Kenali Gejala Pikun Sejak Dini

Pikun bagi kebanyakan orang awam menganggap adalah penyakit menjelang usia lanjut. Bahkan saat memasuki usia 40 tahun sudah mulai berkurang ingatan kita. Padahal pikun yang sebenarnya adalah suatu, pikun bukanlah proses penuaan yang normal tetapi suatu penyakit. Ketika seseorang orang butuh waktu lebih lama untuk  untuk mengingat atau lupa dengan apa yang mereka lakukan sebelumnya. Jika kemampuan untuk berpikir pada otak sudah menurun pada seseorang, maka sudah dipastikan akan berefek pada perilaku sehari-hari. Kadang kita lupa pada aktivitas yang kita lakukan pada beberapa menit yang lalu, tetapi kita sudah lupa. Maka bisa dipastikan itu gejala pikun yang harus kita waspadain untuk mencegah menjadi lebih fatal bahkan berisiko Demensia Alzheimer. 

Dalam dunia medis, pikun dikenal dengan Demensia yaitu penurunan fungsi otak seperti menurunnya daya ingat dan kecepatan berpikir serta perilaku. Pikun dapat berisiko Demensia Alzheimer, kondisi ini disebabkan kurangnya kesadaran pada masyarakat dan lebih dari 50 juta orang mengalami Demensia. Pada kasus Demensia Alzheimer terbanyak mencapai 60-70 persen, masyarakat menyebut kondisi ini sebagai pikun.

dengan menerapkan hidup sehat dan kesadaran masyarakat  diharapkan Pikun bisa diatasi sejak dini


Megenali Gejala Pikun

  1. Gangguan daya ingat atau sering lupa
  2. Disoriontasi bingung akan waktu (hari, tanggal)  tidak tahu jalan pulang
  3. Sulit melakukan pekerjaan yang familiar, seperti sulit menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, cara mengemudi, atau mengatur keuangan. 
  4. Kesulitan memahami visuopatial, sulit mengukur jarak tidak dapat membedakan warna
  5. Sulit fokus
  6. Gangguan berkomunikasi dan kesulitan berbicara
  7. Salah membuat keputusan
  8. Menaruh barang tidak pada tempatnya 

Cara pencegahan PIKUN

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Bergerak berolahraga atau produktif
  3. Mengkonsumsi sayur dan buah dengan gizi seimbang
  4. Menstimulasi otak, fisik, mental dan spritual
  5. Bersosialisasi dan beraktivitas fisik

Mengobati PIKUN

Mengobati pikun dapat dengan mengatasi penyebab dari pikun, memberikan obat-obatan terapi stimulasi kognitif dan memberikan perawatan paliatif. Untuk mengatasi atau Pikun bisa diobati dengan pencegahan sedini mungkin. Salah satunya dengan kecanggihan digital, melalui smartphone dapat mendownload aplikasi E-MS.

Aplikasi E-MS bisa di Download di android atau App store

Aplikasi E-MS resmi diluncurkan pada tanggal 20 September 2020 dan dapat diunduh dengan mudah oleh dokter dan masyarakat awam di Playstore dan Appstore. Aplikasi E-MS ini akan menilai kondisi memori seseorang dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait Demensia Alzheimer yang mungkin dialami oleh pengguna aplikasi. Setelah itu, Aplikasi E-MS akan memberikan skor dan apabila skor tersebut menunjukkan kondisi abnormal, maka aplikasi ini akan menyediakan fitur direktori rujukan terpercaya kepada dokter di sekitar pengguna aplikasi berdasarkan GPS termasuk informasi jarak, nama dokter beserta keahliannya di bidang Demensia Alzheimer, serta nomor call center RS yang dapat dihubungi. Selain deteksi dini, aplikasi ini juga menyediakan ragam informasi terpercaya dan akurat.

Jadi jika kita sudah sering atau mengalami gejala diatas, sebaliknya segera hubungi atau konsultasikan pada dokter. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan