Siapkan Dulcolax Agar BAB Tetap Lancar Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan ramadhan dan siap menjalankan ibadah puasa. Bulan yang penuh berkah ini, disambut dengan gembira karena dibulan suci ini semu amal perbuatan yang diniatkan karena Allah swt, akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Saya pun dengan penuh suka cita menyambutnya. Dan sebaiknya kita menjaga kesehatan agar ibadah tidak terganggu oleh penyakit.

dulcolax atasi sembelit
Dulcolax atasi sembelit susah BAB

Oh iya saya mau bercerita sedikit, tentang masalah yang saya alami saat berpuasa. Saat tiba berpuasa saya mengalami BAB yang tidak lancar dan sembelit. Biasanya BAB saya lancar, mungkin karena siklus dan pola makan yang berubah saat puasa, sehingga membuat pencernaan saya tidak lancar. Biasanya setiap hari BAB tetapi saat berpuasa bisa 3 hari sekali. Kalau BAB pun harus mengejan atau ditekan dan sesudah lubang dubur pun suka perih.

Ternyata bukan jam makan saja yang mempengaruhi BAB tidak lancar, tetapi memang pola makan saya yang berubah dan tidak terkontrol. Saat sahur tidak makan sayur dan berbuka lebih banyak makan gorengan kadang bablas tidak makan nasi. Sahur pun makan cuma sedikit dan itu pun sisa dari anak-anak yang tidak habis makannya.

Dulcolax atasi sembelit dan lancarkan BAB

Kemarin menjelang puasa tiga hari lagi (3/05/2019), saya menghadiri talk show yang diselenggarakan oleh Dulcolax yang dalam rangka menyambut World Digestive Health Day (Hari Kesehatan Pencernaan Sedunia)  mengundang Nycta Gina dan dr Riana Nirmala Wijaya (Sanofi Medical Expert) dan Debi Widianti (Senior Brand Manager Dulcolax) sebagai nara sumber pada acara tersebut di Jakarta.

dulcolax
Narasumber dari ki-ka Debi Widianti (Senior Brand Manager Dulcolax), Nycta Gina (Mama Dul), dr Riana Nirmala Wijaya ( Sanofi Medical Expert)

Untuk menyambut datangnya ramadhan dan agar menjalankan dengan tenang, sebaiknya tetap mengonsumsi serat dan perbanyak minum air putih. Makan buah dan sayur adalah kunci utama untuk mengatasi sembelit membuat BAB keluar dengan lancar tanpa mengejan.

Kalau pun masih kesulitan BAB atau sudah berhari-hari tidak BAB, #janganbiarkannumpuk ya. Ada baiknya dibantu dengan Dulcolax pencahar yang sudah 30 tahun berpengalaman dalam bidangnya. Seperti yang dokter Riana jelaskan, bahwa sembelit yang kelamaan juga bisa mengakibatkan ambeyen. BAB di sertai dengan keluarnya darah segar. Sembelit juga bisa diakibatkan oleh stres.

Nycta Gina pun membagikan pengalaman nya. Sewaktu dia hamil dulu pun pernah mengalami sembelit dan sampai mengoreknya dengan jari, saking susahnya keluarnya. Dia juga menggunakan Dulcolax karena terbukti aman untuk wanita hamil.

Apa penyebab Sembelit???

Sembelit adalah kondisi yang dapat terjadi karena kotoran bergerak lebih lambat dari biasanya, sehingga kotoran menjadi lebih keras dan kering. Beberapa penyebab sembelit yaitu:
- Kurangnya konsumsi serat
- Kurang beraktivitas fisik atau duduk terlalu lama
- Sedang hamil
- Sedang stres s atau mengalami perubahan lingkungan
- Penyakit tertentu yang dapat menyebabkan sembelit seperti diabetes, hipotiroid, hipertiroidisme, Parkinson, stroke, atau multipleks sclerosis
- Penyumbatan pada usus yang disebabkan karena kanker colorectal, kanker perut atau disita anal.
- Beberapa obat dapat menyebabkan sembelit seperti obat-obatan anti nyeri, antihistamin dan anti-depresan.

tips melancarkan bab
Dulcolax tersedia dalam tablet, supsitori dan sirup #JanganBiarkanNumpuk

Meskipun begitu ada cara untuk mengatasi sembelit atau konstipasi (susah buang air besar).

Sebenarnya cukup mudah untuk mengatasi sembelit adalah dengan mengubah gaya hidup seperti:
- Banyak berolahraga ( minimal beberapa kali dalam seminggu)
- Minum lebih banyak air putih (1,5 sampai 2 liter per hari)
- Konsumsi lebih banyak serat
- Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran seperti bayam, pepaya atau pisang dan 
- Hindari stress

Jika cara tersebut masih tidak berpengaruh atau berefek. Ada baiknya minum obat laksatif (pelancar BAB) tanpa resep. Beberapa laksatif yaitu:
- Suplemen serat, obat yang berisi psyllium, metilselulosa, yang membantu mempercepat keluarnya BAB
- Stimulan seperti bisacodyl
- Laksatif osmotik
- Lubrikan (pelumas). Laktasif ini berisi mineral yang membantu BAB melewati usus besar lebih mudah.
- Pelunak feses. Laktasif ini membantu melunakkan BAB

Manfaat Dulcolax untuk konstipasi

Debi Widianti selaku Senior Brand Ambasador Dulcolax memaparkan Dulcolax aman untuk semua usia dan sudah terdaftar BPOM. Dulcolax adalah merek obat pencahar stimulan yang digunakan untuk melancarkan buang air besar. Dulcolax mengandung bahan aktif Bisacodyl yang merupakan senyawa organik yang sering digunakan untuk mengatasi sembelit.

dulcolax obat pencahar mengandung bisacodyl
Selalu sedia Dulcolax dirumah dan jangan lupa bawa saat mudik nanti nanti untuk jaga-jaga

Manfaat Bisacodyl ini adalah untuk memberikan rangsangan pada usus besar agar dapat mengeluarkan kotoran. Obat ini memberikan rangsangan pada saraf dalam sistem pencernaan yang mengakibatkan terjadinya kontraksi di usus besar atau kolon. Nah manfaat Dulcolax sendiri adalah sebagai berikut:
- Mengatasi sembelit atau konstipasi (susah buang air besar)
-  Mengosongkan perut sebelum operasi atau pemeriksaan usus.
- Melunakkan feses untuk mengurangi rasa sakit pada hemoroid ( wasir ).

Dulcolax tersedia dalam tablet, supsitoria dan sirup. Semoga bermanfaat artikel ini dan bila terus berlanjut sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Harga Teman Giant Untuk Produk Favorit Pelanggan

CINTA YANG TERPENDAM