Senin, 08 Mei 2017

thumbnail

AQUA Tidak Hanya Mengambil Tapi Juga Mengembalikan Pada Alam Untuk Menjaga Kelestariannya

Blogger Visit AQUA Pandaan dan AQUA Keboncandi 2017

AQUA mengundang sepuluh blogger dari Jakarta, untuk mengunjungi kedua pabriknya yang berada Pasuruan yaitu pabrik yang berlokasi di Keboncandi dan Pandaan. Kami diajak melihat langsung semua kegiatan dari program yang sudah berjalan sejak beberapa tahun yang lalu. Tirta Investama sudah sejak lama berkecimpung dalam bisnis air. Dengan segala resiko kelestarian alamnya, perusahaan pun tidak tinggal diam. AQUA grup berkomitmen untuk mengembalikan apa yang telah diambilnya untuk menjaga kelestariannya.

Hari pertama kami diajak mengunjungi Pabrik AQUA Keboncandi. Di Keboncandi ada 2 sumur utama yang menjadi sumber air untuk produksi Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) yang juga menjadikan AQUA sebagai pelopor di Indonesia yang didirikan sejak tahun 1973. Bukti dari AQUA selalu peduli dengan alam, area pabrik dikelilingi oleh Taman Kehati dan Taman Kalbu. Blogger juga mendapat kesempatan mendengar paparan awal tentang Pasuruan Lestari (di Pandaan dan Keboncandi). Tidak hanya itu kami juga mengunjungi Kampung Batik Binaan di Desa Mendalan.

Batik Desa Mendalan adalah batik tulis yang mempunyai ciri khas tersendiri yaitu daun sirih yang menghiasi kain dan dipasarkan dengan kisaran harga Rp 150.000.



Selesai berkunjung ke sentra batik Keboncandi, kami pun melanjutkan acara berikutnya Konservasi ke bukit cinta yang berada di Bromo dan sebelum melakukan konservasi kami makan siang di RM. Tengger yang menghidangkan menu lokal. Jarak yang ditempuh sekitar dua jam setengah dari RM Tengger ke Bromo. Bersyukur cuaca sangat mendukung. Tapi harus punya keberanian untuk menanamkan pohon ini, karena bukit cinta yang akan kita tanami itu lahannya miring sekali. Aku aja dibantu oleh team untuk bisa menanamnya.


Terealisasi sudah impianku untuk berkunjung ke Gunung Bromo, bersyukur kepada Allah SWT mengabulkan impianku melalui AQUA aku bisa foto berlatar Gunung Bromo dan Gunung Batok. Lebih spesialnya lagi ku meninggalkan jejak dengan menanam satu pohon untuk seribu kehidupan. Hanya saja belum bisa mengambil foto sunrise karena kami harus melanjutkan perjalanan ke Kepiting Cak Gundul yang berlokasi Tretes Pasuruan untuk makan malam. Kepiting Cak Gundul konon pemiliknya berkepala gundul alias botak berdagang keliling karena rasanya yang enak dan murah kini Kepiting Cak Gundul mempunyai dua cabang yang menghasilkan omset jutaan rupiah dalam satu bulan.


Setelah perut terisi penuh dan malam pun semakin larut, kami menuju Hotel Surya Tretes hanya lima belas menit dari Kepiting Cak gundul. Hotel Surya Tretes sangat nyaman dan indah karena dari balkon kamar kita disuguhi bisa memandang gunung Arjuna. Sayangnya jam delapan pagi kami sudah harus cek out untuk melanjutkan acara berikutnya PAUD salah satu binaan AQUA Grup berkurikulum lingkungan terintergrasi dengan bank sampah. Semua anak didik dari TK Al-Hidayah diwajibkan membawa sampah seperti kardus, gelas dan botol plastik bekas. Dari sampah ini akan didaur ulang menjadi sebuah kerajinan seperti tas, tempat tissue dan yang lainnya. Hasil kerajinan tangan ini nantinya akan dijual dan uangnya digunakan untuk membeli susu anak-anak dan untuk biaya darma wisata. Memang uang didapatkan sekitaran satu jutaan rupiah cukup.





Destinasi selanjutnya berkunjung ke Pabrik AQUA Pandaan yang tidak jauh Hotel Surya Tretes yang juga melewati Wisata Religi Masjid Cheng Ho sebuah masjid yang berwarna merah dihiasi dengan ornamen Tiongkok dan juga menjadi salah satu pusat oleh-oleh khas Surabaya.

