Dekranas Gelar Kriya Nusa 2019 Di Balai Kartini Jakarta

Dalam rangka merayakan HUT nya Dekranas kembali mengelar pameran Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini 11-15 September 2019 Kuningan Jakarta. Dalam pameran tahun ini bertajuk tema "Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreativitas & Kewirausahaan. Dengan mengusung ikon daerah Nusantara dari Sumatera Barat berupa Motif Pucuk Rabuang.

DEKRANAS berkomitmen untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk kerajinan Indonesia.
Menjaga keberadaan dan kontinuitas produksi produk kerajinan melalui peningkatan ketrampilan pada
generasi muda.


kriyanusa 2019
Foto bareng Suku Asmat yang me

Melakukan pembinaan produk melalui peningkatan kualitas, desain, produksi dan penggunaan teknologi
baru agar dapat meningkatkan daya saing.

Menanamkan rasa cinta dan bangga masyarakat Indonesia terhadap penggunaan produk kriya Indonesia.
Mempromosikan produk kerajinan terbaik dari seluruh daerah di Indonesia dalam rangka meningkatkan
pangsa pasar hasil produk kerajinan daerah, melalui pameran baik dalam negeri maupun luar negeri.

Maksud dan Tujuan diselenggarakannya Kriya Nusa 2019 Di Jakarta 

Nah maksud dan tujuan dari Kriya Nusa 2019 adalah Mempromosikan hasil kerajinan dari seluruh Indonesia dalam rangka meningkatkan target pasar produk kerajinan daerah. Jangan sampai warisan budaya dan kerajinan kita diakui oleh negara lain.  Setidaknya menanamkan rasa bangga produk sendiri pada anak-anak jaman now. 


kriyanusa
Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara 

Tidak hanya itu pameran ini pun diselenggarakan sebagai tempat pembelajaran bagi para pengrajin daerah, seperti mengetahui trend perkembangan produk kerajinan daerah di Jakarta. Saya pun warga Jakarta belum mengenal semua kerajinan yang beradal dari Jakarta.

Sebagai arena pengrajin daerah untuk melakukan test market di Jakarta.
Menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap perkembangan produk kerajinan yang berasal dari seluruh
daerah di Indonesia. Meningkatkan rasa cinta dan rasa memiliki, serta bangga kepada masyarakat terhadap penggunaan produk kerajinan Indonesia.


kriyanusa
Semua produk di Kriyanusa 2019 diseleksi terlebih dahulu


Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini Jakarta 

Peserta Kriya Nusa 2019 diikuti oleh Dekranasda seluruh Indonesia dan juga yang memfasilitasi pengrajin di wilayahnya masing-masing. Jadi harga yang ditawarkan (dijual)  pun lebih murah, karena pengrajin daerah yidak perlu membayar sewa stand.


Total peserta Kriya Nusa 2019 ada 246 stand.
Kementerian & BUMN : 37 stand
Dekranasda : 37 stand (34 provinsi) 
Individu : 25 stand
Mitra : 8 stand
Asosiasi : 6 stand
Kerajinan daerah yang menjadi peserta pameran #Kriyanusa2019 itu pun diseleksi terlebih dahulu.  Jadi tentu saja semua produk dalam Kriya Nusa 2019 adalah yang berkualitas.

Tanggal 11 September 2019, saat peresmian Kriya Nusa 2019 saya dan beberapa teman berkunjung kesana.  Balai Kartini pun lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan umum, seperti TransJakarta. Hari pertama,  Pengunjung begitu ramai memadati area pameran.


Keseruan jelajah nusantara di Kriyanusa 2019

Kategori produk dalam Kriya Nusa 2019 yaitu: Tekstil, Keramik, Serat Alam,  Batu-batuan,  Logam,  Kayu,  Bahan baku Alam, Bahan baku Olahan dan Lukisan. Ibu Septriana Tangkary selaku Direktur Informasi Kemkominfo mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menpromosikan produk kerajinan Indonesia melalui sosial media yang kita punya pada Temu Nitizen Kriyanusa 2019 di Kembang Goela Jakarta (09/09/2019).
Kriyanusa 2019 diselenggarakan untuk menyatukan berbagai produk Indonesia agar makin dikenal baik dalam maupun luar negeri, jelas Bu Septriana 
Jelang pameran berlangsung Temu Nitizen dihadiri oleh para expert mengenai kerajinan/Kriya Indonesia. Bersama narasumber Widodo Mukyiyo selaku Direktur Jenderal Informasi dan Informatika Publik Kemkominfo RI,  Euis Saedah-Sekretaris Jenderal Dekranas, Triana Rudiantara Ketua Bidang Humas,  Promosi dan Publikasi Kriyanusa dan Septriana Tangkary-Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI.



Produk kerajinan Indonesia merupakan modal bagi Indonesia untuk sukses dipasar internasional. Di 2018, tercatat ekspor produk kerajinan nasional menghasilkan 1.2 juta dollar AS bagi devisa Indonesia.

nitizen
Temu Nitizen jelang pameran Kriyanusa 2019


Kerajinan Indonesia juga menjadi daya tarik bagi industri pariwisata. Makanya menjadi tugas kita bersama, khususnya generasi muda nih harus menjaga keberadaan produksi produk kerajinan. Nah, bagi yang tidak sempat datang ke Kriyanusa di Balai Kartini,  kamu bisa membeli produk kriya Indonesia melalui e-commure (toko online).

kriyanusa
100% cinta Kriya Indonesia 

Semoga bermanfaat ya gaes informasi ini,  dan jangan lupa selalu bangga pakai produk dalam negeri. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bella Terra Lifestyle Mall Di Jakarta Utara

Harga Teman Giant Untuk Produk Favorit Pelanggan