Sangobion Femine MenstruPain Mengurangi Rasa Nyeri Saat Datang Bulan

Kodrat perempuan ada empat yaitu Menstruasi, Mengandung, Melahirkan dan Menyusui. Perempuan yang sudah baliq /pubertas ditandai dengan menstruasi, kalau kata orangtua sih dosa nya udah di catat. Kalau di ingat dulu saat umur 12 tahun, saya baru mendapatkan haid. Waktu itu ada bercak hitam di celana, tapi saya sih gak kaget karena sudah lihat sepupu yang sudah menstruasi. Heran juga sih lihat dia kalau mau menstruasi pasti menyediakan herbal untuk mengurangi rasa sakit.


Dia kalau haid sampai perutnya sakit bagaikan di pelintir, dan kadang sampai menangis. Bingung juga sih melihatnya, tadi nya saya pikir akan merasakan hal yang sama. Ternyata saat saya haid hanya pegal-pegal biasa aja, itu pun hanya pada hari pertama hari berikutnya sudah gak sakit lagi. Kata nya itu sumilangeun (berasal dari bahasa sunda). Saat haid tubuh akan mengeluarkan zat kimia yang memicu rasa nyeri tersebut, itu juga memproduksi set bahan kimia yang dikenal sebagai prostaglandin.


Prostaglandin mendorong otot-otot rahim untuk berkontraksi lebih lanjut, sehingga meningkatkan rasa sakit. Jadi, dengan kata lain apabila produksi prostaglandin semakin tinggi, maka rasa nyeri juga akan semakin meningkat. Itulah yang dapat menyebabkan rasa nyeri saat haid pada wanita. Sedangkan penyebab lain yang dapat melatar belakangi rasa nyeri saat haid adalah sumilangeun yaitu masalah medis (dismenorea sekunder).

Penyebab Sumilangeun atau rasa nyeri saat haid mungkin disebabkan oleh masalah medis antara lain:

-Endometriosis adalah sel garis rahim yang biasanya mulai tumbuh di tempat lain dalam tubuh, biasanya disaluran tuba dan ovarium. Ketika sel-sel ini tumpah dapat menyebabkan rasa nyeri

-Fibroid yaitu kondisi ini terjadi ketika tumor non-kanker tumbuh dalam rahim, yang dapat membuat menstruasi teras berat dan menyakitkan.

-Penyakit radang panggul- akibat penyakit radang panggul, rahim, saluran tuba dan ovarium menjadi terinfeksi dengan bakteri, sehingga menyebabkan peradangan dan rasa nyeri.

-Adenomiosis adalah jaringan garis rahim yang biasanya mulai tumbuh di dalam otot dinding rahim, membuat menstruasi menjadi menyakitkan.

-Alat Kontrasepsi (IUD) - Ini adalah bentuk kontrasepsi yang terbuat dari tembaga atau plastik,nyang cocok didalam rahim, namun kadang-kadang dapat menyebabkan nyeri saat haid,nterutama dalam beberapa bulan pertama setelah di masukkan.

-Mutilasi alat kelamin perempuan (FGM)- praktik ilegal dimana alat kelamin wanita yang sengaja dipotong atau diubah untuk alasan budaya, agama dan sosial.

Bersama si bungsu menghadiri Sangobion Femine MenstruPain Community Garhering

Sabtu lalu (16/12/2017) saya berkesempatan menghadiri Sangobion Femine MentruPain Community Gatrhering yang diselenggarakan oleh Sangobion Femine MenstruPain bersama Komunitas Emak-Emak Blogger. Gathering kali ini mengangkat tema "Obrolan Awal Menstruasi Antara Ibu dan Anak" #MenstruTalk . Acara ini juga di hadiri Elizabeth Santosa M.Psi, Psi, ACC., Psikolog Ahli di Bidang Perempuan, Anie Rachmayani, Associate Marketing Director Consumer Health, PT Merck Tbk, dr, Yoska Yasahardja selaku Mesical Manager Consumer Health PT Merck Tbk.


dr. Yoska Yasahardja menjelaskan menstruasi memiliki beberapa periode.

Sangobion Femine MenstruPain bekerjasama dengan Female Daily Network (salah satu komunitas wanita tebesar di Indonesia), melakukan survey pada ibu-ibu di Indonesia. Dari hasil survey tersebut ditemukan fakta bahwa Ibu merupakan sumber informasi pertama bagi perempuan-perempuan muda Indonesia, terutama saat mereka memasuki masa perubahan besar dalam hidupnya. Termasuk saat mereka memasuki hari pertama mengalami menstruasi.

Periode-periode saat haid

Pada survei bulan November 2017 kepada lebih dari 1000 remaja perempuan Indonesia, bahwa 70.7% memperoleh informasi pertama mengenai menstruasi dari Ibu, 64,7% perempuan Indonesia merasa nyaman untuk berdiskusi mengenai menstruasi dan reproduksi dengan Ibu dan 27,3% di antaranya merasa lebih nyaman untuk membicarakan perihal topik tersebut dengan teman mereka. Fakta menarik lainnyabditemukan bahwa perihak sanitasi ketika menstruasi (67,7%), fakta dan mitos mengenai menstruasin(65,9%), dan tips untuk mengutangi rasa sakit saat menstruasi (54,9%) menjadintiga topik utama yang paking dibicarakan Ibu dan anak remaja perempuannya.

dari kiri dr. YoskaYasahardja, Novita Angie, Ibu Afi, Elizabeth Santosa M.Psi, Psi, ACC, AnieRachmayani, Mr. Holger

Saya mempunyai dua orang putri yang sedang memasuki masa remaja. Putri pertama dan kedua saat mendapatkan haid pertama pada usia 12, sama seperti Saya dulu. Tetapi putri kedua saya ketika sedang haid merasakan sakit perut yang menyakitkan, makanya ketika dia haid perutnya selalu diikat dengan kain untuk mengurangi rasa sakit. Kalau kakaknya sih biasa aja dan si dede lebih lama lagi waktunya sampai 7 hari. Darah yang dikeluarkan pun lebih banyak, makanya saat haid dia bisa memakai pembalut sampai 1 pak selama haid.

Ketika si kakak mendapatkan haid, saya sih menjelaskan sampai mendetail, karena bagi saya memberitahukan hal yang dianggap tabu pada anak mengurangi resiko pelecehan sek pada anak-anak. Mereka jadi tahu sebab, akibat dan bagaimana bisa terjadi kehamilan. Selebihnya mereka mengetahui dari temannya yang kebetulan sudah mendapatkan haid.
Jika si dede sangat subur, sedangkan si kakak mengalami haid yang tidak teratur dikarenakan memderita hypertiriod, menyebabkan hormon menjadi tidak stabil.
Baca juga Tiriod bukan penyakit menular namun bisa mematikan

Elizabeth Santosa M.Psi, Psi, ACC Psikolog Ahli di Bidang Perempuan menjelaskan "Memasuki masa pubertas, dimana untuk perempuan, ditandai dengan menstruasi merulakan hal yang besar bagi kenpbanyakan remaja perempuannya. Diperlukan sosok yang paling dipercaya oleh para remaja untuk mendampinginya memasuki masa penting ini. Disinilah peranan Ibu yang tak tergantikan dan juga sebagainwujud ikatan antara Ibu dan anak perempuannya. Masing-masing Ibu dan anak remaja perempuan memiliki wujud ikatan yang beragam. Bagaimana pun juga, tetap diperlukan adanya pembicaraan dari hati ke hati, termasuk membahas seputar menstruasi dan reproduksi. Para Ibu perlu memperhatikan timing dalam menyampaikan informasi mengenai hal ini kepada anak remajanya. Para Ibu baiknua memulai #MenstruTalk sebelum anak mengalami hari pertama menstruasi.

Sangobion Femine MenstruPain adalah kapsul herbal untuk meredakan sakit pada saat datang bulan. Sebaiknya di minum sebelum datang bulan, sehari/dua hari sebelumnya secara teratur 1× sehari. Seperti yang dijelaskan oleh dr. Yoska, masing-masing perempuan berbeda-beda fisiologinya walaupun mereka saudara.

