Sosialisasi Germas PAS Aplikasi Pintar Untuk Pecinta Kuliner

Wisata traveling secara langsung pasti akan melakukan wisata kuliner. Nah itu yang saya sering lakukan juga jika berkunjung ke suatu tempat. Apalagi pekerjaan saya yang tidak menetap. Misalnya, ketika ada pekerjaan di Bekasi, saya selalu senang mencari cemilan untuk dibawa pulang untuk anak-anak. Kadang sebelumnya searching di Google, kuliner apa saja yang enak dan murah.

Keamanan pangan dapat mencegah segala jenis penyakit 

Enak dan murah, dan promo hanya itu saja sih yang saya perhatikan. Workshop hari ini menyadarkan saya betapa pentingnya kebersihan dan keamanan pangan yang kita makan selama ini. Sosialisasi aplikasi Germas PAS yang diciptakan Agustus lalu,  mempermudah bagi kita pecinta kuliner yang ingin mencari pangan yang enak dan bersertifikasi.

germas pas
Sosialisasi Aplikasi Gerakan Masyarakat Pangan Aman Sehat (GERMAS PAS) 

Begitu banyak kasus penyakit yang berasal dari pangan yang kita konsumsi sehari-hari. Pangan yang tidak aman daat menyebabkan penyakit mulai dari diare ringan sampai kanker untuk kasus-kasus berat.  Beberapa penyakit bawaan pangan dapat menyebabkan infeksi atau keracunan sepanjang hidup.

Nah untuk keamanan pangan dapat mencegah segala penyakit. Namun mirisnya sumber keracunan paling besar ada pada rumah tangga. Semuanya harus ada kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan pengusaha.  Masyarakat pun harus lebih peduli lagi nih, terutama untuk penyedia makanan untuk keluarga.

Jadi kita harus jeli lagi untuk memilih tempat penyedia makanan siap saji. Hari bersertifikat, dan perlu diperhatikan sertifikat pun ada expirednya loh. Jika pemilik restonya berganti kepemilikan atau pindah maka otomatis sertifikat sudah tidak berlaku lagi.

Aplikasi Germas PAS download di Android kamu

aplikasi germas pas
Download aplikasi Germas PAS Di android kamu 

Sekarang sih udah gak usah khawatir lagi, karena sudah ada aplikasi GERMAS PAS yang sudah bisa Di download di Android kamu nih readers.  Aplikasi Germas PAS merupakan sistem aplikasi berbasis mobile yang bertujuan sebagai panduan dan informasi kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan untuk memilih tempat makanan yang sudah BERSERTIFKASI melalui basis data yang update dan akurat yang dapat diakses dalam gengaman tangan.

Penggolongan Jasa boga ada tiga yaitu

-Jasa Boga golongan A yang melayani kebutuhan masyarakat umum 
-Jasa Boga golongan B, melayani kebutuhan masyarakat dalam kondisi tertentu (asrama haji,  industri, pabrik, pengeboran lepas pantai, angkutan umum dalam negeri selain pesawat udara Dan Fasyankes
-Jasa Boga golongan C,  melayani kebutuhan masyarakat di dalam alat angkutan umum international dan pesawat udara. 

Tanggung jawab penyelenggaraan kegiatan pada tiap rantai pangan

-Pengelolaan pangan pada tiap rantai sesuai ketentuan
-Keamanan pangan dalam pengelolaan pangan
-Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Pangan
-Minimalisasi penyakit bawaan pangan KLB kerpang
Untuk masalah keamanan pangan ini pun diatur dalam permenkes.

kemenkes
Sosialisasi Aplikasi Germas PAS bersama BloggerCrony Community dok. BloggerCrony Community 

PP Nomor no. 28 that 2004 tentang Keamanan, Mutu Dan Gizi Pangan 

Keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat menganggu merugikan dan membahayakan kesehatan manusia.

Pangan siap saji adalah makanan dan/atau minuman yang sudah diolah dan siap untuk langsung disajikan ditempat usaha atau diluar tempat usaha atas dasar pangan.

Permenkes no. 2 tahun 2013 tentang  KLB Keracunan Pangan

Suatu kejadian dimana terdapat 2 (dua) orang atau lebih yang menderita dengan gejala yang sama atau hampir sama setelah mengkonsumsi pangan atau berdasarkan analisis epidemiologi pangan tersebut terbukti sebagai sumber keracunan.

Nah semua ini gak main-main loh..jika terdapat kejadian tersebut bisa langsung melaporkannya kepada pihak terkait. Semoga bermanfaat ya tulisan ini.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara

CINTA YANG TERPENDAM