Jumat, 25 Agustus 2017

thumbnail

Ngidam Seru Bersama Susu SGM Bunda

Saya Ibu dari dua orang putri dengan karakter yang berbeda. Kadang mereka suka bertengkar, entah apa yang mereka ributkan. Jika si sulung sedang kesal pada adiknya suka berteriak

"Ibuuuu dulu ngidam apa sih waktu hamil si dede, kok dia ngeselin banget sih...!!??

Saya hanya tersenyum jika mengingatnya. Waktu ngidam si dede Saya sama sekali tidak sadar kalau sedang hamil, padahal hanya tiga hari saja tidak minum pil kb. Tetiba Saya mual sekali bila melihat bakso, dan nasi. Padahal bakso adalah makanan favorit, begitu pula jika makan nasi pasti saya langsung muntah. Hampir tiap hari ibu Saya membawakan sayur bakso sapi untuk anak pertama, karena tidak ingin menolak tetap diambil tapi setelah itu Saya berikan pada nenek disebelah rumah. Setelah dua minggu baru Saya ngomong pada Ibu agar tidak membawakan sayur bakso lagi.

Saya juga suka marah-marah gak jelas pada suami. "Mikir juga sih, kok Saya jadi aneh ya, pas mau mandi saya ukur pinggul dengan telapak tangan dan disitu jadi tahu kalau sedang hamil. Biasa nya orang hamil itu pinggulnya melebar dan buah dada agak sedikit bengkak seperti mau menstruasi. Setelah satu bulan baru Saya periksa ke dokter kandungan.

Terus terang saat hamil Saya tidak ngidam yang aneh-aneh. Cuma Saya dan Suami suka lihat monyet, dan film Sunggokong (Kera Sakti) waktu hamil anak pertama. Di kehamilan anak kedua berbeda lagi, kami suka nonton tinju. Alhasil kami suka main tinju-tinjuan seringkali jadi pemicu pertengkaran kalau salah satu dari kami ada yang kesakitan. Dihamil kedua juga Saya, Suami dan Anak pertama suka berkeliling naik sepeda bertiga.

Walaupun sedang hamil Saya tetap aktif, malah tetangga bilang Saya "bunting kebo" hamil tapi jalan biasa aja seperti gak bawa perut. Dulu mendengar mitos "kalau lagi hamil jangan ngomong sembarangan". Dibilang mitos tapi benar juga sih terjadi, saat hamil pertama suami sempat cemburu dan menuduh Saya berselingkuh. Hingga Saya sampai berucap "kalau nanti anak ini lahir semuanya seperti kamu, kecuali sifatnya". Benar aja saat lahir Anak Saya berbulu seperti monyet dan dari mata hingga bibir mirip Bapaknya.

Susu SGM Bunda sangat penting untuk Ibu hamil


Festival Ngidam SGM Bunda

Sejak 63 tahun yang lalu SGM sudah memproduksi susu untuk bayi yang baru lahir sampai balita. Selain memproduksi susu, SGM juga seringkali membuat acara-acanra untuk mendukung para Ibu untuk memberikan nutrisi yang terbaik seperti live chat atau kegiatan lainnya. Rencananya nanti tanggal 2-3 Sepetember 2017  di Summarecon Mall Bekasi akan ada Festival terbesar dan pertama di Indonesia.

Dalam rangkaian kegiatan Festival Ngidam SGM Bunda, para Bunda dan Ayah dapat aktif berkonsultasi seputar kehamilan dan nutrisi serta mengikuti talk show edukatif bersama para ahli seperti Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K) terkait "peran Nutrisi Masa Hamil & Menyusui untuk Dukung Bunda & Si Kecil Sehat", Prita Ghozie mengenai "Perencanaan Keuangan dalam Menyambut Persalinan", dan Psikolog Keluarga Tara de Thouars, BA, M.Psi perihal "Dukungan Psikologis Bunda di Masa Hamil, edukasi laktasi,ntips tetap cantik saat hamil hingga menyusui, hingga demo masak lezat dan bernutrisi bersama Chef Deni dari Master Chef Indonesia 2015.

