Manfaat Jalan Kaki Tiap Hari Untuk Kesehatan

Jalan kaki setiap pagi merupakan rutinitas yang saya lakukan setiap hari. Selain sebagai ibu rumah tangga, profesi sebagai freelancer dengan lokasi tempat bekerja tidak menetap. Sehingga yang di lakukan adalah harus cek di google map dulu sebelum berangkat ke lokasi. Biasanya keyika menerima job, saya langsung cek apakah lokasi dekat dengan stasiun atau halte Transjakarta. Dan berapa jarak antara lokasi dengan halte atau stasiun.

Biasanya kalau masih kurang dari satu kilo, pasti saya lebih memilih jalan kaki ke lokasi. Terus terang saya lebih suka jalan kaki, hobi ini sudah sejak saya remaja dulu.  Jalan kaki itu selain membuat tubuh tetap bugar,  tanpa kita sadari juga membuat hati bahagia. Saya bisa menikmati pemandangan rutinitas dan kendaraan yang berlalu lalang.

hindari stroke dengan jalan kaki tiap hari
Cegah Stroke dengan jalan kaki tiap hari

BPTJ mengkampanyekan Gerakan Jalan Hijau

Nah BPTJ menyelenggarakan Kampanye Jalan Kaki dan Naik Angkutan  Umum Massal Menuju  Transportasi  berkelanjutan, untuk mengajak masyarakat dengan melakukan kegiatan dengan berjalan kaki. Badan Pengelola Transportasi (BPTJ)  Kementerian Perhubungan dalam kamanye "Gerakan Jalan Hijau". Ini adalah kampanye untuk mendorong masyarakat menggunakan angkutan umum massal dilanjutkan dengan aktivitas berjalan kaki sebagai pilihan utama dalam bertranspotasi sehari-hari di Jabodetabek. 

Kata "hijau" mewakili makna Go Green yang dalam konteks transportasi perkotaan ramah lingkungan dimana, naik kendaraan umum berarti membantu mengurangi polusi, berjalan kaki berarti berolahraga menyehatkan tubuh.
Untuk itulah pada tanggal 19-22 Agustus 2019, BPTJ akan memberikan apreasiasi dengan memberikan souvenir kepada para pengguna kendaraan umum dan pejalan kaki di beberapa lokasi terminal dan stasiun di Jabodetabek.

jalur hijau
Dalam Kampanye "Jalur Hijau" ini BPTJ sejak tanggal 19-22 Agustus 2019 kemarin membagikan souvenir dibeberapa stasiun dan terminal 

Sebenarnya kalau menggunakan angkutan umum massal hemat uang dan waktu juga tidak perlu memikirkan uang parkir  atau uang bensin. Meski saya mempunyai sepeda motor tapi saya lebih nyaman naik Transjakarta atau communeter line. Apalagi jarak lokasi dekat dengan stasiun atau halte. Selain itu dengan berjalan kaki tiap hari, banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita. 

Manfaat jalan kaki untuk tubuh

-Menurut penelitian Harvard Medical School, meneliti 459.883 orang responden menemukan bahwa mereka yang berjalan kaki dapat mengurangi resiko Kardiovaskular hingga 31%
-Saat berjalan kaki,  tubuh akan menggerakkan sekitar 200 otot untuk setiap langkah kaki, walaupun setiap orang akan memiliki jumlah berbeda disebabkan kekhasan anatomi tubuh. 
-Berjalan kaki idealnya dilakukan selama 30 menit dalam sehari.  Berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kreatifitas 60%.
-Jalan kaki setiap hari dapat mengurangi resiko stroke 20-40%
-Studi American Cancer Sociaety menemukan, wanita yang berjalan selama tujuh jam atau lebih dalam seminggu memiliki resiko kanker payudara 14 persen lebih rendah dari pada mereka yang berjalan kurang dari tiga jam perminggu
-Berjalan kaki juga dapat membuat pikiran seseorang menjadi jernih,  jalan kaki merupakan sarana meditasi untuk orang-orang yang gemar dengan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan relaksasi
-Rutin berjalan kaki selama 10 menit dalam seminggu akan membakar kalori dalam tubuh
-Sebuah studi pada 1000 pria dan wanita menemukan, mereka yang berjalan setidaknya 20 menit perhari selama minimal lima hari seminggu, memiliki kecenderungan sakit 43% lebih rendah

bptjkalau dekat jalan kaki aja,  dengan berjalan kaki kita membantu mengurangi polusi udara akibat kendaraan bermotor 

Begitu banyak manfaat dengan berjalan kaki yang semuanya sangat menguntungkan bagi kesehatan. Bukan saja jalan kaki yang bermanfaat tetapi dengan menggunakan angkutan umum setiap hari, membantu mengurangi polusi dan tingkat kemacetan akibat volume kendaraan di ibukota. Semoga dengan berlangsung nya kampanye ini lebih banyak lagi masyarakat yang peduli akan kesehatan dan lingkungan. 

Yuk gunakan angkutan umum massal dan lanjutkan dengan berjalan kaki tiap hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara

Harga Teman Giant Untuk Produk Favorit Pelanggan