Dompet Dhuafa Tebar Hewan Kurban Ke Daerah Terdampak Akibat Bencana Dan Lima Negara Yang Mengalami Konflik

Setiap kita adalah IBRAHIM
Dan setiap "Ibrahim" punya "Ismail" Ismailmu mungkin "Hartamu"
Ismailmu mungkin "Jabatanmu"
Ismailmu mungkin "Gelarmu"
Ismailmu mungkin "Egomu"

Ismailmu adalah sesuatu yang kau "Sayangi" dan kau "Pertahankan" didunia ini..

Ibrahim tidak diperintahkan Allah untuk membunuh Ismail... Di
Ibrahim hanya diminta Allah untuk membunuh rasa "Kepemilikan" terhadap Ismail. Karena hakekatnya semua adalah milik Allah..

Semoga Allah SWT anugerah kan KESHOLEHAN Nabi Ibrahim dan KEIKHLASAN Nabi Ismail kepada kita semua, agar kita bisa mengaplikasikan dalam kehidupan kita... Aamiin

Setiap umat muslim yang mampu di wajibkan berkurban

idul adha 1440 h
Dompet Dhuafa Tebar Hewan Kurban ke 24 propinsi, ke daerah terdampak akibat bencana dan 5 negara yang sedang mengalami konflik

Bagi umat muslim yang mampu diwajibkan untuk menyembelih hewan kurban setiap tahunnya. Jika tidak mampu menyembelih satu hewan kurban perorang, bisa menyembelih hewan kurban untuk sekeluarga. Itu yang saya dengar dari kajian Ustadz Adi Hidayat di channel YouTube nya Al-Akhyar.

Dulu saya beranggapan keliru, jika sudah berkurban sekali maka cukuplah. Namun itu tidak benar, yang dicontohkan oleh Nabi besar junjungan kita Muhammad saw adalah menyembelih hewan kurban setiap tahunnya. Jika memang tidak ada, maka cukuplah satu hewan kurban untuk sekeluarga. Diniatkan untuk nama kepala keluarga nya selanjutnya sebutkan nama keluarganya.
hewan sah kurban
Terkumpul 65 ekor domba di Zona Madina Parung

Dengan berkurban kita belajar ikhlas dan peduli terhadap sesama. Setahun sekali kita bisa berbagi kebahagiaan kepada sesama. Berkurban pun bisa dengan menyembelih sendiri, di serahkan ke masjid atau melalui kurban online di Dompet Dhuafa. 10 Dzulhijah 1440 H kemarin yang jatuh pada hari Minggu, saya berkesempatan melihat langsung penyembelihan hewan kurban Dompet Dhuafa di Zona Madina Parung.

Hewan-hewan kurban yang akan disembelih pun sehat-sehat dan bersih-bersih. Pak Ustadz yang menyembelih pun begitu terampil dengan pisau yang sangat tajam. Dengan membaca Bismillah dan diiringi takbir, hewan kurban langsung mati dengan sekali seset. Terkumpul 65 ekor hewan kurban di Zona Madina Parung.

Himpunan Kurban THK Dompet Dhuafa Lampaui 20 Persen

Dompet Dhuafa telah menghimpun hewan Kurban sebanyak 22.300 ekor dari seluruh Indonesia. Dibandingkan tahun lalu, hari pertama penyembelihan saja, angka ini naik 27 persen. Tahun lalu hingga hari terakhir tasyrik Dompet Dhuafa hanya menerima 18.558 ribu ekor saja. Progress penghimpunan kurban secara nasional hingga siang ini adalah sebesar 20 persen dibanding dengan tahun lalu, papar Tri Estriani selaku Ketua Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa.

Lalu bagaimana dengan penyebaran nya???

Berdasarkan data distribusi yang dihimpun oleh tim Dompet Dhuafa, bahwa sebaran alokasi atau pembagian daging kurban hingga ke Penerima Manfaat melingkupi 25 Provinsi di Nusantara dan 5 negara yang mengalami konflik kemanusiaan yaitu: Palestina, Myanmar, Kamboja, Vietnam dan Filipina. Untuk di dalam negeri, kami juga melakukan penyebaran pada berbagai daerah yang terdampak akibat bencana yaitu: Palu, Lombok, Konawe, Banten,  dan Halmahera.

dompet dhuafa tebar hewan kurban
Pendistribusian daging kurban pun memakai bahan alami sehingga ramah lingkungan
 Jika dibandingkan dengan sebaran tahun lalu, maka pelaksanaan di tahun ini mengalami penambahan 2 provinsi di dalam negeri, dimana pada realisasi tahun lalu, kita mendistribusikannya ke 23 provinsi.

Sumber pengadaan hewan kurban Dompet Dhuafa adala para mitra yang merupakan hasil dari pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan telah melewati tahapan seleksi, serta pendampingan oleh tim program Dompet Dhuafa.

hewan kurban
Pembagian hewan kurban oleh Pak ustadz pada penerima manfaat ibu Jannah 82 tahun

Kemudian, satu hal yang menjadi terobosan pelaksanaan program kurban tahun ini adalah pembagiannya meniadakan pemakaian wadah plastik sebagai kemasan distribusi dan menggantinya dengan bahan-bahan yang alami, sehingga lebih ramah lingkungan. Bahan-bahan ini adalah besek bambu, keranjang bambu, krengsong bambu, daun jati, daun pisang, daun pandan dan lain-lain.  Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran limbah plastik yang dapat merusak lingkungan, tutup Tri.

domba
Di Zona Madina terkumpul domba jenis premium bahkan ada yang super premium

Hewan-hewan kurban yang akan disembelih pun sebelumnya diperiksa dulu sesuai dengan syariat hukum kurban. Saya melihat domba-domba di Zona Madina sehat dan juga bersih juga tanduknya sudah melingkar. Domba yang disembelih pun termasuk jenis premium dengan kisaran berat 29-35kg bahkan ada yang super premium.

Pada hari itu juga hadir pemain FTV
Irvan Farhad bersama istri dan anaknya yang mempercayakan kurban online melalui Dompet Dhuafa.

kurban online
Irvan Farhad dan istrinya Hamidah Rachmayanti yang kurban online di Dompet Dhuafa

Semoga pahala berkurban kita diterima oleh Allah SWT. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Harga Teman Giant Untuk Produk Favorit Pelanggan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara