Dompet Dhuafa Tebar Hewan Kurban Ke Wilayah Terdampak Bencana

Berkurban adalah salah satu ibadah yang dianjurkan untuk umat muslim. Dengan berkurban kita semua merayakan Hari Raya Idul Adha, dimana semua merayakan. Baik orang miskin maupun orang kaya bersama-sama merayakannya. Dengan membagi-bagikan daging kurban, semua umat muslim bisa merasakan kenikmatan daging kurban.

Nabi Muhammad Saw, menyembelih hewan kurban setiap tahunnya. Saya mendengar tausyiah dari salah satu ustadz, satu hewan kurban, bisa diniatkan untuk satu keluarga. Selama ini yang saya tahu hanya satu ekor kambing untuk satu orang, dan sapi untuk tujuh orang. Setelah mendengar penjelasan dari pak ustadz, saya jadi cukup mengerti. Jadi sebenarnya berkurban kalau bisa setiap tahun, tanda kita mensyukuri nikmat Allah SWT.

hewan kurban
Dengan berkurban kita berbagi kebahagiaan terhadap sesama

Semakin bertambahnya kemajuan teknologi, berkurban pun sekarang bisa melalui media online atau pada sebuah lembaga. Kita pun tidak perlu repot-repot memilah hewan kurban atau menyalurkannya. Dompet Dhuafa sebuah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welas asih) dan wirausaha sosial.

Dompet Dhuafa sudah memberikan berkontribusi selama 26 tahun, sehingga sudah cukup berpengalaman melayani bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Rabu kemarin (10/07/2019) saya, teman-teman blogger dan awak media diajak berkunjung ke Saung Ternak Kahadean desa Cibeber kab Cianjur yang merupakan binaan dari Dompet Dhuafa. Kang Saiful salah satu peternak binaan ini, berbagi pengalaman hingga menjadi uang sekarang ini. Dulu Dompet Dhuafa memberikan 50 ekor domba, setelah mendapat edukasi dan binaan dari Dompet Dhuafa domba yang dimiliki nya bertambah menjadi 300 ekor.

Nonton keseruan kami di Desa Cibeber ya

Melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa sudah mengamankan pasokan hewan kurban, lengkap dengan standar memadai, berkualitas hingga harga terjangkau. Hewan yang dikurbankan memiliki beberapa persyaratan standar. Hewan sebelum dikurbankan akan di periksa kesehatan nya secara berkala, bulunya akan dicukur sebulan sekali dan akan dimandikan seminggu sekali.

Sebenarnya berkurban melalui lembaga memiliki nilai istimewa. Nilai utama berkurban melalui lembaga yaitu kesehatan ternak terjaga, mutu dan kualitas teruji, daging-daging kurban tersalurkan secara tepat, sesuai tujuan hingga menumbuhkan perekonomian para peternak kecil yang telah menjadi mitra THK Dompet Dhuafa.

hewan kurban
Semua hewan yang akan dikurbankan di cek kesehatan nya secara berkala, bobotnya minimal harus 23 kilo sampai 27 kilo 

Menurut paparan dari drg. Imam Rulyawan, MARS selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi pada kunjungan ke Saung Ternak Kahadean " Tahun ini Dompet Dhuafa menargetkan kurban sebanyak 30.000 ekor dan pendistribusian nya menjangkau 34 Provinsi di Indonesia, termasuk juga wilayah terdampak bencana seperti Palu, Lombok, Banten,Samarinda  dan Konawe.

Selain itu, Dompet Dhuafa mendistribusikan hewan kurban ke tujuh negara seperti Timor Leste, Filipina, Myanmar, Vietnam, Palestina, Thailand, dan Bangladesh. Pengadaan hewan kurban telah memenuhi standar dan mutu kualitas, termasuk kesehatan hewan kurban yang terseleksi tim Quality Control (QC). Jadi melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan sudah melewati tahapan seleksi. Kemudian para peternak dapat memastikan kualitas hewan kurbannya karena ada pendampingan dari tim program Dompet Dhuafa. "ujar drg. Imam Rulyawan.

Program Kampoeng Ternak Nusantara (KTN) sebagai upaya lembaga untuk memasarkan hewan ternak dari peternak lokal. Jadis selain untuk mengangkat ekonomi peternak lokal, dengan berkurban melalui Dompet Dhuafa pun syarat hewan kurban menurut syariat Islam pun terjamin. Terkait penyaluran Dompet Dhuafa memiliki data penyaluran dan penerima manfaat dengan detail. Sistem digitalisasi pengelolaan zakat lebih memudahkan lembaga filantropi Islam tersebut dalam pengelolaannya.

hewan kurban
Semua hewan kurban akan diseleksi kesehatan dan telah memenuhi standar dan mutu kualitas

Melalui #JanganTakutBerkurban untuk berkurban melalui Dompet Dhuafa bisa melalui kanal-kanal kemudahan layanan berkurban seperti QR Code, payment online, e-commerce, jemput kurban dan masih banyak lagi. Yuk... Berkurban berbagi untuk sesama.




Komentar

  1. Kambing sehat dan terawat menjadi salah satu syarat. Maem makanan kambing dengan rerumputan supaya bobot naik

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Harga Teman Giant Untuk Produk Favorit Pelanggan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara