Senin, 28 Agustus 2017

thumbnail

Rahasia Menang Lomba Blog Dan Menulis Konten Marketing Yang Menarik

Komunitas Indonesia Social Blogpreneur (ISB) sering kali mengadakan workshop. Kali ini bertempat di Burger King Plaza Festival (27/08/2017) mengangkat tema  "10 Quick Tips on Content Marketing", dengan narasumber Blogger & Content Writer Haya Alia Zaki dan Niko Riansyah Digital Marketing Spesialis. Seperti biasa workshop didukung penuh oleh CNI Indonesia.


Teh Ani Berta salah satu Blogger sukses



Acara dibuka oleh Sambutan founder Komunitas Indonesia Social Blogpreneur Ani Berta. Materi pertama diberikan oleh Mas Niko.

bagaimana menciptakan konten merketing yang bagus, menarik dan unik, perlu diperhatikan langka-langkah sebagai berikut:


-Banyak membaca 
Bisa membaca dari buku, atau blogwalking, mainstream media, atau podcast.

-Identifikasi dulu target para pembaca seperti   umur, gender, dan pekerjaan

-Agar konten marketing lebih baik cari tema yang relevan yang sesuai dengan blog kita dan lakukan secara berkelanjutan atau rutin update

- Pos tulisan untuk umum jangan sampai pembaca untuk mendaftar dan juga agar terbaca oleh geogle Rata-rata pembaca di Indonesia termasuk golongan pembaca yang malas login.

-Tulisan harus kreatif dan unik. Hindari tulisan yang mainstream agar mudah diingat

-Setelah tulisan selesai baiknya dishare di media sosial kita agar menambah pengunjung diblog kita

Sebelum tulisan di pos baiknya kita baca atau periksa kembali, agar tidak terjadi typo. Kadang juga kita sering kehabisan ide, nah untuk mencari inspirasi kembali sebaiknya membaca atau mampir ke blog teman juga bisa melihat-lihat youtube dulu. Seperti Saya kalau sudah kehabisan kosa kata, rehat sejenak sambil lihat drama korea atau taiwan.

Usahakan sehari 1 kali posting atau update di blog kita. Oh, iya untuk share link di sosmed sebaiknya 1 hari 1 artikel ya. Biar teman di sosmed gak pada bete.

"Bagaimana sih membuat konten yang berbeda?"


Untuk membuat konten yang berbeda sebaiknya kita personal branding dulu. Maksudnya kita harus membuat ciri khas tulisan kita sendiri seperti isi, design, cara penulisan dan harus konsisten penyampaiannya.

Agar konten terus menarik dan diminati, sebaiknya sesuai dengan passion dan sesuai dengan pengalaman pribadi. Hindari konten yang mainstream, memang cepat viral tapi bersifat sementara. Bisa juga memanfaatkan hastag yang sedang tranding topik.

Niko Riansyah Digital Marketing Spesialis 


Karena masing-masing media sosial ada aturannya tersendiri, maka optimal kan caption yang bisa menarik pembaca diblog kita. Contohnya Instagram, pilih lah 3 atau 4 paragraf isi blog atau gunakan caption menarik sertakan foto yang bagus dan menarik. Berbeda dengan instagram, kalau twitter manfaatkan hastag yang sedang tranding topik dan keterbatasan karakter untuk caption menarik.

Perlu di garis bawahi Blogger wajib mempelajari Geogle Analytics, agar bisa melihat grafik audience dan performance pada blog kita. Untuk blog pribadi, jika bounce rate 50-60 % sudah bisa dibilang bagus. Bounce rate bisa jadi indikator, apakah ada yang salah dengan blog kita.

keuntungan bergabung di bisnis CNI Indonesia


Estimasi Keuntungan Bisnis CNI

CNI Indonesia termasuk bisnis Multi Level Marketing (MLM), banyak sekali keuntungan dan kemudahan untuk bergabung. Keuntungannya bisa berkisar 7-12 % ditambah lagi dengan komisi sampai 25% . Untuk modal pertama bisa dari 2 jutaan kita sudah bisa menjual produk. Nah, selain mendapatkan keuntungan, kita juga bisa mendapatkan benefid berupa travelling.

Untungnya CNI Indonesia adalah MLM terbesar di Indonesia dan sudah terpercaya. Produk dari CNI sangat lengkap, ada kopi ginseng, suplemen, detergen dan masih banyak. Semua produk CNI sangat terpercaya dan teruji. Saya dan suami sangat suka kopi ginseng dan up hot dark chocolate juga lemon tea.

Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Blog ala Mbak Haya

Siapa sih yang gak kenal dengan Haya Alia Zaki yang sudah menjadi langganan menjadi pemenang lomba. Dalam kesempatan kali ini Mbak Haya yang menyebut dirinya "Blogger Karatan" berbagi tips dan pengalamannya dalam mengikuti lomba. Berlatar belakang pendidikan di Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (1995-1999), Apoteker Universitas Indonesia (1999-2000). Maka nya Mbak Haya senang sekali bila ada lomba blog dengan tema kesehatan.