Anie Rachmayani, Associate Matketing Director Consumer Health, Pt Merch Tbk. Menjelaskan "Memperingati Hari Ibu Nasional, Sangobion Femine MenstruPain turut mendukung peran penting para Ibu Indonesia, sebagai sumber informasi bagi anak remaja perempuannya, terutama seputar mensttuasi dan reproduksi, melalui sesi #MenstruTalk bagian dari rangkaian kampanye #Menstruactive.

dr. Yoska pun menjelaskan siklus mentruasi yang terbagi 4 periode, dan juga memberikan beberapa tips mengatasi ketidak nyamanan disaat menstruasi yaitu;
-Tetap olahraga teratur
-Relaksasi
-Memperhatikan asupan makanan, perbanyak makanan yang mengandung garam. Hal ini karena garam membuat kondisi badan semakin membengkak karena banyak kandungan air  yangbtertahan dibadan
-Perbanyak makan sayur dan buah yang akan meningkatkan vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

Para Ibu juga dibagikan #Menstrubracelet sebagai alat edukasi dengan cara menyenangkan yang merupakan gelang berwarna--warni yang mewakili simbol-simbol siklus menstruasi

Menstruasi terbagi 4 periode yaitu

■ Periode Merah (Menstruasi)
Menstruasi adalah suatu keadaan normal dimana terjadi peristiwa pengeluaran darah, lendir, dan sisa-sisa sel secara berkala yang berasal dari lapisan dinding rahim dan terjadinrelatif teratur mulai dari masa pubertas hingga masa menpause.
Pada umumnya periode menstruasi sekitar 4-6 hari, tapi 2-9 hari masih dianggap normal.
Yang terjadi pada tubuh: keluar darah rata-rata 30-70ml, volume darah terbanyak dihari pertama & kedua, sakit & keram pada perut.

■ Periode Putih (Pre-Ovulasi)
Adalah masa dimana antara masa menstruasi hingga masa ovulasi terjadi ( pada hari ini terjadi persiapan untuk pelepasan sel telur dan persiapan rahim untuk menerima sel telur yang dibuahi.

■ Periode Pink (Ovulasi)
Ovulasi merupakan proses pelepasan telur yang telah matang dan kemudian berjalan ke dalam rahim. Apabila telur ini tidak dibuahi, maka akan terjadilah menstruasi. Setelahbselmtelur lepas, saat itunjuga masa subur wanita, dan biasanya hanya berlangsung 24-48 jam.
Periode ovulasi berkisar antarabhari ke 11 hingga ke 21, setelah hari pertama menstruasi dengan siklus menstruasi yang umum yaitu 28 hari.
Yang terjadi pada tubuh: nyeri yang berlangsung lama dibagian bawah perut, payudara yang terasa lebih sensitif, peningkatan libido dan sensitivitas terhadap bau akibat penurunan kadar hormon estrogen.

■ Periode Hitam (PMS)
Pre-Menstruation Syndrome adalah suatu kumpulan gejala fisik, psikologi, dan emosi yang terkait dengan proses terjadinya siklus menstruasi. Masa PMS ini berkisar antara 5-7 hari sebelum menstruasi.
Yang mungkin terjadi pada tubuh: jerawat, payudara yang lebih kencangkontipasi atau diaresakit atau nyeri pada sendi-sendiperu-bahan mood.



Komentar

  1. Makkk kumplit... plittt infonya. Brw aku dulu endometriosis external. Sampe mutant jd tumor tumbuh di dunding perut dekat permukaan kulit. Kl datang bulang sakit pakai banget. Setelah diangkat alhamdulillah gak nyeri senyeri pas ada benjolan itu. Ehh.. jd curcol.hihihi

    BalasHapus
  2. Aku punya teman, tiap menstruasi hari pertama pasti pingsan karena sakit. Kasian deh .. :(

    BalasHapus
  3. Dari acara ini kemarin jadi tahu dan paham banget siklus yang digambarkan melalui gelang warna2 itu dan materinya sebagian bikin berfikir banget terutama tentang kedekatan Ibu dan anak perempuan

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bayar Tagihan Listrik Di Traveloka Jadi Mudah Bisa Dimana Aja

CINTA YANG TERPENDAM