Tips Hemat Explore Jakarta Bandung Sumedang

Assalamualaikum wr. wb...
Haii Gaess ketemu lagi nih,  oh iya kali ini qw mau cerita dan berbagi tips perjalanan murah dari Jakarta ke Bandung. Melakukan perjalanan ini sih untuk mencoba yang baru, karena biasanya qw kalau ke Bandung itu naik kereta Gambir Bandung dengan tiket seharga Rp. 110.000 sekali jalan. Kalau dadakan juga naik travel 80 ribuan gitu gak beda jauh sama kereta.

Nah beberapa bulan lalu, pas liburan semester sekolah qw ajak kedua putri kesayangan dan keponakan. Kebetulan mereka mau diajak ke Bandung tapi dengan itinneray berbeda.

Tips backpacker hemat Jakarta Bandung Sumedang

Foto ala-ala di Farm House Lembang

Hari Pertama
Jakarta-explore wisata Purwakarta, nginap sehari dirumah teman yang tinggal di sekitarnya. Lumayan hemat penginapan semalam.
Hari Kedua
Paginya baru lanjut ke Bandung dari stasiun Suka Tani (PWK). Explore Bandung
Hari Ketiga
kemudian mampir sebentar ke Sumedang sebelum pulang ke Jakarta.

Awalnya si Kakak gak mau ikut, seperti biasa pas hari mau berangkat dia mau ikut. Akhirnya perjalanan yang direncanakan berangkat pagi, berubah sore jam 3.

Alhasil kami ketinggalan commuter line Tanjung Priuk-Purwakarta. Ternyata ada perubahan, commuter line Tanjung Priuk-PWK sudah tidak melayani pembelian tiket dari Stasiun Kemayoran. Akhirnya kami mengejar kereta terakhir ke Purwakarta dari Cikarang. Ada serunya juga sih mengejar kereta. Dari stasiun Kemayoran turun Bekasi lanjut ke Cikarang (nunggu yang langsung lama).

farms house lembang
Foto didepan rumah kurcaci Farms House Lembang

Ketika kereta sampai di stasiun Bekasi kami harus berlari masuk ke kereta yang siap berangkat dan berdesakan diantara penumpang yang pulang bekerja.  Sampai di Cikarang, kami berlari pindah jalur dan membeli tiket. Sayangnya sampai loket, tiket nya habis gaess. Bisa aja sih qw nakal,  karena jalurnya gak ada pintu penjagaan seperti stasiun lainnya. Menurut informasi dari teman-teman yang sering ke Purwakarta,  biasanya tiket habis diborong calo.

Bisa sewa kostum loh di Farms House Lembang

Akhirnya kami dapat tiket hanya sampai Cikampek seharga 5000 rupiah. Sebenarnya bisa aja sih langsung ke Bandung naik bisa, tapi saya pingin cara hemat dan pingin explor Purwakarta. Sayangnya sampai Purwakarta itu tengah malam, pagi nya harus naik kereta lokal ke Bandung. Sumpah cape bener, gagal deh explor PWK nya. Angkot dari Cikampek itu mahalnya kebangetan, perorang 20 ribu. Tadinya mau hemat ternyata lebih hemat naik ojek online.

Wisata, Kuliner, Guest House Murah Di Lembang Bandung

Farms House Lembang

Seharusnya kalau mau melakukan perjalanan seperti ini,  harus maksimalkan waktu dan juga harus santai. Pada akhirnya sampai di Bandung, kami langsung order ojek online ke Gedung Sate. Ternyata disana sedang ada acara, dan tidak bisa berfoto di depan icon kota Bandung. Dari sana kami lanjut pesan ojol ke Farms House Lembang.  Tiket perorangnya 25k sudah termasuk free segelas susu segar, dengan menukarkan potongan tiket masuk.

Keceh spotnya buat foto-foto

Diusahakan sampai disini pagi ya gaesss, belum terlalu banyak pengunjung. Jadi pusas foto-fotonya,  didalam juga bisa menyewa kostum none Belanda. Perkostum 75 ribu, boleh seharian dah. Selain itu ada beberapa kafe, dengan interior instagramable banget dan kios oleh-oleh khas Bandung.

oleh-oleh khas bandung
Jangan lupa beli oleh-oleh ya gaesss...

Chingu Korean Fan Cafe

chingu korban cafe
Makan siang di Chingu Cafe ada paket hematnya gaesss

Setelah puas foto-foto dan membeli beberapa oleh-oleh, kami melanjutkan makan siang ke Chingu Cafe. Tiga kali ke Bandung, pasti deh mampir kesini. Makanannya enak dan halal,  yang paling  penting sesuai budget kita lah. Menu nya banyak pilihan dan ada paket hemat nya juga loh. Oh iya selama di Bandung, keliling wisata naik ojek online aja lebih hemat, apalagi jalan berempat.

kuliner murah di bandung
Makan lengkap kaya gini cuma 150 ribu

Guest House murah 100 ribu permalam di Bandung

Lumayan lelah juga padahal cuma dua destinasi aja, akhirnya kami langsung menuju penginapan. Kalau ke Bandung, qw selalu menginap di Bumi Hegar Guest House, lokasi strategis dan murah. Semalamnya cuma seratus ribu rupiah, itu harga spesial yang diberikan oleh pemiliknya. Ada dapur dan ruang tamu yang luas, bisa untuk rombongan nih kapasitas 100 orang. Terdiri dari 8 kamar standar kamar mandi diluar dan ada yang kamar deluxe kamar dalam.

guesthouse murah di bandung
Bumi Hegar Guest House

Besok paginya kami lanjut untuk kembali ke Jakarta, tapi sebelum pulang mampir ke Detos dulu. Mall Detos sebenarnya tujuan utama kami melakukan traveling ini. Si bungsu pingin beli aksesori BTS, yang katanya cuma ada di mall yang lokasi nya di Sumedang. Dari terminal Bandung menuju Detos Mall naik bus angkutan kota, tarifnya 10 ribu/orang karena lewatin tol dalam kota. Setelah satu jam keliling mall, kami melanjutkan perjalanan pulang ke Jakarta naik bis dengan tarif 40ribu ke Jakarta.

aksesori bts
Berburu aksesori BTS di Mal Detos

Sebenarnya sih kalau mau melakukan perjalanan ini harus ada waktu sekitar satu minggu. Baru bisa puas explor dari Purwakarta, Bandung dan Sumedang.

