Memasak Cepat Dan Aman Dengan Bright Gas

Assalamualaikum Moms,  kali ini saya ingin membahas keuntungan memasak menggunakan Bright Gas. Pasti Moms semuanya sudah menggunakan kompor gas dong ya.  Saya pun sejak sulit minyak tanah, sudah beralih ke LPG. Tahun 2005 kalau gak salah saat itu ada pembagian gas melon gratis dari Pemerintah. Saya sudah memakai LPG yang 12 kg,  saat itu masih dagang mie rebus sama gorengan. Berasa banget pakai minyak tanah, udah jarang dan harganya lumayan mahal.

Sebelum pemerintah membagikan LPG gratis,  saya sudah memakai LPG biru 12 kg,  beli tabung dan isinya Rp750.000 dan isi ulangnya hanya 70 ribu.  Memang sih berasa banget, tapi kalau dikalkulasikan itu dengan pemakaian jadi murah.  Memasak menggunakan kompor gas lebih cepat matang dibandingkan dengan kompor minyak. Peralatan dapur seperti penggorengan, panci dan teko itu bersih gak ada lagi cemong-cemong hitam ( gak susah payah lagi mencucinya.


bright gas
Bright Gas double Spindle Valve System (DSVS)  atau katup pengaman ganda

Tetapi kompor gas akan mudah rusak bila tidak peenah dirawat dan dibersihkan. Jangan heran bila api kompor berubah merah atau bahkan tidak menyala. Moms bisa melakukan perawatan kompir gas dengan cara berikut:

  1. Bersihkan bagian luar kompor gas seperti body dan tatakan
  2. Bersihkan bagian tunggu dan burner kompor gas
  3. Periksa pematik api dan knop on/off
  4. Perhatikan kondisi regulator dan selang kompor gas
  5. Biasakan untuk selalu membersihkan kompor gas setelah memasak
Sekarang Pertamina mengeluarkan Bright Gas, tabung LPG berwarna pink dengan banyak keunggulannya dibandingkan dengan tabung LPG biasa.  Jika Moms ingin beralih ke tabung Bright Gas dari tabung LPG lama,  bisa bnget loh. Kalau sekitar rumah saya di Tamansari,  dua tabung melon (hijau)  bisa ditukarkan dengan tabung Bright Gas+isinya. Penukaran bisa di Agen LPG resmi Pertamina atau SPBU COCO pertamina. Penukaran berlaku untuk pemilik tabung gas Elpiji 3 kg,  Elpiji 12 kg dan Ease Gas dan Joy Cook. Akan dikenakan biaya tambahan saat penukaran dan penukaran bisa dilakukan kapan saja.

bright gas
Keunggulan Fitur OCS (Optical Color Switch)  Bright Gas

Sebelum memasang tabung Bright Gas harus perhatikan  cara pemasangan yang aman.  Berikut tips aman penggunaan Bright Gas/LPG  saat pemasangan:

  • Pastikan ruangan dapur memiliki sirkulasi udara yang baik.  Hindari ruangan sempit dan tertutup. Tempatkan tabung lebih rendah dari kompor. 
  • Pastikan kompor dalam keadaan mati.  Pastikan juga tidak ada sumber api apapun yang menyala
  • Pastikan regulator terpasang dengan benar,  pastikan juga tidak ada desis dan bau khas LPG
  • Dilarang mencongkel karet seal dan mencolok tabung. Tukarkan tabung jika bermasalah
Untuk mencegah kebocoran gas gunakan aksesoris tabung yang berstandar SNI dan pengecekan secara berkala. Oh iya Pertamina tidak pernah menjual regulator, jadi jangan sampai tertipu ya. Saya kena tertipu saat masih baru pakai gas,  jadi ada sales yang datang kerumah-rumah penduduk menawarkan selang regulator.  Jaminan nya seumur hidup,  kalau rusak akan diganti baru asal masih disimpan kartu jaminannya. Waktu itu saya beli sekitar 179000, tapi alhamdulillah gak rusak pemakaian udah 15 tahun.

lpg
Foto di booth Bright Gas

Menghadiri event kemarin saya jadi lebih tahu lagi tentang manfaat dan keunggulan memakai Bright Gas. Produk Bright Gas ada tiga jenis,  tabung isi 12 kg,  tabung isi 3 kg dan tabung isi 220 gram (tabung kecil praktis dibawa traveling).  Untuk menghindari dari tabung LPG yang palsu,  Moms perlu teliti dan memperhatikan beberapa hal berikut saat membeli yaitu:

  • Terdapat lambang Pertamina dan tanda SNI
  • Masa waktu tanggal pengecekan ulang pada tabung belum jatoh tempo
  • Segel dalam keadaan baik,  hologram tidak rusak
  • Tabung tidak banyak berkarat. 
Bright Gas memiliki katub pengaman ganda atau DSVS.  Teknologi DSVS ini berfungsi untuk menjaga gas LPG agat tidak bocor. Bila salah satu katub bocor,  masih ada satu katub yang menahan gas bocor sehingga dua kali lebih aman daripada LPG lainnya. Bright Gas juga dilengkapi dengan Safety Valve, fungsinya untuk mengeluarkan tekanan gas secara perlahan bila tekanan dalam tabung terlalu tinggi. Hal ini akan mengurangi resiko terjadinya ledakan tabung yang menyebabkan kebakaran.

Segel pada Bright Gas dilengkapi dengan QR Code, dimana Moms dapat memindai kode ini dengan aplikasi pindai QR Code pada smartphone,  untuk mendapatkan indormasi lokasi pengisian Bright Gas.  Jikalau terjadi masalah, pastikan juga dapat langsung melaporkan Bright Gas yang Moms beli bermasalah. Jadi jangan terima QR Code pada segel tidak berisi informasi apapun.

Bright Gas juga sudah tersedia di Alfamart,  Indomaret atau bisa ke Call Center 135. Nah dengan penjelasan saya diatas yuk Moms beralih ke Bright Gas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara

CINTA YANG TERPENDAM