Sabtu, 04 Maret 2017

thumbnail

Wisata dan Budaya Banyumas Jawa Tengah

Mungkin sebagian orang hanya mengenal Purwokerto ibukota dari Banyumas dan Baturraden. Sama seperti saya beberapa kali berlibur ke Jawa Tengah hanya melewati Banyumas saja tanpa tahu disana banyak sekali lokawisata dan tempat rekreasi. Pernah tahun 2015 tepatnya liburan Idul Fitri, saya dan keluarga berkunjung ke Wonosobo. Seperti biasa, saya selalu memanfaatkan even mudik bareng naik bus yang disediakan oleh seponsor, kembali ke Jakarta saya naik kereta api yang sudah booking jauh-jauh hari, karena memang travelling saat Idul Fitri selalu terencana.

Saya juga mampir ke rumah seorang teman, yang kebetulan dia pindah ke Purbalingga kampung halamannya. Sayangnya tidak sempat berkunjung ke tempat wisata. Disana saya hanya menunaikan ibadah sholat IED dan langsung kembali ke Jakarta. Nah.. saya tahu Purwokerto hanya stasiunnya saja.

Kebetulan kita bicara soal Purwokerto, transportasi disana memang sangat tidak nyaman. Banyak bus kecil yang sudah tua masih beroperasi dan tarip yang dikenakan bisa dua kali lipat atau lebih. Itu yang sangat disayangkan. Menurut saya ini menghambat para wisatawan seperti saya yang bacetnya pas-pasan. Terkadang seringkali dibedakan tarifnya pribumi dan wisatawan padahal belum tentu mereka disana untuk liburan.

Tepat hari Rabu (01/03/2017) saya mendapat kesempatan menghadiri acara Promo Wisata Banyumas di rumah makan Handayani Jl. Matraman Raya, Jakarta Timur. Terima kasih untuk Bang Nur Terbit. Disini saya akan menuliskan ada apa saja di Banyumas, dikutif dari informasi  narasumber dan brosur yang saya dapat diacara ini.




Dengan harapan bisa mengikuti lomba dan bisa memenangkan hadiah berkunjung ke Banyumas agar nantinya saya bisa mengajak anak dan suami saya berkunjung ke Banyumas.

TENTANG BANYUMAS 

Banyumas merupakan bagian dari propinsi Jawa Tengah. Banyak sekali wisata dan budaya juga kulinernya, yang kita tahu hanya tempe mendoan saja. Padahal banyak sekali ragamnya.

          WISATA BELANJA 

Batik Banyumas
Batik merupakan karya seni yang unik dan artistik yang ada di Indonesia. Salah satu diantaranya motif Batik Banyumasan yang pembuatan ada dua masam yaitu batik tulis dan batik cap. Batik Banyumasan mempunyai ciri khas darinmotif maupun warnanya dengan warna pekat dan tandas. Bagi wisatawan yang ingin memperoleh dapat berkunjung sambil bisa melihat pembuatannya terletak di Jl. Mruyung-Banyumas.


                                  Nopia


Makanan Khas Banyumas 
-Soto Sroto
-Getuk Goreng Sokaraja
-Sate Bebek Sumpiuh
-Tempe Mendoan
-Keripik Tempe
-Jenang Jaket
-Nopia
-Keong Kuah Pedas
-Dage
-Semayi
-Tegean
-Empal basah
-Themlek
Jika berkunjung ke Banyumas belum sah rasanya bila tidak berwisata kuliner dan membeli oleh-oleh.


                          Hidangan Khas Banyumas


          SENI DAN BUDAYA BANYUMAS 

Tari Lengger & Calung Banyumasan
Tari Lengger Banyumasan dibawakan oleh dua orang wanita atau lebih dengan diiringi alat musik calung dan seorang sinden. Dahulu tarian ini dimainkan untuk menyambut datangnya masa panen, tetapi sekarang lebih sering dipentaskan untuk menyambut tamu agung. Calung adalah musik tradisional terbuat dari bambu wulung.

Wayang Kulit Gragag Banyumasan
Wayang Kulit Gragag Banyumasan adalah jenis pertunjukkan wayang kulit yang bernapas banyumas. Lakon-lakon yang disajikan dalam pementasan tidak berbeda dengan wayang purwo, yaitu yang bersumber dari kitab Mahabrata dan Ramayana. Spesifikasi wayang kulit gragag Banyumasan terletak pada teknik pembawaannya yang sangat dipengaruhi oleh latar belakang budaya masyarakat Banyumas.

Kesenian Kenthongan
Di Banyumas musik Kenthongan di Banyumas menjadi festival tahunan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ebeg/Kuda Lumping 
Ebeg/kuda lumping adalah tarian yang dibawakan dengan menggunakan kuda-kudaan terbuat dari anyaman bambu diiringi gamelan yang dipimpin oleh seorang penimbul/Dalang ebeg. Penari bisa kesurupan sambil makan bunga, pecahan kaca dan biji padi sambil dicambuk oleh sang penimbul.

Kirab Prosesi Pusaka Banyumas
Prosesi Kirab Pusaka dilaksanakan dalam rangka hari jadi Banyumas setiap tanggal 22 Februari. Pusaka yang dikirab terdiri dari keris, tombak dan kitab stambul. Turut serta dalam prosesi ini adalah visualisasi darinAdipati Mrapat.

Prosesi Grebeg Suran (Ruwat)
Grebeg Suran dilaksanakan pada bulan Sura setiap selasa/jumat kliwon di lokawisata Baturraden, prosesi ini sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karuniaNya berupa hasil panen. Dilengkapi dengan tumpeng pancawarna

Prosesi Jimat Kalisalak
Prosesi pencucian Jimat Kalisalak, Kecamatan Kebasen, dilaksanakan setiap tanggal 12-13 Rabiul Awal. Biasanya benda-benda pusaka yang dijamas berupa uang logam, peluru, daun lontar dan pendil.

Prosesi Jimat Kalibening
Prosesi penjamasan/ pencucian pusaka yang ada didesa Kalibening Banyumas setiap tanggal 12 bulan Maulid yang menggunakan air diambil dari sumur pesucen.

Prosesi Unggah-Unggahan Jatilawang
Prosesi ini dilaksanakan dimakam Bonokeling desa Pekucen-Jatilawang setiap bulan satu minggu sebelum datangnya bulan puasa. Peserta selamatan biasanya datang membawa hewan peliharaan seperti kambing atau sapi untuk dimasak secara masal yang disebutb"Becek"

Prosesi jaro Rojab
Upacara Jaro Rajab adalah prosesi penggantian Jaro (pagar) lama dengan pagar baru dikomplek makam Kyai Tulih yang terletak di sekitar Masjid SakaTunggal Wangon, dilaksanakan setiap tanggal 10 Rajab.

          BANYUMAS EVENT 

Kirab Hari Jadi Kabupaten Banyumas 

Prosesi Kirab Pusaka dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas setiap tanggal 22 Februari. Kegiatan prosesi ini diawali dengan ziarah ke makam Raden Joko Kaiman Bupati Banyumas pertama didesa Dawuhan Kecamatan Banyumas. Kemudian dilanjutkan dengan syukuran dan ruwat (wayang kulit pada siang hari) di pendopo duplikat Si Panji. Hari berikutnya dilaksanakan prosesi kirab pusaka.

Festival Serayu Banyumas
Festival Serayu dilaksanakan pada bulan Juli setiap tahunnya, ada dua acara yang diadakan yaitu Balapan Perahu Pasir dan Festival Perahu Hias. Balapan Perahu Pasir diikuti oleh para penambang pasir diwilayah kabupaten Banyumas. Sedangkan Festival Perahu Hias diikuti oleh SKPD, BMUD dan Perbankan dikabupaten Banyumas.

Banyumas Extravagansa
Banyumas Extravagansa merupakan event unggulan tahunan berupa Karnaval Seni dan Budaya Banyumas sebagai salah satu ajang promosi pariwisata dengan menampilkan berbagai jenis kesenian khas Banyumasan serta produk kerajinan lokal. Peserta Karnaval terdiri dari para komunitas pelaku seni, sekolahan, BUMN/BUMD dan swasta.

Pemilihan Kakang & Mbekayu Duta
Seni dan budaya Banyumas dapat dilihat dan dinikmati oleh masyarakat pada saat ini. Perkembangan seni dan budaya Banyumas seperti Lomba pemilihan Kakang & Mbekayu Banyumas yang dilaksanakan secara rutin oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Banyumas yang untuk selanjutnya para juara akan dilombakan ditingkatkan Propinsi Jawa Tengah.