Komentar

1. Wahhh, catet niiih
    Bumi Hegar Guest House mursida banget yaaaa
    100K doang dan lokasi strategis yaaa

BalasHapus
  2. Wah mak tati juara deh kalo jalan2 selalu punya tips biat enjoy..makasih mak e tipsnya

3. Naik turun transportasi umum berkali-kali begini enaknya jalan sendirian atau minimal jangan membawa orangtua atau anak, deh. Kapan hari aku ke Sumedang dari Bogor juga naik turun ojol, kereta, dan angkot. Bawa anak sih tapi cuma satu, jadi nggak terlalu ribet. Seru banget sensasinya. Anakku bolak-balik tanya kapan kami sampai. Kasihan sih sebenarnya. Apalagi di perjalanan pulang, kami harus menunggu kereta dari Bandung ke Gambir sekitar 4,5 jam gitu. Untung anaknya nggak rewel, hihihi ...

Pusat perbelanjaan Mal Detos di Jatinangor sebelah mana, sih? Waktu kesana kami mampirnya di Jatinangor Town Square (Jatos). Siapa tahu kalau kesana lagi bisa mampir belikan aksesoris BTS buat kakakku, hihihi ...

4. Walaupun rumah saya Di Bandung, belum satupun destinasi saya kunjungi nih
    Penyebab nya macet luar biasa, bikin males

5. Hiyaa samaan nih Mbak... Anak saya juga Army, nih br beli light stick nya huhuu...

Btw Detos Mall Depok Town Square kan ya,
    "Mall Detos sebenarnya tujuan utama kami melakukan traveling ini. Si bungsu pingin beli aksesori BTS, yang katanya cuma ada di mall yang lokasi nya di Sumedang"

Apa saya yg salah baca ya Mbak. Cmiiw
    Tfs yaa

BalasHapus
  6. Waktunya kurang ya mbak biar puas mah, apalagi di Bandung banyak nih yang seru - seru dan makanan enak hehe. Aku kaget baca angkot di PWK mahal bener >.<

7. Jakarta-Bandung-Sumedang tiga hari dieksplor, mayan juga ya Mbak Tati..mesti sambil lari-lari tapi hepii.
    Maknanan 150 ribu lengkap begitu bikin ngiler aku
    dan itu merchandise BTS selengkap ituuuh..wah, baru tahu kalau yang lengkap di sana

BalasHapus
  8. Sekarang transport Jakarta-Bandung udah makin enak ya karena keretanya fasilitatif dan nyaman. Kalo macet naik bus, atau capek nyetir sendiri, mending naik kereta, bisa nikmati pemandangan, nikmati setiap detik perjalanan. Duh, kangen juga shopping di Detos Bandung. Hehehe.

9. Ya ampun seneng banget mba Tati, rame banget
    ajak aku dong kapan2 hahaha. Seru apalagi bagian shopingnya.

BalasHapus
  10. Semoga bisa ada kesempatan jalan-jalan ke sana juga. Pastinya asyik sekali ya bisa mengunjungi banyak tempat yang menarik di Bandung. Kalau kayak gini mah kudu menyiapkan lebih banyak waktu biar puas jalan2nya

11. Liburan seruu banget ini dan asyik ramai-ramai.. Murah meriah pula. Sy lebih senang ke Bandung naik kereta apalagi sama anak-anak. Naik mobil beberapa kali kejebak macet yang mengerikan.. Hihi

12. Mau donk ke Bandung, ntr itinerary wajib sama, termasuk budget nya...terima kasih info shopping nya mba..udh aku Catet,tet....hihihi

BalasHapus
  13. Saya juga pernah tuh ke Farmhouse Lembang tahun 2016 lalu. Wahahha udah lumayan lama ya. Seru tempatnya, udara juga di sana adem. BTW itu penginapan 100rb per malah? Wahh hemat euy.

14. Wahh udah mupeng banget ini pengen ke Lembang, semoga liburan berikutnya bisa kesini

15. Sebagai army, aku jadi dapet rekomendasi tempat beli merchandise bts. Pankapan pengen ke sana jugaaa. Pengen borong. Nabung dulu tapih

BalasHapus
  16. Wuih keren banget deh. Bisa jalan-jalan eksplor banyak tempat dengan budget yang minim. Iya banget, harusnya bisa minimal seminggu tuh biar bisa puas

17. Tadinya aku bingung, Detos kok di Sumedang. Kan Detos itu di Depok Margonda. Depok Town Square. Eh taunya bagian belakangnya ada kata Mall-nya ya ampun maafin.

18. Kirain Detos cuma ada di Depok. Ternyata ada juga di Sumedang ya. Mayan nih, Mba travelingnya. Jadi bisa buat rekomendasi saya buat fam trip.

19. jadi pingin liburan juga ya, luar biasa tempatnya

20. Aku kayaknya ke sini tahun 2016an deh hahaha... udah lamabanget nggak ke Lembang