Ketika Rasa Menjadi Yang Utama Dalam SebuahTulisan

Maaf sedikit curhat, pingin deh tulisanku bisa dibaca juga di komen banyak orang, menang lomba, dilirik brand dan masih banyak keinginan yang belum aku capai. Kadang suka mikir juga, kenapa ya si A tulisannya bagus, sering menang lomba dan banyak job-job cetarnya. Kembali melihat pada diri sendiri, memang aku lom pantas jadi pemenang tulisanku aja terbilang masih kaku. Bingung juga sih bagaimana bisa disebut tulisan itu bagus. Sebenarnya aku ngeblog baru aktif tiga tahun, dan baru menggunakan hosting berbayar sejak tahun lalu.

Koleksi novel Dini Fitria


Tujuan buat blog, ingin membagikan informasi agar bermanfaat bagi pembaca blog ku dan juga bisa menghasilkan uang untuk tambahan traveling. Maklum aku ibu rumah tangga yang hanya mengandalkan gaji suami, tapi tidak bisa melepaskan hobi jalan-jalan. Punya impian mengelilingi Indonesia dan menuliskannya di blog pribadi agar Indonesia lebih dikenal sudah menjadi cita-citaku sejak masih duduk dibangku sekolah.

Namun cita-cita ini baru bisa terwujud setelah berkeluarga, mau gak mau minta uang lebih. Itu pun ada pro dan kontra, sering di protes anak-anak (udah resiko). Nah, aku ingin merealisasikan mimpi itu dengan penghasilan sendiri melalui blogku ini. Kembali ngusap dada, tulisan ku aja masih belum bagus (menurutku) apalagi kata orang ya. Padahal sering mengikuti workshop yang sering diadakan oleh komunitas, tapi kok ya lom ada perubahan ya "ini dimana salahnya?".

Dini Fitria  sedang membagikan materinya


Kemarin tepatnya hari Selasa (6/3/2018) Komunitas ISB, kembali menyelenggarakan workshop menulis blog dan mengundang Dini Fitria seorang Penulis novel . Workshop kali ini mengangkat tema "Menulis Dengan Cinta" duh berat ya temanya. Tahu kan jika itu mengatas namakan "Cinta" disitu harus ada rasa, atau menulis dengan setulus hati.

Mantan jurnalis pun bercerita, dia harus menulis dengan sepenuh hati, walaupun itu tentang yang tidak dia sukai. Seperti seorang blogger yang harus review sebuah produk yang sebenarnya dia tidak sukai produk itu, tapi berhubung tugas yang dia ambil mau tidak mau harus direview. Kalau aku sih gak akan mengambil job review barang yang aku tidak sukai, lebih suka menulis apa adanya.
Lalu gimana sih menulis dengan cinta itu?, tidak hanya sebuah hubungan ya membutuhkan cinta dan rasa. pasti tahu kan hubungan tanpa rasa itu seperti, sayur tanpa garam, seperti langit tanpa bintang. 

Ibu dari dua orang anak ini (tetap aja masih terlihat seperti gadis), bertanya pada semua peserta "lebih suka curhat sama orang apa menulis di diary?". kalau aku sih sejak dulu lebih suka menulis di diary atau di selembar kertas. Nanti disitu aku tulliskan apa yang ku rasakan dan ku lemparkan kertas itu, dengan harapan bisa hilang terbawa angin. Waktu masih masih SMA, aku pernah suka sama seseorang tapi gak ada keberanian mengutarakannya, akhirnya aku tuliskan sebuah puisi pendek di mejanya dengan tip x tanpa nama. Walau sedikit jadi gempar disekolah tapi hati ini lega. "Uffs jadi kemana-mana nih, lanjut lagi ke topik semula.

Feature Stories

A Feature is a story about facts, not about fiction. Feature is all about Emotion. Feature is taste.
Feature adalah sebuah cerita yang berdasarkan fakta, bukan cerita fiksi. Meskipun demikian cerita fiksi yang kita tuliis tetap harus mengerahkan seluruh jiwa raga, agar dapat rasa penjiwaannya sehingga membawa pembaca seakan-akan mengalaminya.
Nah ini ciri-ciri  Feature Stories adalah bertutur, dekriptif, dan informatif, gaya penuturan yang indah tidak harus selalu 5W1H serta ada human interest.

Bertutur
Biasanya seorang penulis berbeda gaya bahasanya, jadi bertuturlah dan mengalir apa adanya. Jika biasanya memakai gw (menujukkan pada diri sendiri ciri khas orang betawi), lakukan saja bebas kok, selama itu bukan sara.

Deskriftip dan Informatif
Menulislah dengan jelas, jangan bertele-tele atau jadi muter-muter. Mulai lah dari pengalaman pribadi, menulislah dengan informasi yang jelas dan informatif.

Gaya penulisan yang indah
Menurut Dini penulisan yang indah itu relatif, namun intinya kita harus menggunakan bahasa yang pas dan tahu siapa pembaca kita. Tipsnya jika ingin bisa menulis dengan indah perbanyak membaca, baik membaca puisi yang hanya satu bait maupun novel atau karya tulis lainnya.

Tidak harus 5W + 1H
Dalam bercerita kita tidak harus berpegangan pada 5W1H tapi yang penting adalah why, what and how.

Human interest
Apapun bisa menjadi Feature , bahkan kejadian kecelakaan pun bisa diambil dari sisi human interst  nya. Misal seseorang yang kehilangan kekasih hatinya pada saat kecelakaan.

