Sabtu, 29 Oktober 2016

thumbnail

FESTIVAL DONGENG INTERNASIONAL INDONESIA 2016



Kalau mendengar kata Dongeng pasti yang terbayang masa kecil kita. Sejak bayi walaupun belum mengerti hanya bisa mendengar,kita sudah mendengarkan ibu mendongeng. Dongeng yang hingga kini masih melekat dipikiran ku adalah dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih. Bahkan sudah ada di novel dan filmnya. Kesannya warna merah itu adalah emosi membara dan putih penyabar.

Tahun ini tepatnya tanggal 5-6 November 2016  Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 akan diadakan di Monumen Nasional /  Museum Gajah Jakarta, jam 08.30 wib - 17.00 wib. Mengusung tema Indonesiaku.

Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 akan dimeriahkan oleh kehadiran berbagai pendongeng internasional seperti, Seung Ah dari Kore Selatan, Sheila Wee dari Singapura, Wajuppa Tossa dari Thailand, Ng Kok Keong dari Malasyia, Craig Jenkins dari UK dan Jeeva Raghunath dari India, serta pendongeng-pendongeng Indonesia seperti Agus PM Toh dari Aceh, I Made Taro & Gede Tarmada dari Bali, Rona Mentari dari Jogjakarta, Imam Rojali dari Lampung, Fanny Haurissa dari Maluku, Puppertaria, Rika, Budi Baik Budi, Aio dari Ayo Dongeng Indonesia.

video
                               Agus PM TOH mendongeng 


Acara di selenggarakan oleh Ariyo Zidni atau yang biasa disebut Kak Ayo. Berawal dari kecintaannya pada dongeng Indonesia yang belum dikenal oleh negara lain.

Sebagai anak bangsa yang bertanggung jawab tidak ingin dongeng Indonesia diakui oleh negara lain. Kak Ayo mendirikan komunitas sosial Ayo Dongeng Indonesia  (AyoDI) tahun 2011. Awalnya hanya beberapa relawan saja yang berisi orang-orang yang senang dengan dunia anak dan dongeng. Berkomitmen pada kampanye kegiatan mendongeng,bagi anak di Indonesia untuk keceriaan, inspirasi, motivasi dan pengembangan imajinasi.

Dengan visi ingin menggiatkan kembali kegiatan mendongeng dirumah, disekolah, dan komunitas. AyoDI kini sudah ada 50 relawan aktif dan 200 relawan pendukung. AyoDI juga berhasil mempelopori berdiri nya komunitas dongeng dibeberapa kota antara lain di Bogor, Bandung, Malang, Surabaya dan lain-lain.

Sejak tahun 2013 AyoDI menyelenggarakan festival dongeng yang pertama yaitu Festival Dongeng Indonesia,  yang pada akhirnya menjadi kegiatan yang digelar setiap tahun. Pada tahun 2016 ini adalah festival keempat namun merupakan festival dongeng internasional kedua.

Komunitas ini berbasis kerelawanan, terbuka untuk umum dan tidak berafiliasi dengan golongan,agama,atau partai pokitik apapun.
Pada kegiatan kali Nutricia memberi dukungannya dan akan mengadakan festival ini diberbagai kota di Indonesia.

Bogor, 12 November 2016
Bandung, 13 November 2016
Malang, 19 November 2016
Surabaya, 20 November 2016
Poso, 18-19 November 2016
Yogyakarta, 26 November  2016 
Maluku, 27-28 November 


Menurut Najela Shihab, M.Psi, seorang pengiat pendidikan mengungkapkan "Menumbuhkan nilai dan karakter positif anak perlu komitmen orangtua terus menerus, karena pengasuhan adalah proses marathon Jangka Panjang. Dongeng adalah salah satu cara belajar membiasakan interaksi menyenangkan dan bermakna dalam keluarga. Melalui pesan dan aktivitas dongeng, anak melatih aspek-aspek penting tumbuh kembang yang sangat efektif.

Nutricia berkomitmen untuk selalu mendukung  orangtua di Indonesia, khususnya ibu di masa tumbuh kembang anak.

" Anak yang biasa didongengi, terutama pada saat masa usia dini di periode keemasan, akan mengingat kebiasaan baik ini hingga kelak ia tumbuh besar. Hal ini wujud dukungan melalui FDII 2016 . Orangtua juga dapat memberikan edukasi tentang nutrisi dengan cara yang lebih menarik dan efektif melalui ilustrasi dan gambar diikuti dengan suara berirama." jelas Fauziah Syafarina Nasution, Head of External Communication ELN-Indonesia.

Dengan dongeng anak tidak merasa digurui. Dongeng pun lebih efektif daripada kita harus menasehati. Dongeng juga sangat besar pengaruhnya terhadap tumbuh kembang anak.




Mari kita sukseskan Festival Dongeng Internasional Indonesia. 2016. Agar anak bangsa makin cerdas dan Kreatif.
#FDII2016 #CeritaIndonesiaku #BintangNutricia





Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

Posting Komentar

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com