Minggu, 12 Maret 2017

thumbnail

Didukung Sarihusada, K2JPK Mengeluarkan Buku Perdananya "Tumbuh Kembang Optimal Ciptakan Pemimpin Andal

Sejak 2010 silam Sari Husada selalu menyelenggarakan Nutritalk talkshow yang membahas gizi dan kesehatan dari brperbagai sudut pandang bersama para pakar. Di Nutritalk selalu menghadirkan narasumber yang terpecaya dan memang ahli dibidang kesehatan dan juga mengundang bintang tamu yang memang punya pengalaman tersendiri.

K2JPK dalah sebuah forum yang tidak sengaja terbentuk yang beranggotakan pekerja jurnalis lainnya (non kesehatan), para blogger, penulis buku, penulis cerita anak dan lainnya. Buku perdananya lahir dari ide seorang jurnalis media nasional yang konsisten menghadiri Nutritalk sejak 2010 silam.



Buku ini terdiri dari lima bab yaitu


BAB 1 BERAWAL DARI REMAJA PUTRI 


Masa remaja adalah masa pertumbuhan cepat kedua pada manusia. Pada masa rentang usia tersebut, remaja mengalamai haid Dan organ-organ reproduksinya mulai berkembang dan begitu juga dengan kelenjar-kelenjar payudara yang nantinya akan berfungsi untuk memproduksi ASI. Penting sekali menumbuhkan kesadaran pada remaja agar menjaga kesehatan tubuhnya sehingga organ-organ reproduksi nya dapat tumbuh dan berkembang sempurna.

Setelah mengalami menstruasi, remaja putri sudah bisa hamil. Namun ovulasi (keluarnya sel telur) jarang terjadi sebelum menstruasi berlangsung secara teratur, sel telur akan keluar dari salah satu indung telur setiap bulan. Bila bertemu dengan sperma ( misalnya berhubungan seksual atau menempelnya sperma pada vagina) maka sel telur tersebut sudah dibuahi atau dapat hamil.

BAB 2 PERSIAPAN KEHAMILAN

Kehamilan yang sehat  perlu membuat perencanaan dan persuapan yang baik. Persiapan ini mencakup faktor fisik, mental, dan gizi. Disepanjang kehamilan perempuan akan mengalami berbagai perubahan, baik fisik maupun psikis.
Untuk kehamilan dan melahirkan, seorang perempuan mempunyai masa usia yang ideal berkaitan dengan kesiapan organ reproduksi dan kondisi kejiwaannya. Disarankan tidak menunda kehamilan, karena perempuan memiliki jam biologis yang yang terus berputar.

Perempuan yang hamil dibawah usia 20 tahun atau remaja memiliki risiko kesehatan lebih tinggi. Pasalnya organ reproduksi belum siap sehingga membahayakan kehamilan serta berisiko tinggi mengalami kondisi kesehatan yang buruk ketika hamil.

Yang harus dihindari sebelum maupun selama kehamilan
-Makanan mentah
-Kafein
-Alkohol
-Rokok

Berikut ini sejumlah zat gizi yang pentinh untuk meningkatkan kesuburan perempuan:
-Vitamin B6
-Asam Folat
-Vitamin C
-Vitamin D
-Vitamin E
-Zat Besi
-Kalsium
-Omega-3
-Karbohidrat Kompleks

Makanan Penyubur terhadap kesuburan pada perempuan:
-Susu,keju,yoghurt, dan es krim
-Buah dan Sayuran berwarna cerah
-Daging ayam
-Telur
-Kacang-kacangan dan biji-bijian
-Minyak Zaitun


BAB 3 KEHAMILAN SEHAT


Agar kehamilan berlangsung sehat, lakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala dan teratur. Intensitasnya terus bertambah seiring meningkatnya usia kehamilan. Sebaiknya melakukan pengecekan rutin kehamilan minimal empat kali selama kehamilan, yaitu satu kali pad usia kehamilan trimester pertama dan kedua, lalu dua kali pada trimester ketiga. Itu pun jika kehamilan normal.

Indonesia adalah negara yang kasus kekurangan zat besinya tinggi. Prevalensi terjadinya anemia pada wanita hamil di Indonesia berkisar 20-80% atau 5 dari 10 wanita hamil di Indonesia menderita anemia.

