Tips Sehat Mudik Aman Dan Selamat

Mudik merupakan tradisi sejak dahulu, yang terjadi di saat menjelang lebaran. Meski mereka harus mengalami kemacetan di jalur saat mudik, tapi itu tidak menyurutkan semangat mereka untuk menuju kampung halamannya. Untuk yang menggunakan transportasi umum, seperti pesawat atau kereta pun dengan rela membeli tiket tiga bulan sebelum hari keberangkatan.

Makanya tiket mudik pun bisa dalam sekejap habis, apalagi yang promo. Bagi yang memilih naik bus, biasanya lebih santai dan tiket pun bisa beli mendadak. Namun ada hal yang harus dilewatinya saat diperjalanan nanti. Mereka dengan sabar menikmati perjalanan mudik dengan kemacetan.

mudik bareng
Ngabuburit Sehat bareng Menkes & Menhub dihadiri oleh Ibu Nila Moeloek Menteri Kesehatan dan Bapak Direktur Jenderal Kesehatan Dr. Bambang Wibowo.

Tips Mudik Sehat dan Aman

Kemarin, 28 Mei 2019 saya mengikuti Ngabuburit sehat bareng Menkes dan Menhub. Ngabuburit kali ini mengangkat tema Mudik Aman, Selamat, Sehat sampai tujuan. Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI Ibu Nila Moeloek, dan Bapak Direktur Jenderal Kesehatan Dr. Bambang Wibowo.

Ibu Menteri memaparkan tips mudik aman dan sehat. 5 tips Mudik Aman, Selamat, dan Sehat sampai tujuan dari Menteri Kesehatan:
1. Periksa kesehatan
2. Periksa kendaraan
3. Jaga makanan
4. Istirahat jika lelah atau ngantuk.
5. Jaga emosi dan konsentrasi

tips mudik sehat dan aman
Tips mudik sehat dan aman selamat.

Kata Bu Menteri, sebaiknya seminggu sebelum mudik melakukan cek kesehatan, dan jangan lupa bawa kartu JKN saat mudik ya. Kartu JKN bisa digunakan saat mudik di seluruh Indonesia yang bisa dimanfaatkan dalam keadaan kesehatan darurat. Untuk ibu-ibu tugasnya adalah menyiapkan bekal untuk mudik. Nah ingat ya Bu, hindari makanan yang mengandung santan dan pedas.

Siapkan juga kotak p3k dikendaraan atau di tas, misal obat anti mabuk, minyak kayu putih, balsem, Paracetamol dan lainnya. Ngabuburit Sehat juga dihadiri oleh Vlogger otomotif Fitria, menyarankan "jika kita melihat supir sudah mengantuk sebaiknya penumpang sebelahnya mengingatkan atau diajak ngobrol-ngobrol iseng dengan tema yang ringan saja".

tips mudik sehat aman dan selamat
Tips sehat untuk mudik aman dan selamat

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi atau umum bisa memanfaatkan rest area yang berada di 4000 titik sekitar tol. Untuk pengendara sebaiknya tidak memaksakan diri, jika sudah mulai lelah sebaiknya istirahat. Pilih waktu berangkat yang dengan waktu biasa kita beraktivitas. Habis sahur bisa menjadi waktu yang tepat, untuk berangkat mudik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara

Harga Teman Giant Untuk Produk Favorit Pelanggan