Selain beragam edukasi tentang kehamilan, SGM bBunda ingin memberikan kenangan indah dan berkesan kepada Bunda disaat ngidam. Sehingga terdapat aktivitas seru lainnya didalam Festival Ngidam SGM Bunda, yaitu Ngidam Jajan yang menghadirkan beragam sajian kuliner lezat dan bergizi. Selain itu, Bunda juga bisa menikmati Ngidam Dimanja amelalui serangkaian fasilitas perawatan kecantikan, pijat relaksasi, hingga terapi musik hamil. Untuk Bunda yang Ngidam Eksis dapat mengikuti fashion show Bunda Hamil-Menyusui serta photo both cantik. Bunda pun bisa menikmati hiburan dan penampilan selebriti melalui Ngidam Ketemu Artis,"ujar Christian di Suasana Restoran Jakarta (24/08/2017).

Dari kiri Dr.Med.dr.Damar Prasmusinto,SpOG (K), Psikolog Tara de Thouars, BA, M.Psi, Marketing Manager Nutricia Sarihusada Christian Natalia 


Kiat Sehat Nikmati Serunya Ngidam

Biasanya ketika ngidam memiliki citaras tersendiri, seperti Saya kalau sudah lewat dari tri semester pertama makan nasi sama tumis kankung aja, NIKMAT sekali. Jadi apapun yang kita makan disaat ngidam itu serba nikmat, mangga asam aja jadi manis.

Dr.med. dr. Damar Ptasmusinto, SpOG(K) memaparkan "mual muntah dan mengidam adalah untuk mencegah masuknya makanan secara potensial "berbahaya" untuk ibu (yang daya tahan tubuhnya berubah selama kehamilan) dan janin". Ngidam adalah hal yang wajar bagi Bunda hamil, biasanya dipicu oleh meningkatnya Peptida Opiod Endogen (POE) . Dimana terdapat hubungan kuat antara POE dengan asupan makanan. Hal ini perlu dicermati oleh Bunda, karena seringkali Bunda kesulitan untik mengontrol keinginan sehingga cenderung melupakan asupan nutrisi seimbang yang harus dipenuhi.

Pentingnya nutrisi Makro dan Mikro selama hamil dan menyusui


Meningkatnya kebutuhan asupan karbohidrat, protein, maupun lemak perlu diimbangi dengan kecukupan mikronutrien seperti asam folat, zat besi, dan kalsium yang memiliki peranan besar untuk perkembangan kecerdasan dan fisik si Kecil sejak dalam kandungan.

Untuk itu Bunda dapat menjadikan momen ngidam sebagai kesempatan dalam memenuhi kecukupan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan atau minuman yangntidak hanya lezat namun juga sehat. Contohnya, menghindari konsumsi makanan dengan kadar gula dan minyak berlebih.

Selain pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan sangat penting, Bunda juga dianjurkan mengontrol peeubahan psikologis yang terjadi dalam dirinya. Seperti Saya suka marah-marah gak jelas. Ternyata rasa cemas dan khawatir yang kita alami selama kehamilan adalah dipicu oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal dan masing-masing Ibu hamil biasanya berbeda-beda ya bawaannya (karakter saat ngidam).

Disini diperlukan perhatian dari orang-orang terdekat terutama Suami. Maklum ya, orang hamil memang biasanya suka CaPer (Cari Perhatian) pinginnya di sayang, di manja, di sanjung dan masih banyak lagi. Intinya ingin selalu jadi yang utama.
"Jika Bunda dapat menjalani masa kehamilan tanpa terganggu rasa cemas dan stress tentunya si Kecil di dalam kandungan akan turut merasa nyaman dan mampu berkembang secara optimal", papar TarabDe Thouars.

SGM BUNDA


Penyerahan Piagam Rekor MURI 

SGM Bunda terus berkomitmen untuk mendukung Bunda menjalani masa kehamilan hingga menyusui tetap sehat dan bahagia, telah menjalani kamoanye "Nutrisi Lezat, Bunda Sehat". Selain "Festival Ngidam SGM Bunda" yang telah diadakan di Surabaya dan nantinya di Jakarya, SGM Bunda juga menghadirkan "Edukasi Nutrisi & USG Gratis dibanyak lokasi di Jawa dan Sumatera yang saat ini menjangkau 34,790 Bunda di 900 titik lokasi. Kegiatan ini telah berhasil memecahkan rekor MURI untuk 'Jumlah Foto USG Bunda Hamil Terbanyak'. Woww keren ya.. dan kegiatan ini pun akan terus berlangsung hingga akhor 2017 nanti diharapkan dapat menjangkau hingga 75,000 Bunda Hamil

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com