Cegah Anemia dengan dua sumber makanan
1. Sumber Zat Besi Hewani
-telur
-hati ayam
-daging merah
-tiram
-ikan laut
-susu yang telah difortifikasi zat besi

2. Sumber Zat Besi Nabati
-bayam
-nasi putih
-kacang merah
-tomat
-kecambah
-kentang

Mencegah Anemia bisa melakukan cara-cara berikut:
-Jika tidak tercukupi dari makanan harian, konsumsilah suplemen zat besi
-Konsultasikan kepada Dokter mengenai porsi makanan yang dapat dikonsumsi selama kehamilan untuk mencegah terjadinya anemia
-Baiknya lakukan pemeriksaan darah untuk melihat Hemoglobin dan kadar Hematokrit, sehingga dapat diketahui apakah Bunda mengalami anemia atau tidak. Jika ya, bisa segera mendapatkan penanganan dini.


BAB 4 DUA TAHUN PERTAMA USIA EMAS


Di usia dini atau The Golden Age adalah anak usia dini yan berada pada rentang usia 0-6 tahun. Anak diusia dini mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat dan tidak tergantikan dimasa mendatang. Berbagai penelitian dibidang neourologi pun membuktikan, 50% kecerdasan anak terbentuk dalam kurun 4 tahun pertama. Setelah anak berusia 8 tahun, perkembangan otaknya mencapai 80% dan akhirnya 100% di usia 18 tahun (Suyanto, S, 2005).

Karakteristi Anak Usia Dini
1. Egosentris
2. Rasa ingin tahunya besar
3. Mahluk sosial
4. Individu yang unik
5. Kaya fantasi/imajinasi
6. Daya konsentrasi nya pendek
7. Pembelajar yang potensial

Beri ASI Esklusif pada usia 0-6 bulan karena diusia tersebut ASI adalah makanan sekaligus minuman sempurna. ASI juga dapat melindungi bayi dari alergi dan penyakit-penyakit, seperti diare, infeksi usus, dan Penyakit pernapasan. Penelitian membuktikan, anak ASI  lebih sehat dan 16 kali jarang dirawat dirumah sakit (Roesli,U,2008).

Susui Si Kecil dengan Hati Senang, ASI Pun Lancar
Umumnya emosi positif lahir dari pikiran positif, maka dianjurkan untuk Bunda selalu berpikiran positif.
Setelah selama enam bulan pertama kehidupan. Si Kecil hanya mengonsumsi ASI tanpa tambahan cairan ataupun makanan lainnya (ASI Esklusif) maka sekarang lah saatnya yang tepat mengenalkan makanan padat pertamanya sebagai pendamping ASI (MPASI).

Memberikan MPASI pada saat yang tepat sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan gizi dan tumbuh kembang bayi, serta merupakan periode peralihan dari ASI Esklusif ke makanan keluarga.

Pentingya Asupan Gizi di Usia Emas

BAB 5 GIZI DAN STIMULASI UNTUK TUMBUH KEMBANG BALITA


Untuk tumbuh kembang balita, asupan gizi makro dan mikro penting mendapat perhatian orang tua. Mendapatkannya cukup berpatokan pada pola makan gizi seimbang ada karbohidrat, ada sumber protein hewani, nabati, serta vitamin dan mineral.

Bagi tumbuh kembang bayi, ASI tetap yang terbaik, terutama 6 bulan pertama kehidupannya. Selanjutnya, di usia 1-2 tahun kebutuhan gizi anak meningkat sehingga kecukupan gizi anak dipenuhi ASI dan asupan makanan lainnya.

Jika pola makan anak bermasalah, maka suplai dari susu formula ataupun produk susu olahan perlu dipertimbangkan untuk mencukupi kebutuhan gizi hariannya (Jeong 2011, Hren 2009)

Bertempat di Kembang Goela (08/03/2017) tempatnya cozy menyajikan makanan khas Indonesia,  K2JPK didukung oleh Sari Husada Meluncurkan Jurnal program Nutritalk yang dirangkum dalan sebuah buku "Tumbuh Kembang Optimal Ciptakan Pemimpin Andal" tapi sangat disayangkan untuk mendapatkan buku ini hanya yang sudah tergabung menjadi anggota K2JPK hanya dengan LIKE akun Facebook nya.



Di peluncuran ini juga hadir Bapak Arif Mujahidin selaku CommunicationDirector Danone Indonesia, Doddy Izwardy, MA selaku Direktur Gizi Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, Prof. Dr.Hardinsyah, MS selaku Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia dan Kamida Radisti seorang selebriti juga para undangan blogger dan media.



Bagi Kamidia Radisti buku ini merupakan harta karun yang bisa diturunkan untuk anaknya kelak, karena semua yang tidak Kamidia ketahui ada dibuku Jurnal ini.






Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

Posting Komentar

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com