          LOKAWISATA 

Baturraden 
Lokawisata Baturraden berada dilereng Gunung Slamet pada ketinggian 640m diatas permukaan laut. Baturraden hanya berjarak 14 km arah utara kota Purwokerto. Memiliki suhu 18°-25° celcius. Disni wisatawan dapat menikmati panorama Gunung Slamet, atraksi terjun bebas anak-anak Baturraden di air terjun Gumiwang dan Lokawisata Baturraden juga menyediakan berbagai fasilitas seperti kolam luncur, rekreasi taman air dengan sepeda air, kereta mini, kolam renang air dingin, Cascade, Theater Alam, sumber air panas pancuran Telu dan Pancuran Pitu yang mengandung belerang. Telaga Sunyi dan kios-kios bunga yang menyediakan beraneka ragam jenis bunga dan tanaman bonsai.

Pancuran Tujuh
Pancuran Tujuh berjarak sekitar 2,5 km arah barat lokawisata Baturraden dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau kendaraan. Pancuran Tujuh mempunyai tujuh buah pancuran yang terbentuk alami, sumber air panas ini bersuhu 70° celcius dan banyak mengandung belerang sangat baik untuk therapy pengobatan sakit tulang, rheumatik dan penyakit kulit.

Di Baturraden juga ada Taman Miniatur Dunia (Small World) berlokasi di jalan raya Ketenger, Baturraden, Purwokerto. Small World akan mempunyai kurang lebih 150 miniatur bangunan bersejarah terkenal didunia dengan luas lahan sekitar 4 hektarbdan waktu 3 tahun sampai tahap penyelesaiannya. Miniatur-Miniatur ini akan menjadi tempat wisata pendidikan yang dapat membuka wawasan kiya, khususnya bagi anak-anak.

          Banyumas  Negeri 1001 Curug

Curug Gumawang 
Air terjun Gumawang terletak didalam lokawisata Baturraden. Memiliki ketinggian sekitar 25 meter airnya sangat jernih dan membentuk telaga kecil dibawahnya. Banyak anak-anak di sekitar Baturraden melakukan atraksi lompat dari puncak air terjun dan menyelam untuk mengambil uang logam yang dilempar oleh pengunjung.

Curug Cipendok
Curug/air terjun Cipendok mempunyai ketinggian sekitar 80 meter, terletak 25 km arah barat kota Purwokerto tepatnya dikecamatan Cilongok dan dapat dicapai dengan kendaraan dalam waktu 30 menit.

Curug Ceheng
Curug Ceheng mempunyai ketinggian sekitar 30 meter terletak 11 km arah timur laut Purwokerto berada dikecamatan Sumbang.

Tidak  hanya itu saja Banyumas juga ada beberapa meseum, karena disanalah para Jendral dilahirkan, yaitu ada Meseum BRI, Meseum Jenderal Soedirman dan Meseum Wayang Sendang Mas. Banyumas  juga terdapat Pemandian Air Mineral Kalibacin.

Wisata lainnya ada Masjid Saka Tunggal & Taman Kera Wangon dan Goa Maria.

Bila ke Banyumas belum lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke taman rekreasinya yaitu

Andhang Pangeran 
Taman rekreasi Andhang Pangeran terletak di Jl. Wahid Hasyim Purwokerto  (eks Terminal) selain sebagai tempat rekreasi keluarga juga sebagai Wisata Budaya, Olah raga, dan pusat wisata kuliner yang terlengkap disini.

Dreamland Ajibarang
Dreamland merupakan kawasan wisata air yang terletak di jalan Raya Pancasan Ajibarang. Banyak terdapat wahana air sepertinWater Boom, Kolam Arus, Jet Skyl Sepeda Air, Gasebo, Kolam Renang anak, Kolam Renang Paud, Taman Aquarium, Taman reptil, Taman Bunga, Taman batu, Flying Fox dan lain-lain.

Untuk menunjang Sarana Wisata, Banyumas juga memiliki hotel berbintang, villa, Restaurants dan rumah makan, cafe, pusat perbelanjaan, pusat oleh-oleh, terminal bus, stasiun keretaapi, angkutan kota dan lain sebagainya.


Foto dok. Ono Semblung


                         Foto dok. Ono Semblung








Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

Posting Komentar

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com