Emedical Card Inovasi Terbaru Dari FWD Life

Bagi saya yang masih awam, asuransi itu bikin ribet. Bingung mau klaim nya gimana, sama siapa, dan dimana. Mesti telpon nya kemana, sebelum apply pun udah kebayang ribetnya. Apalagi saya termasuk orang yang pelupa. Saya pernah punya pengalaman buruk mngurus asuransi ibu saya. Waktu itu ibu saya ditawari asuransi jiwa oleh sebuah bank swasta, dengan alasan termasuk nasabah yang beruntung. Asuransi seperti investasi berjangka, secara otomatis akan dipotong dari rekening tabungan. Ketika sudah memasuki umur 60 tahun uang yang dibayarkan setiap bulannya akan dicairkan. Namun tetap akan bisa menerima manfaatnya, kebetulan ibu saya seorang pekerja. Beberapa tahun yang lalu, ibu saya berhenti bekerja karena sudah memasuki usia 56 tahun.

FWD MAX, Emedical card FWD LIFE
Hidup jadi lebih mudah dengan Emedical Card FWD Life

Saya diminta ibu untuk mengajukan pada bank, agar tidak lagi memotong uang tagihan asuransi pada rekeningnya. Maka saya menemui costumer servise bank tersebut. Lalu petugas memyuruh saya untuk langsung menelpon ke kantor Asuransi yang bersangkutan. Ternyata mendengar penjelasan dari pihak asuransi, saya baru mengerti bahwa ibu saya membeli premi asuransi jiwa bukan berinvestasi. Jadi uang yang disetorkan tidak bisa kembali, jika ingin tidak membayar lagi maka pertanggungan menjadi batal. Pihak asuransi pun menyarankan jangan menutup premi asuransinya. Saya pun bilang ke ibu, kalau preminya saya yang membayar, tapi sayangnyaa ibu menolaknya dan menyuruh saya membatalkan preminya.

Emedical card FWD LIFE
Mulai dari tanggal 4 September 2018 Emedical card sudah bisa digunakan di seluruh Indonesia

Entahlah apa alasannya, sehingga ibu seakan-akan ketakutan saya menguasai uang asuransinya yang akan dicairkan ketika ibu sudah tiada. Saat itu bulanannya hanya Rp 87.000 dan akan menerima manfaat sebesar 300 juta. Padahal saat itu hingga sekarang ibu menderita penyakit umum yang sering di derita oleh orang yang sudah lanjut usia. Seperti asam urat, darah rendah, dan kolesterol, dan ibu rutin cek kesehatan ke puskesmas terdekat. Karena ibu bersikeras dibatallkan akhirnya setelah membayar selama 13 tahun dibatalkan. Dari situ saya mulai berhati-hati dan teliti bila ada yang menawarkan asuransi.

Lauching Emedical card FWD LIFE

Memang sebaiknya kita harus lebih tau apa yang kita butuhkan sebelum membeli premi asuransi. Itu kejadian beberapa tahun lalu. Waktu jaman nya menulis formulir untuk pengajuan sebuah asuransi, bahkan untuk klaimnya itu sendiri pun kita harus mendatangi kantornya. Kita sendiri tidak tahu manfaat apa yang kita dapat, dan berapa manfaat yang sudah terpakai. Belakangan ini jaman pun berubah, teknologi pun terus berkembang. Internet memudahkan kehidupan jaman sekarang, buktinya kalau kita lapar hanya dengan dua jari saja makanan sudah ada yang mengantarkan tanpa kita harus beranjak dari posisi kita.

Teman Diabetes
Selalu cek kesehatan secara berkala

Semakin canggihnya digital, semakin mudah pula mencari informasi dan melakukan kegiatan apapun. Sekarang bayar apapun dengan kartu, atau pakai aplikasi. Nah FWD LIFE pun tiada hentinya untuk terus berinovasi, demi kemudahan dan kenyamanan nasabahnya. Januari lalu inovasi yang diluncurkan adalah FWD MAX. Sempat ragu juga dengan peluncuran aplikasi ini, karena nasabah harus mendownloadnya lewat smartphone.

