun tanpa malu selalu inisiatif memeluk atau menciumnya. Bersyukur kami diberi kesempatan untuk berpelukan sekian menit sebelum dia kerumah sakit dan pada akhirnya meninggalkan dunia ini dengan bahagia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan