Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Penyakit Ginjal Kronik (PGK)

Sebelum saya mengulas bagaimana pola hidup sehat untuk mencegah penyakit ginjal. Kita bahas dulu apa itu fungsi dari Ginjal yang ada didalam tubuh kita. Beberapa hari yang lalu, Kemenkes menyelenggarakan diskusi bersama blogger kesehatan, bertajuk Ginjal Untuk Semua. Diskusi bersama Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal dan Hipertensi, dr. Pringgodigdo Nugroho memberikan informasi mengenai ginjal dan kesehatan  ginjal dan hadir juga dr.Cut Putri Ariane, MH.Kes.

Fungsi Ginjal Bagi Tubuh 

Fungsi Ginjal bagi tubuh sangat lah, bagaimana jadi nya jika ginjal ini sudah tidak berfungsi lagi. Tentunya akan menghambat fungsi organ lain didalam tubuh.
-Ginjal berfungsi memfitrasi darah dan membuang zat-zat beracun di dalam tubuh. -Menjaga keseimbangan cairan tubuh
-Menjaga keseimbangan elektrolit tubuh
-Menjaga keseimbangan asam basa tubuh 
-Terlibat dalam memproduksi hormon yang berfungsi dalam
  • Pembuatan sel darah merah
  • Pengaturan tekanan darah
  • Metabolisme mineral 
Penyakit ginjal adalah kelainan yang mengenai organ ginjal yang timbul akibat berbagai faktor, misalnya infeksi, tumor, kelainan bawaan, penyakit metabolik atau degeneratif, dan lain-lain. Penyakit ginjal kronis biasanya timbul secara perlahan dan sifatnya menahun.

penyakit ginjal
Penyakit Ginjal Kronik (PGK)  

Penyakit Ginjal Kronik (PGK)  

Penyakit Ginjal Kronik (PGK) merupakan gangguan pada fungsi dan/atau struktur ginjal yang terjadi dalam kurun waktu kurang lebih tiga bulan. Gejala ditandai dengan:
•Penurunan laju filtrasi glomerutus (LFG)  yang dapat dinilai dari nilai kreatinin
•Terdapat protein pada urine (albuminurie) 
•Kerusakan struktur ginjal yang dapat dinilai melalui pemeriksaan USG atau patologi anatomi
•Kerusakan pada tubulus ginjal
•Riwayat transplantasi ginjal

Ginjal mengalami kerusakan lama kelamaan tidak dapat menjalankan fungsinya lagi (tidak dapat membuang zat beracun bagi tubuh). Penyakit Ginjal Krobik (PGK) hingga saat ini belum bisa disembuhkan. Berkaitan dengan fungsi ginjal, Penyakit Ginjal Kronik (PGK) dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya,  termasuk penyakit kardiovaskullar. Jika tidak tertangani, dapat berlanjut pada penyakit ginjal tahap akhir (PGTA) yang membutuhkan terapi pengganti ginjal (TPG)

Penyakit Ginjal Kronik (PKG) ditandai dengan kerusakan ginjal atau gangguan fungsi ginjal yang berjalan lebih dari 3 bulan, hal ini berdasarkan data global tahun 2019, menunjukkan 1 dari 3 orang di populasi umum memiliki risiko untuk mengalami PGK. Penderita penyakit ginjal meningkat dari waktu ke waktu di dunia, mengakibatkan angka kematian meningkat, biaya yang dikeluarkan juga besar.

ginjal sehat
(Narsum) dr. Pringgodigdo Nugroho dan dr. Cut Putri Ariane, MH. Kes 

Tanda & Gejala Penyakit Ginjal Kronis

Pada awalnya, penyakit ginjal kronis tidak ditemukan gejala yang khas sehingga penyakit ini sering terlambat diketahui. Tanda dan gejala yang timbul karena penyakit ginjal sangat umum dan dapat ditemukan pada penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, perubahan frekuensi buang air kecil dalam sehari, adanya darah dalam urin, mual dan muntah serta bengkak,  terutama pada kaki dan pergelangan kaki.

Bila ditemukan tanda dan gejala penyakit ginjal, maka yang harus dilakukan adalah kontrol gula darah pada penderita diabetes, kontrol tekanan darah pada penderita hipertensi, dan pengaturan pola makan yang sesuai dengan kondisi ginjal.

Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Ginjal Kronis

blogger kesehatan
Temu Blogger Kesehatan dalam diskusi Hari Ginjal Sedunia 

Oleh karena itu, tema yang diangkat tahun ini lebih kepada pencegahan dan deteksi dini. Pencegahan dan pengendalian penyakit ginjal kronis antarlain:
1. Meningkatkan promosi kesehatan melalui KIE dalam pengendalian Penyakit Ginjal dengan perilaku CERDIK (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stress) 

2. Meningkatkan pencegahan dan pengendalian Penyakit Ginjal Kronis berbasis masyarakat dengan Self Awarness melalui pengukuran tekanan darah dan pemekrisaan gula darah secara rutin atau minimal 1 kali dalam setahun di Posbindu PTM

3. Pengaturan pelayanan kesehatan khususnya Penyakit Ginjal Kronis, pemerintah telah melakukan berbagai upaya seperti meningkatkan akses ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP),  optimalisasi sistem rujukan,  dan peningkatan mutu pelayanan.

Sayangi Ginjal Anda dengan minum air putih minimal 8-10 gelas perhari. Usahakan setiap habis makan atau minuman yang berwarna (kopi atau teh), lanjutkan dengan minum air putih.

Komentar

  1. Ginjal sehat merupakan karunia. Karena kalau sakit gagal ginjal bisa bahaya. Biaya keluar banyak eh ajal bisa menjemput

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Menyayangi ginjal sebenarnya mudah ya dan murah ya, cukup dengan memberi asupan minum air putih dalam jumlah yang cukup dan menghindari minuman berwarna

      Hapus
  2. Saya jadi ingat papa saya, kemarin harus dioperasi ginjal sampai dua kali. Duh, emang semua organ tubuh kita ini aset paling berharga yg diberikan Tuhan. Harus kita jaga dengan pola hidup sehat. Terima kasih sudah mengingatkan mba.

    BalasHapus
  3. Harus banget waspada dan peduli dgn kesehatan ginjal ya Mbaaa
    Aku juga mulai concern banget nih, dgn kondisi ginjal.

    BalasHapus
  4. Wah acaranya mengedukasi sekali ya mba. Aku juga suka banget minum air putih. Ini salah satu cara aku untuk merawat ginjalku sedini mungkin, terus sebisa mungkin nggak sering-sering minum obat kalo ga perlu-perlu ama gitu

    BalasHapus
  5. Keinget alm ayahku dulu yang kena penyakit batu ginjal, hampir setiap bulan masuk RS. sedih rasanya. Jadi pengalaman aku buat menjaga ginjal dengan minum air putih yang banyak dan mengurangi minum-minuman kemasan. Btw bagus banget acara begini untuk edukasi kita ya mbak.

    BalasHapus
  6. Jadi inget dikantor ada BOD yang udah gagal ginjal jadi harus selalu cuci darah, dan biayanya jelas mahal tak terkira karena harus rutin plus udah gak bisa ke cover asuransi pula. Seminar kesehatan kaya gini perlu banget nih disosialisasiin secara masif biar lebih banyak yanng paham soal kesehatan, gejala penyakitnya jadi bisa sadar lebih awal untuk penanganan lebih dini

    BalasHapus
  7. Hidup sehata harus terus dikampanyekan untuk diri sendiri, sebagai bentuk usaha agar terhindar dari penyakit ginjal kronik ini ya. Makasih infonya, mba.

    BalasHapus
  8. Kemarin aku barusan tes darah dan urine. Alhamdulillah aku dinyatakan sehat ginjalnya. Untungnya aku sudah membiasakan diri untuk cukup minum air putih dan mengurangi minum obat-obat kimiawi. Setelah hasil tes keluar, lega banget rasanya.

    BalasHapus
  9. Hiks tulisan buat saya banget nih
    Malas minum air putih padahal tau risikonya
    Jadi harus sering sering baca tulisan seperti ini, untuk warning

    BalasHapus
  10. Aku dulu pernah kena batu ginjal, katanya karena air putihnya kurang dan suka nahan kalau mau kencing. Hehe. Semenjak itu jadi berusaha banget menjaga ginjalku tetap dalam kondisi baik. Acaranya bagus ya, Mbak. Jadi kita yang enggak peduli jadi bisa teredukasi.

    BalasHapus
  11. ternyata cerdik ada kepanjangannya ya. yap cek kesehatan memang harus berkala sebab senantiasa tahu kondisi tubuh kita

    BalasHapus
  12. Bagus ini mbak, supaya makin banyak orang yang aware dengan kesehatannya. Kalau dengar cerita kawan atau kerabat yang sakit ginjal dan sampai harus cuci darah, rasanya sedih deh

    BalasHapus
  13. Terimakasih tulisannya mbak, sebagai pengingat untuk menjaga kesehatan ginjal ni..
    Karena aq jadi ingat betapa menderitanya adik iparku yg terkena sakit ginjal...

    BalasHapus
  14. Pola hidup sehaaaat! kembali ke alam, back to nature, back to the real life, stress release adalah the best part of life ya

    BalasHapus
  15. Nah air putih, warning banget buat blogger dan pekerja kantoran yang kebanyakan duduk lama kadang lupa minum air putih

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara

CINTA YANG TERPENDAM