Banyak prestasi yang sudah diraihnya, menjadi juri lomba dan juga banyak memenangkan lomba blog. Salah satunya adalah

■ Pemenang kedua lomba menulis karya ilmiah Universitas Sumatera Utara
■ Pemenang lomba menulis "Keajaiban Sentuhan Medis (Singapore Tourism Board dan majalah Reader's Digest Indonesia) (2008)
■ Pemenang lomba menulis Rahasia Cantik Mudamu Ponds Unilever (2011)
■ Konten terbaik lomba blog Parodontax (2013)
■ Pemenang lkmba blog Systema Solution (2013)
■ Pemenang utama online competition Kiwi Zespri (2013)

Namun yang paling berkesan adalah saat mendapat tugas meliput rumah sakit dan klinik di Singapura (2015). Luar biasa.. aduhhh Aku kapan ya kaya gituuu mesti nunggu berapa lama lagi. Melihat prestasi yang dicapai Mbak Haya, membuat Saya semakin semangat menulis. Banyak sekali lomba menulis blog saat ini. Ada satu akun yang rajin sekali mencatat lomba dan deadline seperti duniabiza.com.
Menurut Mbak Haya banyak sekali keuntungan kita mengikuti lomba blog, walaupun tidak menjadi pemenangnya.

Keuntungan mengikuti lomba blog

● Dapat hadiah (kalau menang)
● Mengasah keterampilan ngeblog
● Tambah teman silahturahim
● Dikenal khalayak
● Networking dengan brand dan agensi
● Membuka peluang lain

Mendapat hadiah jika menang sudah tentu pastinya. Trik Mbak Haya, untuk membuatnya semangat mengikuti lomba adalah hadiah lomba di print out lalu ditempel di meja kerja nya. Jadi ketika sedang tidak bersemangat, bisa semangat lagi bila memandang hadiah lombanya. Boleh juga nih dicoba, trik yang jitu untuk menambah semangat.

●Mengasah Keterampilan Ngeblog

Semakin sering mengikuti lomba blog, secara tidak langsung kita semakin kreatif dan bertambah kosa kata. Mau tidak mau pasti, kita akan kepoin tulisan peserta lomba dan termasuk tulisan jurinya. Karena dengan kita mempelajari kesenangan atau cara juri lomba menulis bisa kita manfaatkannya. Seperti Mbak Haya senang sekali menulis story telling.

●Tambah Teman Silahtuhrahmi

Menambah silahtuhrahmi sudah jelas ya, dari tidak kenal jadi kenal walau lewat sosial media. Seperti pengalaman Saya, waktu mengikuti lomba blog Tidore Untuk Indonesia. Saya bisa mengenal blogger traveller yang memang sudah berpengalaman dan sering menjadi pemenang lomba seperti Oom Ndut, Deddy Khuang, Katerina, Papan pelangi, Mak Bolang, dan Eko Nurhuda.

●Dikenal Khalayak

Kalau kita menang, pasti nama kita akan terpajang di website penyelenggara atau banner. Di media sosial dan semakin orang ingin tahu siapa kita. Saya juga selalu ingin tahu latar belakang pemenang dan bagaimana tulisannya juga media sosialnya.

●Networking dengan Brand dan Agency

Biasanya nih kalau ada brand dan agency cocok dengan blog kita, mereka akan mengundang bila ada launching produk atau menjadi content writer.

● Membuka Peluang Lain

Peluang yang tidak terduga pasti akan menghampiri kita. Job-job akan berdatangan, otomatis pundi-pundi uang akan terkumpul. Seperti Teh Ani Berta yang bisa membiayai keluarganya dan membeli rumah hasil dari ngeblog. Memang suatu keberkahan

Tips dan Trik Agar Menang Lomba

● Nama Blog
Cari nama blog yang sesuai dengan isi blog atau passion kita, jangan yang aneh-aneh. Bisa saja mempengaruhi kesempatan menang.

● Tampilan Blog harus
-bersih
-warna ramah mata
-minimalis
-tidak ada iklan pop up
-hindari efek yang menganggu
-front jelas

●Cermati semua peraturan lomba
-jumlah panjang kata, misalnya 1 paragraf terdiri dari 2 atau 3 kalimat
-banner lomba, beri keterangan kalau tulisan tersebut sedang mengikuti lomba atau beri label
-baclink
-keyword
-follow akun sosmed brand
-dan lain-lain

●Blogwalking (BW)
kalau Mbak Haya bw dulu ke peserta lomba, dan perlu digaris bawahi bukan untuk mencuri ide atau copy paste , tapi justru untuk membuat yang berbeda.

●Konten
-tulisan
-foto
-infografis
-video
-dan lain-lain

Tambahkan referensi yang terpercaya dan terkini, seperti dari

-buku
-jurnal
-Wikipedia (tidak direkomendasikan)
-link website resmi
-institusi terkait
Bila perlu lakukan riset dan tidak harus mahal.

Rumus 5 W + 1 H


Rumus 5 W+ 1H sebenarnya rumus dasar untuk menulis, termasuk menulis konten pada blog. Bila ada satu rumus yang hilang, maka tulisan akan terasa kurang lengkap dan jelas. Pastikan tulisan jelas dan ada pesan kunci didalam tulisan. Hindari singkatan, apalagi yang tidak lazim.Jangan sampai ada typo pada tulisan kita, juga perhatikan tanda baca.

Soft Selling

-ceritakan pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain (dengan cara mewawancara)
-konten yang komprehensif
-hindari mengulang-ulang terus nama brand (bisa-bisa nanti di semprot geogle)
-tidak menulis nama kompetitor
-jujur pada pembaca bahwa kita sedang mengikuti lomba
-pancing pembaca berinteraksi
-akhiri dengan kalimat tanya, ajakan diskusi dan lain-lain

Pesan Mbak Haya

"BLOGGER SELL STORIES NOT PRODUCTS"














Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com