Sabtu, 10 Juni 2017

thumbnail

Sehat Berbuka Puasa Bersama Danone Indonesia

Berlokasi di Hotel All Season Jakarta Selatan (06/06/2017)  PT. Danone Indonesia mengundang blogger dan media untuk buka puasa bersama. Kegiatan ini rutin dilakukan Danone setiap bulan ramadhan. PT. Danone Indonesia bukan saja menjual produk dan mencari keuntungan. Selain itu Danone juga peduli akan lingkungan dan alam sekitar. Acara bukber kali mengangkat tema "Membiasakan Hidup Sehat Sejak Bulan Puasa dengan Penuhi Nutrisi dan Hidrasi".

dr. Dian Permatasari, M.Gizi,SpGk selaku Dokter spesialis gizi klinik, sebagai nara sumber kali ini. Seperti biasa dr. Dian menjelaskan gizi  dan manfaat puasa ramdhan yaitu menurunkan kadar gula darah, menurunkan kadar asam lemak, perbaikan profil Lemak. Jika profil perbaikan lemak kita bagus itu akan menurunkan/menjaga kestabilan berat badan, meningkatkan efek proteksi terhadap penyakit non enfeksi.

                            dr Dian Permatasari & Karyanto

Pedoman gizi pun harus tetap seimbang dan sesuai dengan tumpeng gizi. Sebaiknya makan disaat sahur dengan makanan yang mengandung karbohidrat komplek (nasi merah, roti gandum, kentang, jagung, mie, umbi-umbian)dan disaat berbuka makan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana ( madu, makanan atau minuman yang mengandung gula).

Selain karbohidrat tubuh juga membutuhkan lemak. Yang dianjurkan asupan lemak perhari 25-35% kebutuhan kalori, dan membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik (kacang almond, olive oil, alpukat)  sebaiknya konsumsi kolesterol <200 mg/hari. Bahan masakan

Tubuh kita juga membutuhkan vitamin dan mineral untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran disaat berpuasa. Agar tidak hidrasi saat berpuasa sebaiknya minum air yang mengandung mineral 2 gelas disaat sahur, 4 gelas disaat berbuka puasa dan 2 gelas disaat ingin tidur.

Tanda Dehidrasi

-Rasa Haus 
-Sakit Kepala
-Urin Berwarna Gelap
-Mengantuk
-Sulit Berkonsentrasi

Mineral

-Zat gizi mikro yang sangat penting bagi tubuh meskipun hanya diperlukan dalam jumlah yang kecil
-Makromineral: kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium, klorida
-Mikromineral: besi, zink/seng, mangan, kromium, selenium, yodium, fluor, dll

Florida

-Diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit 
-The Food and Nutrician Board: 4 mg/hari (laki-laki), 3 mg/hari (perempuan)
-AKG 2013: 3 mg/hari (laki-laki), 2,5 mg/hari (perempuan)
-Fungsi: menjaga/mempertahankan struktur gigi danntulang
-Definisi: gigi berlubang, tulang rapuh
-Toksisitas: Asupan fluorida 5 mg/kgBB/hari

Lebih dari 69 tahun air minum di Amerika yang terdapat di masyarakat ditambahkan dengan fluorida 1 mg/L. Hasil penelitian asupan tinggi fluorida dengan menurunnya angka kejadian gigi berlubang. 

WHO (2011) menyarankan batasan fluorida ditetapkan 1,5 mg/L.
Sedangkan SNI (2006) menyarankan air minum dalam kemasan<1 mg/L.

Kesimpulan

-Puasa memiliki efek yang baik untuk kesehatan, tapi harus tetap menjalani pola hidup sehat
-Memenuhi kebutuhan kalori dan hidrasi harian selama puasa dan diet gizi seimbang dan minum air outih  gelas/hari
-Mineral merupakan zat gizi penting yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit, beberapa diantaranya didapatkan dalam air putih/air minum kemasan
-Kandungan mineral yang terdapat didalam air minum kemasan sesuai dengan rekomendasi WHO dan peraturan terkait

Acara dilanjutkan oleh persentasi sosialisasi Danone Manisfesto PT. DANONE Indonesia oleh Bapak Karyanto selaku Direktur Pembangunan & Berkelanjutan Danone Indonesia. Danone Manifesto Manisfesto adalah Komitmen Sehat bersama Danone untuk mendukung masyarakat untuk mengubah pola makan dan minun lebih sehat. Komitmen ini ditunjukkan dengan adanya produk seperti Aqua pelopor amdk, Sari Husada (SGM, Bebelac, dan Lactamil) serta Nutricia.

Danone bukan saja hanya mengekploitasi tapi juga ikut melestarikan. Selain kesehatan masyarakat, Danone Manifesto juga fokus pada peningkatan kualitas air dan pengelolaan sampah. Inisiatif Danone mengumpulan plastik adalah cikal bakal dari pengumpulan botol bekas. Sampah plastik didaur ulang bisa menjadi baju, bantal atau yang lainnya.



Dibantul ada kepala desa sangat inovatif untuk mengolah minyak jelantah menjadi campuran solar untuk bahan bakar di pabrik yang sudah berjalan sejak dua tahun yang lalu. Tidak itu saja Danone Indonesia juga memiliki program CSR mengajak dan mendukung kelestarian alam dengan program membuat sumur resapan dan lubang biofori berlaku 1 rumah 1 lubang biofori dan program ini sudah diterapkan di karyawan PT. Danone Indonsia.

Keanekaragaman Hayati

Program konservasi dkembangkan di daerah resapan di sumber air yang dimanfaatkan AQUA. Hingga 2014 AQUA Grup telah menanam lebih dari dua juta pohon dsri berbagai jenis, membiakkan 323.000 tanaman dirumah pembibitan, serta membangun 528bsumur resapan dan 23.102 biopori. Kegiatan penanaman pohon cenderung menurun karena berbagai faktor, antara lain semakin terbatasnya lahan, tetapi inisiatif pembuatan biofori terus ditingkatkan.

AQUA GRUP juga mengoptimalkan tata guna area lahan terbuka hijaundi sejumlah pabriknya. Bekerja sama dengan berbagai pihak, lahan tersebut dikembangkan menjadi kebun raya mini yang merupakan perwujudan arahan Kementerian Lingkungan Hidup.

TEMAN ( Tempat Mudik Nyaman)

PT. Danone Indonesia juga mendukung tradisi mudik dengan menyediakan Teman (Tempat Mudik Nyaman). Di Teman terdapat playground anak-anak, mbak-mbak inval, air panas untuk membuat susu. Tanggal 24 nanti terdapat 4 titik di rest area. Fasilitas Teman ini bisa digunakan siapa saja dan tanpa syarat.







Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

Posting Komentar

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com