10 Tips Tetap Semangat Bekerja di Bulan Puasa

10 Tips Tetap Semangat Bekerja di Bulan Puasa

Tetap berpuasa di tengah pekerjaan yang padat merupakansalah satu tantangan di tengah bulan Ramadan ini terlebih menjelang lebaran. Banyak dari kita yang sudah kurang fokus dengan kerjaan, lebih memilih untuk mencari tiket pesawat, kereta maupun bis untuk pulang ke kampung halaman. Pikiran sudah berbagi cabang. Sama halnya seperti saya, walau pun tidak mempunyai kampung halaman tetap sibuk mencari tiket pesawat dan hotel untuk menginap. Malah saya memanfaatkan mudik gratis yang di adakan oleh instansi, retail tertentu. Itung-itung menghemat biaya.
Baca juga traveling saat libur lebaran

10 tips tetap semangat bekerja di bulan puasa


Selain hal tersebut, faktanya, masih ada sebagian orang yang kesulitan mengatur aktivtasnya dikantor, saat sedang berpuasa. Alih-alih beribadah sambil tetap bekerja, beberapa orang justru malah kewalahan dan akhirnya memilih untuk batal. Sebenarnya kembali pada diri kita masing-masing, dan semua tergantung pada niat. Kalau niat nya sudah bulat maka tak ada yang bisa menggoyahkan seberat apapun pekerjaan kita.

Tiket pesawat promo

Tak mau hal itu membuat ibadah Anda gagal, berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan.

1. Kuatkan motivasi.
Sebagai pria muslim dewasa, Kamu mempunyai kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa. Lakukan itu sebagai sebuah ibadah yang menjanjikan pahala. Motivasi yang kuat akan membuat Kamu mampu bertahan mengalahkan hawa nafsu selama satu bulan penuh.

2. Latihan bangun lebih pagi
Sahur menjadi kesempatan untuk mengisi tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk beraktivitas selama sehari. Jangan lewatkan kesempatan ini hanya karena alasan mengantuk. Berlatihlah bangun lebih pagi. Jika kita sudah terbiasa maka tubuh pun akan selalu sengat dan sehat bugar ketika bekerja nanti.

3. Lakukan sedikit aktivitas sebelum sahur
Bangun terus makan tentu tak akan mudah. Tubuh masih dalam keadaan tidur. Untuk membangunkannya, lakukan sedikit aktivias fisik, sesaat setelah kamumenyegarkan mata dengan mencuci muka. Push up dengan repitisi10 kali untuk 3 set merupakan salah satu contoh aktivitas yang menarik utnuk dilakukan.

tetap bugar saat berpuasa


4. Minum air putih
Setelah beraktivitas fisik ringan, minumlah minimal 2 gelas air putih saat sahur. Ini akan berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama tidur dan meluruhkan dahak serta enzim yang ada di mulut.

5. Sahurlah dengan makanan yang sehat
Siapkan sahur dengan makanan yang kaya akan protein dn serat. Kedua jenis nutrisi itu terbukti membuat kita merasa kenyang lenih lama. Sebagai sumber karbohidrat, kamu dapat mengganti menunasi putih dengan nasi merah yang mempunyai IG yang komplek sehingga lama di cerna oleh tubuh.

buah yang wajib dikonsumsi saat puasa


6. Hindari makanan bersantan, pedas, dan terlalu asin
Makanan bersantan dan pedas berprotensi membuat kita mengalami gangguan pencernaan, apalagi jika disaat sahur, di saat lambung masih belum bekerja optimal. Hindari pula makanan terlalu asin yang akan membuat cepat merasa haus karena garam bersifat mengikat cairan dalam tubuh.

makanan yang harus dihindari saat berpuasa


7. Sempatkan bermeditasi
Sebelum menyalakan kendaraan untuk berangkat ke kantor atau bersiap untuk melangkahkan kaki ke luar rumah, ada baiknya kita meluangkan waktu selama sekitar sepuluh menit utnuk bermeditasi. Tarik nafas dalam dan bayangkan hal-hal menyenangkan yang akan kita temukan selama satu hari.

meditasi agar otak tetap relax saat berpuasa


8. Dengarkan musik yang menenangkan
Saat di jalan, kita akan menemukan hal yang tak menyenangkan dan membuat bad mood, seperti pengendara motor yang kurang sopan, sopir mobil yang tak mau mengalah, dan kemacetan yang masif. Daripada terbawa dalam suasana jalanan yang tak menyenangkan itu, lebih baik dengarkan musik yang menenangkan dan membuat ritme jantung tetap teratur.

9. Bekerjalah dengan gembira
Mulailah pagi ini di kantor dengan hal menyenangkan. Lakukan pekerjaan rutin dengan pikiran positif. JIka kamu butuh refreshing saat tengah bekerja, buka beberapa laman yang mampu membuat kita gembira atau malah tertawa.

10 tips tetap semangat bekerja di bulan puasa


10. Tidur saat istirahat siang
Efisienlah menggunakan energi. Saat istirahat siang, cari tempat yang tenang untuk tidur. Selain untuk menahan rasa lapar, tidur juga berfungsi untuk mengembalikan stamina kembali bugar.

Puasa bukan dijadikan alasan untuk kita bermalas-malasan, manfaatkan bulan yang penuh berkah ini untuk berbuat kebaikan, dekat dengan keluarga, dan mempererat tali silahtuhrahmi yang sempat terputus karena rutinitas kita yang padat. Manfaatkan liburan lebaran ini untuk berkunjung ke sanak keluarga, karena silahtuhrahmi bisa membuat kita umur panjang dan banyak rezeki. Selain silahtuhrahmi perbanyaklah sedekah atau amal jariah, kelak di alam kubur nanti itu yang akan menolong kita dan jangan lupa perbanyaklah membaca Al-quran untuk memberi safaat untuk kita di akhir nanti.


Komentar

  1. Latihan bangun lebih paginya udah.. Tp bikin di kantor jd ngantuk. Cara siasatin ngantuk saat kerja gmn mba? 😀

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Lebih Mengenal Arti Rezeki Sebenarnya Di Buku Aplikasi Pencari Rezeki

Merencanakan Perjalanan Honeymoon Ke Bali Lebih Mudah Dengan Traveloka