Tanya Jawab Seputaran HIV AIDS Lewat Line Chat Tanya Marlo

Informasi seputaran HIV AIDS pada masyarakat masih belum bisa diterima dengan benar dan baik. Masih banyak masyarakat yang beranggapan penyakit HIV AIDS merupakan akhir dari segalanya. Mereka akan mendiskriminasikan ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) menganggap mereka adalah sebuah dosa besar atau pembawa sial. ODHA yang meninggal dunia, mereka tidak mau memandikannya atau menyentuhnya karena takut tertular.

Faktanya, masih banyak yang belum memahami atau mengenal apa itu HIV AIDS. Menurut laporan Kementerian Kesehatan RI, di Indonesia saat ini diperkirakan terdapat sekitar 640 ribu orang yang hidup dengan HIV, dimana diperkirakan baru 48 persen ODHA mengetahui status HIV mereka. Jumlah infeksi baru HIV juga paling tinggi dikalangan anak muda usia 15-24 tahun, mencapai angka 52 persen dari total infeksi HIV baru.

Tanya Marlo
Tanya Marlo press launch UNAIDS Indonesia

Kerjasama Pemerintah dengan UNAIDS Indonesia untuk mengatasi HIV dan AIDS di Indonesia.

Pemerintah Indonesia sudah beberapa tahun belakangan ini bekerjasama dengan UNAIDS, untuk mengatasi permasalahan HIV dan AIDS di Indonesia. Mulai dari mengurangi angka infeksi baru HIV, melakukan kampanye pencegahan, hingga mengurangi praktik diskriminasi terhadap ODHA.

Add Tanya Marlo di Line
kiri-kanan Inez Kristanti, Psikolog dan Social Media Influencer, Ilona, Ketua Organisasi Tim Peduli AIDS Atma Jaya dalam kegiatan konferensi pers "Tanya Marlo", David Webb, Co-founder dan CMO Nimbly Technologies, Krittayawan (Tina) Boonto, UNAIDS Indonesia Country Director, bersama dr. Lanny Luhukay, Kepala Seksi HIV AIDS, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam peluncuran chat-bot "Tanya Marlo" dari UNAIDS Indonesia

Tanya Marlo

Terciptanya Tanya Marlo sebuah chat platform chat mobile yang terintergrasi dengan aplikasi Line. Dapat menjadi solusi dan sahabat bagi ODHA. Tanya Marlo merupakan seorang sahabat yang dapat diajak bicara, dan yang terpenting dapat menjadi pendukung setia,"ujar Tina di Jakarta (18/12/2018).

Uniknya lagi berteman di Tanya Marlo lewat Line, bagi kamu yang sudah add atau berteman lewat Line. Kamu bebas menanyakan apa saja seputaran HIV atau AIDS. Tanya Marlo akan memberikan informasi yang akurat dan lengkap. Jangan takut sahabat yang satu ini akan menjaga kerahasiaan privasi setiap pengguna.

ODHA biasanya akan dikucilkan atau terasing dilingkungannya, sehingga kebanyakan dari mereka pun dilanda keputus asaan. Tidak jarang dari mereka memutuskan untuk bunuh diri atau hidup hanya menunggu kematian. Padahal HIV atau AIDS bukanlah akhir dari segalanya. ODHA bisa menjalani kehidupan normal seperti biasanya, mencapai cita-cita serta impiannya.

Apalagi sekarang obat HIV AIDS sudah gratis dan jika ingin melakukan tes HIV bisa langsung menuju puskesmas yang telah ditunjuk dengan gratis dengan BPJS, atau bisa juga ketika ada even kesehatan yang menyediakan tes HIV. Saya pun tes HIV ketika Kemenkes mengadakan even di Monas setahun yang lalu. Melalui kampanye #SayaBerani pemerintah dan UNAIDS di Indonesia semakin banyak lagi yang mengetahui atau sadar sejak dini tentang HIV. Sehingga tercapai eliminasi HIV AIDS pada tahun 2030 nanti.

Fitur menarik, edukatif dan informatif yang tersedia di Tanya Marlo

1. Info HIV

Klik info nah Tanya Marlo akan memberikan jawaban yang akurat.

Fitur yang menyediakan segala artikel, infografis, mitos-fakta, video, dan konten informatif lainnya seputar topik-yopik terkait HIV/AIDS.

2. Kuis

Tanya Marlo di Line chat-boot
Pilih kuis lalu jawab pertanyaan nya

Jika user sudah mengetahui semua informasi tentang HIV/AIDS. Bisa langsung mengikuti kuisnya, menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar HIV/AIDS yang dikemas dalam kuis interaktif.0

3. Konsultasi

Konsultasi seputar HIV/AIDS
Nah mending curhat di Tanya Marlo aja nih dijamin kerahasiaan kamu terjaga
Fitur ini memberikan akses ke konselor terpercaya yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar HIV/AIDS

4. Tes HIV

ayo tes HIV
Kalau berani dan mau sehat ayo tes HIV

Tanya Marlo memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang membutuhkan informasi tentang daftar klinik-klinik yang menyediakan layanan tes HIV, dengan informasi lain seperti lokasi, harga, dan jam buka.

UNAIDS melalui Tanya Marlo pun menyediakan pendamping untuk melakukan tes HIV secara gratis. Tentunya pendamping sudah di beri training khusus. Mobile chat Tanya Marlo dibuat untuk membantu anakmuda Jakarta mengakses informasi dan layanan terkait HIV/AIDS secara lebih mudah. Tanya Marlo merupakan inovasi UNAIDS Indonesia bersama dengan Nimbly Technologies untuk meningkatkan pengetahuan tentang HIV/AIDS dan permintaan untuk tes HIV di kalangan anak muda Jakarta.



Komentar

  1. aplikasinya lucu, menarik buat anak muda.. kayak simi :)

    BalasHapus
  2. Aplikasinya informatif dan menyenangkan.. semoga ada perwakilan official yang bisa bantu konsultasi juga di sana./.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Harga Teman Giant Untuk Produk Favorit Pelanggan

CINTA YANG TERPENDAM