Aplikasi FWD Max
Aplikasi bisa di download di smartphone kamu

Namun setelah beberapa bulan dari peluncuran, banyak pengguna internet yang mendowloadnya. FWD Max bisa di download oleh siapa saja, walaupun mereka bukan nasabah. Begitu mudahnya menggunakan FWD Max, kalau ingin membeli premi asuransi FWD Life kamu tinggal register dan mengikuti panduannya. Dari situ kamu akan diarahkan asuransi apa yang cocok manfaatnya.

Sejak 2015, FWD Life sudah memperkenalkan Corporate Care sebagai salah satu jalur distribusi yang menyediakan program asuransi kumpulan ( employee benefit) berbasis digital kepada nasabah korporasi.
"Sejak awal diluncurkan pada tahun 2015, FWD Life Corporate Care telah menawarkan solusi sesuai kebutuhan karyawan dan keluarganya dengan dukungan berbagai inovasi digital yang kami miliki. Dalam waktu kurang dari tiga tahun sejak diluncurkannya, FWD Life Corporate Care berada pada posisi 4 besar untuk penyedia "Manfaat Karyawan" di Indonesia. Dan hari ini kami kembali memperkenalkan dua layanan digital terbaru untuk memudahkan nasabah korporasi kami dalam mendapatkan layanan asuransi" ujar Wakil Direktur Utama FWD Life, Rudi Kamdani pada kesempatan hari itu di Veranda Hotel Jakarta (4/9/2018)
 Sejak pertama diluncurkan Corporate Care telah mengaplikasikan beberapa inovasi teknologi yang mempermudah proses beransuransi kepada nasabah korporasi, baik bagi karyawan maupun HRD, yakni seperti aplikasi proposal online untuk mempermudah proses administrasi (ePrecious), portal online untuk para HRD (iConnect), dan portal online untuk mengetahui informasi mengenai manfaat dan memonitor proses klaim nasabah (eFriend). Tidak hanya itu, pada awal tahun 2018, FWD Life juga berhasil meluncurkan costumer engagement program yang dinamakan FWD MAX.

Wyl Kitchen Veranda Hotel
Tersedia booth-booth cek kesehatan gratis

Untuk melengkapi layanan digital secara menyeluruh untuk ansabah korporasi, FWD Life mengintegrasikan inovasi baru pada aplikasi mobile FWD MAX yaitu:
1. Kartu kesehatan digital (eMedical Card) yaitu salah satu solusi digital pertama di Indonesia yang dapat digunakan untuk melakukan klaim biaya kesehatan secara cashless di rumah sakit tanpa perlu membawa kartu secara fisik. Dengan layanan ini, nasabah hanya perlu menunjukkan kartu digital telah disediakan pada aplikasi mobile FWD MAX dengan menyertakan kartu identitas kepada petugas administrasi rumah sakit.

2. Klaim online (eFriend), yaitu fitur yang membantu nasabah untuk melakukan pengecekan manfaat yang dimiliki, melakukan klaim dan memonitor klaim secara cepat dan mudah melalui mobile phone kamu. Nasabah yang ingin mengajukan eFriend reimbursement dapat langsung mengunggah semua klaim yang dibutuhkan ke fitur eFriend yang tersedia di FWD MAX. Sebelumnya nasabah korporasi menggunakan eFriend yakni portal website untuk mengetahui informasi mengenai manfaat dan memonitor proses klaim.

FWD Life
Blogger foto bersama dok. Elly Nurul

Chief of Corporate Care FWD Life, Pedro Amor mengatakan "Dengan inovasi ini, FWD MAX menjadi sebuah one stop solution application yaitu aplikasi dengan fitur lengkap pertama di Indonesia yang kami hsrap bisa membantu meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia. Nasabah sudah dapat memanfaatkan layanan eMedical Card di lebih dari 60 mitra rumah sakit dan pada akhir tahun 2018 nanti, layanan ini dapat dilakukan di 800 mitra rumah sakit di seluruh Indonesia."