Bagaimana features bisa diciptakan ?
Features bisa diciptakan melalui story tellling dengan mengajak pembaca berimajinasi. Biasanya dengan bercerita seperti mendongeng lebih banyak disukai dan cepat diresapi oleh kebanyakan orang Indonesia. Membuat yang menbaca & mendengar merasa menjadi bagian dari suatu cerita. bercerita seakan-akan bercerita pada satu orang, lebih mudah menyentuh hati, dan meninggalkan kesan yang mendalam. Satu lagi" Pembaca tidak suka digurui" ujar ibu muda ini.

Do show, not tell dari kata hujan aja bisa menjadi sebuah kalimat yang sangat menyentuh kalbu, keren deh emak yang satu ini. Begini katanya
wangi hujan yang datang dari tanah basah diluar sana seketika membuat pori-pori ku mengembang. rasanya malam ini membuat tidak hanya hatiku saja yang ikut membeku, kulitku pun seperti membatu.
Dini pun menambahkan menulis pun harus ada goal yang jelas juga relevan , misal tentang kegiatan sehari-hari atau yang biasa terjadi. bercerita yang tidak relevan bisa memaksakan diri untuk menulis yang tidak kita ketahui. setelah itu bikin penesaran membuat pembaca membaca sampai akhir, atau sampai orgasme (maksudnya pembaca selalu  mengingat apa yang dibacanya). Jika cara ini sudah dilakukan dengan baik maka tulisan itu akan tersampaikan pada pembaca. Lalu apa lagi setelah itu???
Nah Feature pun ada tekniknya, yaitu  Lead in angle, upayakan bisa meimikat atau mencuri perhatiaan pembaca, Point of view tiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda--beda seperti pemusik menciptakan lagu dengan genre nya masing-masing. nah setiap blogger pun mempunyai daya pikat nya sendiri-sendiri, tapi bahasa pun harus rapi dan terjaga walaupun dengan bahasa sehari-hari pun. jika menulis tentang agama, politik sebaiknya jangan dibuat bahan humor karena sifatnya sangat sensitif sekali. usahakan harus lihai bermain kata memperbanyak kosakata bisa dengan membaca apa saja (wajar saja seorang Dini Fitria bisa menuliskan tentang hujan dengan kata yang mendayu-dayu karena kecilnya nongkrong di perpustakaan milik keluarganya yang ada dirumah). selain itu perbanyak lah diksi, full of value dan yang penting menulis dengan seluruh jiwa raga atau dengan setulus hati

Jadi ada pencerahan tentang menulis dengan baik, ternyata intinya ada pada diri kita sendiri. Apakah saat menulis, kita betul-betul mencurahkan semua perasaan sehingga oranglain pun bisa ikut merasakan. semoga setelah mengikuti workshop ini aku bisa selalu menulis dengan hati.
"Jika ditanya apa Big Wish aku tahun ini?"
Sangat sederhana, cuma ingin menulis lebih banyak lagi tentang pulau-pulau indah yang berhamparan di Indonesia dengan biaya yang didapat dari hasil menulis. jujur aja selam ini traveling kemana-mana lebih banyak memakai uang dari suami.

peserta Menulis Dengan Cinta batch 2 dok. Komunitas ISB

Artinya aku harus lebih sering lagi menjelajah, yang aku butuhkan adalah promo tiket murah. Dari semua e-commorce yang marak di pasaran, aku mempercayakan semua kebutuhan dari perlengkapan rumah tangga sampai ke makanan kucing kesayangan. Sekarang aku gak perlu ribet lagi, untuk mencari tiket pesawat atau kereta cukup klik Blibli.com. sekarang e-commerce yang identik dengan warna biru ini sedang menyelenggarakan "MY BIG WISH" dimana setiap aku berbelanja 150 ribu mendapatkan poin (jadi makin semangat lagi belanjanya). Oh iya, workshop kali ini didukung juga oleh Zoya Cosmetik . Menang banyak peserta "menuils dengan cinta" bach 2, kenapa aku bilang menang banyak karena ilmunya dapat gratis, lalu pulangnya dikasih voucher Blibli dan kosmetik dari Zoya Cosmetik. Kayanya kode deh ini, blogger tuh harus bisa menulis dengan menarik dengan penampilan yang cantik pula. Semoga disetiap tulisan aku ini bisa bermanfaat dan jangan lupa doain aku juga ya supaya jadi blogger sukses seperti teh Ani Berta.


Komentar

  1. jadi inget lagi ya mba betapa pentingnya rasa dalam tulisan itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak apapun kalau tanpa rasa jadi hambar

      Hapus
  2. Oalah, jadi selama ini dirimu suka diprotes anak-anak kalau jalan-jalan? Kalau aku yang protes malah suami mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bebebku mah fie-fine aja mak anak-anak yang rewel.

      Hapus
  3. Bikin ketagihan belajar dan tertantang pastinya ya :)

    BalasHapus
  4. Terima kasih untuk sudah menyempatkan mampir ke Blibli.com. Semoga workshopnya penuh manfaat :)

    BalasHapus
  5. Hai mbak..Terima kasih untuk sudah menyempatkan mampir ke Blibli.com. Semoga workshopnya penuh manfaat :)

    BalasHapus
  6. Seru banget acaranya ya mbaa

    BalasHapus
  7. Keren ya ilmu dari mba Dini Fitria. Aku jadi termotivasi buat menulis dengan rasa.

    BalasHapus
  8. Asik nih big wishnya traveling se-Indonesia raya.. semoga tercapai ya kak.. mantap banget pembukaaannya *berasa senasib wkwkwk... Ilmunya emang enggak nanggung-nanggung yak, bikin blogger nambah keren dah...

    BalasHapus
  9. Akan ada masanya tulisan menemukan takdirnya. Jgn berhenti utk menebar inspirasi. Semangaaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Bayar Tagihan Listrik Di Traveloka Jadi Mudah Bisa Dimana Aja

Lebih Mengenal Arti Rezeki Sebenarnya Di Buku Aplikasi Pencari Rezeki