Mudik Aman Dan Sehat Demi Keselamatan Bersama

Jika mengingat peristiwa mudik tahun 2016, sangat menyedihkan sekali. Dimana saat kita ingin bersilahturahmi pulang ke kampung halaman, tetapi malang hanya jasad yang datang menemui keluarga.

Mudik di saat lebaran sudah menjadi tradisi setiap orang. Ada yang pulang ke kampung halaman bertemu keluarga besar, ada yang hanya bersilahturahmi pada sanak saudara atau hanya melancong mengisi liburan.

Seperti yang saya lakukan setiap tahunnya, mengikuti mudik gratis hanya ingin memanfaatkan transpotasi gratis yang diselenggarakan oleh perusahaan yang menyelenggarakan even mudik gratis ini. Selama mengikuti even mudik gratis dsri tahun ke tahun, di tahun 2016 adalah perjalanan mudik yang teramat parah jarak tempuh dari Jakarta Brebes memakan waktu 2 hari 1 malam.

Lebih memprihatinkan lagi banyak pemudik yang terkena musibah atau kecelakaan, akibat dari memaksakan diri dan tidak memperhatikan kesehatan diri dan keluarga yang dibawa saat mudik. Selain itu kondisi lalu lintas pun memperburuk keadaan yaitu pertemuan arus di Brebes Exit. Karena terjebak kemacetan banyak pemudik yang kondisi nya lemah akibat kepanasan didalam kendaraan karena kekurangan oksigen.

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat -Kementerian Kesehatan RI, mengundang blogger dalam acara Ngabuburit Sehat di RPTRA Kali Jodo (Taman Ahok) (04/06/2017). Membahas tentang germas (Gerakan Masyarakat) yang menyangkut mudik sehat dan aman, dengan nara sumber Septi Kemenkes drg. Kartini Rustandi M.Kes direktur Kesehatan kerja dan olah raga dan Deddy Kuswenda. M.Kes direktur promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.




Gerakan ini untuk mengedukasi masyarakatbagaimana mudik sehat dan aman demi keselamatan bersama. Mudik sehat menjadi gokus utama Kementerian Kesehatan.

Beberapa tips mudik dari Kementerian Kesehatan


1. Mudik lebih awal apalagi membawa anak-anak
2. Siapkan konsumsi terutama air putih
3. Jika membawa bayi atau anak kecil siapkan makanan matang, snack dan air hangat

Mudik lebaran tahun ini 2017 akan ada banyak disediakan posko kesehatan yang terdapat di tempat keramaian, pom bensin, rest area, stasiun, terminal, pelabuhan dan bandara dan akan launching aplikasi di android info posko kesehatan terdekat.

Untuk pengendara atau pengemudi sebaiknyanistorahat setelah melakukan perjalanan selama 4 jam. Pengemudi atau pengendara lebih dari 4 jam berkendara akan menimbulkan rasa penat dan mengurangi konsentrasi mengendara.

Kini Kementerian Perhubungan menyediakan mudik gratis dan angkutan sepeda motor yang bertujuan untuk mengurangi arus kepadatan lalu lintas pengguna seperda motor serta mengurangi angka kecelakaan sepeda motor.

Program ini terdiri dari:

-Mudik Gratis dengan Moda Bus

-Angkutan sepeda motor gratis dengan moda kereta api

-Mudik Gratis dengan Moda Kapal Penyebrangan

-Mudik Gratis dengan Moda Kapal Laut





Wisata Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)




Berkat Gubernur terdahulu masyarakat di Jakarta terutama Jakarta Utara kini bisa melakukan rekreasi bersama keluarga di taman kalijodo. Taman Kalijodo sudah dilengkapi dengan mushola, toilet, lapangan sketboard, sepak bola dan bermain. Banyak masyarakat yang memanfaatkan taman kalihodo ini untuk senam dan berolahraga. Untuk bisa ke taman kalijodo stasiun terdekat stasiun grogol dengan jarak kurang lebih 500 meter dan shelter Transjakarta Jembatan Dua. Untuk bus wisata pun telah disediakan oleh pemprov dengan rute Balai kota-Sarianah-Tosari-Tol dalam kota-Kalijodo sebanyak 3 armada.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kulineran Sate Maranggi Haji Yetti Cibungur Purwakarta

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan

Back To School with Home Credit Indonesia Di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2023