Yang lebih penting lagi FWD MAX juga dilengkapi dengan berbagai penawaran menarik dari diskon, voucher, dan MAX Point yang dapat ditukarkan di 22.000 merchants di Indonesia untuk mendukung para passion nasabah FWD Life. Selain memperkenalkan eMedical Card, para media dan blogger yang hadir dapat mengecek kesehatan secara gratis dengan mendapatkan voucher pada aplikasi FWD MAX yang sudah di download di smartphone. Acara pun diramaikan dengan game menggunakan aplikasi KHOOT menjawab pertanyaan dengan benar dan cepat. Hadiahnya pun sangat menarik mendapatkan voucher belanja.

Saya memanfaatkan mengecek kesehatan dengan gratis di booth-booth yang tersedia pada hari itu. Ada booth Siloam Hospital yang bisa mengecek gula darah dan beruntung saya mendapatkan cek kolesterol. Alhamdulillah masih normal, dan gula darah pun normal.

Komentar

  1. Wah.. Asyik banget kak bisa jadi saksi peluncuran fitur barunya di FWD Max. Ada booth buat cek gula darah juga... Kemarin ikut cek gak tuh kak?

    BalasHapus
  2. Keren banget ya mbak acaranya, ternyata FWD Life meluncurkan pelayanan terbarunya melalui kartu digital.

    BalasHapus
  3. Memang keren inovasi dari FWD Life dengan satu aplikasi FWD MAX, bisa melakukan klaim dengan eMedical Card. Memberikan kemudahan kepada nasabah untuk lebih mudah klaim, tanpa perlu repot bawa kartu fisik asuransi.

    BalasHapus
  4. Apa yang dilakukan oleh FWD menunjukkan bahwa FWD slalu berusaha inovasi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat ya mba. Inovasinya slalu paling terdepan

    BalasHapus
  5. AKu pernah punya pengalaman bukti kwitansi RS keselip dan harus balik lagi ke RS untuk minta lagi huhu malu sih.. sekarang klaim lebih mudah ya mba.. foto langsung upload di aplikasi FWD Max.. done!

    BalasHapus
  6. Pengalaman berasuransi jadi makin gampang ya sekarang, yeayyy

    BalasHapus
  7. Sekarang sudah jamannya paperless dan cashless ya, ga perlu bawa-bawa kartu dan kertas2 ke rumah sakit, FWD Life keren banget

    BalasHapus
  8. inovasi Kartu Kesehatan Digital ini menjadi solusi cerdas dari FWD Life yang mampu menjawab keluhan masyarakat tentang bayangan akan ribetnya asuransi..

    BalasHapus
  9. Bener, aku pun awalnya berpikir gitu. Ternyata ada ya mba asuransi yg ga pake ribet macam fwd life ini dengan inovasi2 kerennya di FWD Max

    BalasHapus
  10. Asyiik bangat nih sekarang nasabah FWD Life, jadi kalo lupa kartu asuransi tidak perlu pusing karena sudah ada eMedical Card di dalam FWD MAX. Ntaps!

    BalasHapus
  11. Enak ya kalau ada emedical card gini jadi ga ribet bawa2 kartu fisik waktu berobat ke RS.

    BalasHapus
  12. Inovasi FWD Life semakin kita dimudahkan untuk berasuransi yaa

    BalasHapus
  13. Proses klaim jadi gampang yaa..tinggal buka aplikasi nggak perlu repot bawa kartu.

    BalasHapus
  14. Aku pernah juga pakai asuransi yang motong langsung rekening bank tiap bulan. agak ngeselin ya. FWD bikin semuanya simple ya kak.

    BalasHapus
  15. Ribet dan susah ya klaim waktu zamnnya ibu mba Tati punya asuransi. Nah, sekarang mba Tati deh saatnya punya asuransi dari FWD Life, cuma tinggal unduh apliakisnya bisa pilih agentnya dan ketemu langsung.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah semakin banyak pihak-pihak yang peduli untuk memudahkan hidup orang banyak kayak FWD Life.

    BalasHapus
  17. Sekarang udah gak bikin ribet ya mba tati. Karema fwd udah ajdi asuransi yg kekinian nih. Berasuransi dengan aplikasi. Mantab.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bayar Tagihan Listrik Di Traveloka Jadi Mudah Bisa Dimana Aja

Lebih Mengenal Arti Rezeki Sebenarnya Di Buku Aplikasi Pencari Rezeki