Di Pabrik AQUA Pandaan, kami bertemu kembali dengan Bapak Gunawan Wibisono - Ahli Pengelolaan Air seperti biasa Bapak Wibisono panggilan akrabnya memaparkan tentang pengelolaan air yang sehat dan benar. Di Pabrik Pandaan ini kami diajak melihat bagaimana produk dari Aqua diproduksi. Luas pabrik di Pandaan lebih kecil tapi lengkap memproduksi semua ukuran daripada di Keboncandi  lebih luas yang khusus memproduksi AQUA galon.


Selanjutnya kami menuju lereng Gunung Arjuna untuk melihat sumur resapan dan membuat lubang biopori. AQUA grup mencanangkan gerakan 1 karyawan 1 biopori. Manfaat dari lubang biopori adalah meningkatkan daya resap pada air tanah dan mengubah sampah menjadi pupuk. Tidak hanya membuat lubang biopori saja, saat ini disetiap rumah penduduk pun sudah ada sumur resapan. Acara selanjutnya game yang sudah diagi menjadi tiga kelompok. Setelah selesai acara dilanjutkan pengumuman pemenang live tweet dan games membuat lubang biopori, Alhamdulillah salah satu pemenangnya dengan hadiah voucher belanja yang aku gunakan untuk membeli makanan kucing-kucing dirumah.




Komitmen dan Program AQUA Grup


Komitmen tersebut dikembangkan dalam berbagai inisiatif sosial dan lingkungan yang berada dalam payung AQUA Lestari kemudian dikembangkan dengan berbasis Daerah Aliran Sungain (DAS), dari hulu sampai hilir. Program AQUA Lestari melibatkan berbagai pemangku kepentingan pada setiap programnya. AQUA Lestari memiliki empat pilar yaitu:

■ Perlindungan Sumber Daya Air
■ Pengurangan CO2
■ Optimalisasi Kemasan dan Pengumpulan Sampah Kemasan
■ Distribusi Produk secara berkelanjutan

Pasuruan Lestari salah satu daerah pengembangan program dan beroperasi di AQUA Pandaan dan AQUA Keboncandi. Pasuruan Lestari mengembangkan program konservasi keanekaragaman hayati yang berbasis pemberdayaan masyarakat, community development dan pengumpulan sampah. Guna meningkatkan kapasitas masyarakat Pasuruan sebanyak 33% bekerja pada sektor pertanian.

 AQUA grup menandatangani MoU dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk komitmen melakukan konservasi disetiap lokasi pabrik. Sejak tahun 2008, AQUA Pandaan bekerja sama dengan Perusahaan Umum Kehutanan Negara Indonesia (Perhutani), Yayasan Kaliandra, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Dayurejo mengembangkan program Hutan Asuh untuk melestarikan kawasan hutan di Lereng Gunung Arjuna. Untuk membantu peningkatan kesejahteraan para petani maka diberikan:

● Empat ekor ternak sapi untuk pengasuh hutan
● Pengembangan budidaya sirih (5000 bibit)
● Pelatihan pembuatan minyak atsiri dan penyediaan alat.                 destilasinya sebanyak satu unit
● Pelatihan pembuat arang dari limbah kayu

Sejak tahun 2015 Pabrik AQUA Pandaan mengembangkan program Konservasi keanekaragaman Hayati berbasis Pemberdayaan Masyarakat dikawasan Hutan Sapen. Sudah terbangun Pondok Latih Bersama di Sapen sebagai sentra aktivitas untuk kegiatan konservasi dan keanekaragaman hayati.

Sedangkan Pabrik AQUA Keboncandi melakukan program konservasi bekerjasama dengan Balai Besar Taman Nasional Bromo Semeru (TNBTS), masyarakat desa sekitarnya dan Perhutani telah menanam 4200 bibit tanaman endemik lokal. Dibukit Cinta Perhutani menyiapkan lahan seluas 17 ha untuk komitmen penanaman 30.000 pohon pertahun hingga tahun 2020. Tercatat telah ditanam sebanyak 6000 bibit edelweis dan kopi di bukit cinta.

Klik Disini untuk melihat Keseruan ku diPasuruan selama 2 hari








Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com