Sabtu, 13 Mei 2017

thumbnail

The Power Of Content

Bersyukur bisa hadir disini dalam acara workshop yang diadakan Indo Female Blogger #IndonesianFemaleBlogger yang berlokasi di cafe Kanawa (13/05/2017). Saya tertarik hadir disini adalah dengan narasumber blogger senior yang patut menjadi panutan dan wajib menjadi contoh Teh Ani Berta dengan segudang pengalaman dan prestasi nya yang bikin mupeng.

Juga ada Mba Yonna Kairupan founder dari Indo Female Blogger dan Nyonyamalas.com selalu menang dari lomba blogpost.

Yonna Kairupan

MaYo panggilan akrabnya selain founder dari Indo Female Blogger yang juga make up artis, beauty blogger dan youtubers. Sebelum menjadi blogger Mba Yonna seorang videograper perusahaan besar.


 Alasan membentuk Indo Female Blogger adalah untuk mewadahi blogger wanita di Indonesia untuk bersama-sama belajar meningkatkan konten dari blog nya.


Nyonyamalas.com
Mba Ella begitu panggilan akrabnya, ternyata rahasia dari tulisan diblog nya itu adalah banyak bertanya dari narasumber atau mencari info dan sumber dari konten yang akan kita tulis.


Seperti yang pernah ditulisnya tentang kesehatan Jantung dan yang menjadi narasumber adalah Ayah mertuanya dan Ayah kandungnya sendiri. Mba Ella sendiri pun rajin mencari info tentang mitos yang nanti akan dituangkan dalam blognya.


Nama nyonyamalas.com diambil untuk menginspirasi, yang memang karakter dari Mba Ella sendiri. Malas aja bisa berprestasi dan isi blognya bikin kita gak sadar kalau sudah membaca tulisannya yang panjang itu.


Ma Yo (Mama Yona Kairupan) sendiri adalah seorang yang malas untuk membaca tapi dia selalu membaca sampai habis semua yang ditulis Nyonyamalas.com. kebayang kan bagaimana nyonyamalas.com bisa membuat enjoy pembacanya lewat tulisan.


Ani Berta

Bakatnya menulis sudah ada sejak masih kecil. Dengan jurusan akademik Akuntansi yang bukan dari jurnalis tapi dari hobi bisa menjadikannya seperti sekarang ini.


Pertama kali menulis dibayar hanya beberapa rupiah saja tahun 2009 dan ternyata Teh Ani juga pernah loh menulis di Serempak tentang dunia anak dan perempuan dengan tulus selama satu tahun tanpa dibayar, dan karena ketulusannya akhirnya berbuah hasil.


Teh Ani mendapat honor setiap bulannya dari KPPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) sebulan kemudian Teh Ani mendapat email dari Australian Aid dikontrak selama 3 bulan dengan fee yang lumayan besar, amaging dari ngblog bisa menghasilkan uang sebanyak itu perhari.


Juga diberi kesempatan berkunjung ke beberapa propinsi dengan akomodasi gratis dan bisa mewawancarai wanita-wanita hebat di segala penjuru yang berada dipelosok sekalipun. Walau single parent Teh Ani bisa menyekolahkan anaknya di SMP AL-Azhar dan melunasi cicilan rumahnya 9 tahun . Wahhh mau banget ya...


The Power Of Content

Jika di Instagram, Facebook, dan Twitter caption yang menarik bisa dilihat dan menambah followers namun untuk di Blog yang menentukan dilirik tidaknya blog kita adalah konten.
Seperti di Nyonyamalas.com untuk menaikkan page view nya dari sebuah artikel kesehatan bisa mengajak para pembacanya untuk menerapkan hidup sehat dan selalu mengambil contoh dari pengalaman yang ada disekitarnya.

Berbeda dengan Dr. Amanda seorang beauty blogger page view nya sudah 6000 perhari yang pada kesempatan kali ini berbagi pengalamannya agar menaikkan trafic page view adalah menulis sesuai dengan yang biasa ditulis. Karena Dr. Amanda seorang beauty blogger jadi yang ditulis seputar kosmetik dengan keunggulan dan kekurangannya.


Tidak disarankan seorang beauty blogger menulis tentang foods atau yang lainnya, karena bisa mempengaruhi trafic page view.

Tapi bagi Yonna Kahuripan, kita harus bisa mengawinkan karakter kita dengan tulisan diblog. Jangan sampai diblog, kita berkarakter ramai tapi aslinya pendiam. Itu menjadi tantangan agar bisa menggambarkan karakter pada blog kita.

Bagaimana menjadi Aktual dan Apa sih Hard News dan Feature Stories???

Hard News

Tips Reportase ala blogger
1. Gunakan foto milik sendiri
2. Sediakan notes kecil plus pulpen atau gunakan aplikasi recorder di smartphone atau gadget lainnya untuk merekam ulasan yang disampaikan narasumber
3. Tulis reportase maksimal H+1 atau H+3
4. Link artikel bagikan di media sosial seperti facebook, twitter, g+ dan lain-lain. Jangan lupa mention brand aku pengundang.

Feature Stories

Biasanya feature stories sangat cocok untuk blogger
-Naration on pharagraph
-Interview, Observation, Experience
-Artistic

Jangan sampai melakukan kesalahan fatal yaitu salah menuliskan nama narasumber. Self experience sangat penting. Jika kita menggunakan gambar orang lain dan dia seorang blogger sebaiknya mencantumkan link blog nya itu salah satu etika yang wajib kita terapkan. Menghadiri suatu acara, kita harus siap menulis jika kita diundang sebagai blogger walaupun tidak ada fee nya.

Tips Meningkatkan Follower

-Melakukan livetwet walaupun tidak ada hadiahnya dan mention orang yang banyak followers nya
-Jangan sibuk dengan gadget sendiri jika berada disuatu acara. Pergunakan untuk bertukar kartu nama atau sosial media.

Banyak sekali cara untuk meningkatkan kualitas blog adalah dengan cara rajin mampir ke blog orang atau istilahnya blog walking (BW).

Saya pun masih banyak belajar dan belajar. Semoga cerita singkat ini bisa bermanfaat.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com