Selasa, 20 September 2016

thumbnail

Mama Pasti Bisa

    MAMA PASTI BISA (Talkshow & Berbagi Inspirasi)

Jakarta,Minggu 18 September 2016 alhamdulillah aku bisa menghadiri acara Talkshow & Berbagi Inspirasi #MamaPastiBisa yang diadakan oleh Lactamil di Hotel Sultan dengan nara sumber Mama Anna Surti Ariani,S.Psi,M.Si,Psi ahlimPsikologi Anak dan Nadia Mulya Penulis & presenter tidak ketinggalan ada Widita Sukma Wimala, Brand Manager Lactamil.


Dimana urutan acaranya sudah tersusun rapi dan tepat waktu. Sebelum masuk ke dalam ruangan yang sudah disediakan kami melakukan registrasi disana juga disediakan playground untuk sikecil untuk para mama yang datang bersama sikecil dan juga kami disediakan coffe break sebelum acara dimulai setelah satu jam kami mencicipi makanan kecil acara pun dimulai.

Mc pun memanggil para nara sumber untuk naik keatas panggung. Pembicara pertama dibuka oleh Mama Widita Sukma Wimala, Brand Manager Lactamil yang menjelaskan bahwa Faktanya ASI sangatlah penting untuk si Bayi dan Mama. Dan Program #MamaPastiBisa ini untuk Mendukung Para Mama untuk MENYUSUI UNTUK AWAL YANG BAIK bertujuan agar para mama dapat lebih percaya dirindalam masa menyusui,karena ASI Esklusif adalah yangbterbaik bagi sikecil" jelas Mama Widita Sukma Wimala, Brand Manager Lactamil

Dan kemudian dilanjutkan oleh narasumber Mama Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi Ahli psikologi anak mengungkap berbagi penelitian membuktikan :

EFEK MENYUSUI UNTUK SIKECIL :
 *Imunitas Meningkat
Biasanya pada bayi yang menyusu ASI Esklusif kekebalan tubuhnya sangat tinggi dan tidak mudah terkena penyakit
 *Kecerdasan lebih tinggi
Umumnya anak yang diwaktu bayi mengkonsumsi ASI Esklusif mudah menerima pelajaran dengan mudah. Karena ASI yang keluar dari puting ibu yang habis melahirkan bewarna agak kekuningan itu adalah ASI yang paling penting bagi si bayi.
 *Secure Attachment
Ada kedekatan antara mama dan bayi

EFEK MENYUSUI UNTUK MAMA :
 *Sarana untuk KB
Karena sebenarnya bagi Mama yang menyusui otomatis sudah ber KB
 *Kurangi resiko kanker
 *Mengurangi pendarahan pasca melahirkan
 *Perasaan dibutuhkan
 *Ekspresi cinta,sambil menyusui kita dapat mengekspresikan cinta kita seperti sambil mengusap kepalanya atau sambil menyanyikan sebuah lagu
 *Mengurangi resiko PPD (Post Partum Depression)

Yang dapat dilakukan agar Mama berhasil menyusui adalah
-Bayi
Bayi sudah benar menempel pada payudara posisi mulut pada puting
-Mama
Mama harus semangat,percaya diri dan yakin #MamaPastiBisa menyusui
-Tau caranya
-Sering menyusui  (supply & demand)

Yang dapat dilakukan para Papa agar Para Mama berhasil menyusui adalah
-Ikut mengasuh bayi
Dukungan dari para Papa pun sangat signifikan tingkat keberhasilannya hingga 98%
-Membantu pekerjaan rumah
-mengurangi tuntutan untuk Mama
-Menenangkan dan menyenangkan Mama
-Mendukung Mama

ASI memiliki manfaat jangka panjang bagi sikecil seperti mengurangi resiko obesitas dan penyakit kardiovaskular saat dewasa ( Horta,2007). Sedangkan untuk Mama, ASU memiliki banyak manfaat seperti mengurangi risiko stres ( Groer,2005), oesteoporosis ( Karlsson,2005) dan obesitas  (Kac G,2004).

Indonesia sendiri memiliki angka kelahiran cukup tinggi,lebih dari 4 juta per tahun. Sayangnya data hasil Riskesdas 2013 mengungkaokan cakupan ASI di Indonesia atau Ibu yang memberikan ASI Esklusif hingga 6 bulan hanya sebesar 42 persen,dimana angkanini masih dibawah target WHO yang mewajibkan cakuoan ASI mencapai 50 persen dari angka kelahiran.

Selain dukungan Moral,Mama juga berhak menerima dukungan nutrisi yang tepat. Widita Sukma Wimala, Brand Manager Lactamil mengatakan  "Lactamil mengerti pentingnya dukungan bagi Mama Menyusui. Dukungan ini kami wujudkan dalam #MamaPastiBisa,sebuah wadah dimana Mama bisa mengetahui lebih banyak mengenai kiat sukses menyusui dari para ahli. Lactamil sendiri hadir dengan Lactasis yang mengandung ADIK+,Asam Folat,Vitamin D,Zat Besi dan Kalsium serta ekstrak daun katuk sebagai salah satu pikihan untuk membantunmelengkapinkebutuhan nutrisi Mama selama masa menyusui, "Kata Widita.

Lain Hal dengan Mama Nadia Mulya Penulis & presenter juga ibu dari ketiga putra putrinya, yang berbagi pengalamannya juga aktif menyerukan komitmen #MamaPastiBisa untuk mendukung para Mama selama masa menyusui. Figur publik yang memiliki perhatian penuh terhadap keluarga terutama ketiga buah hatinya. Dalam acara ini Mama Nadia ingin berbagi inspirasi seputar gaya hidup Mama untuk dapat sukses memberikan ASI Esklusif demi awal terbaik bagi si kecil.

POLA MENYUSUI YANG BAIK BAGI NADIA
Menurut Nadia ada 2 teori pola menyusui yaitu setiapn2 jam sekali dan menyusui on demand. Nadia selalu melakukan pola yang kedua yaitu menyusui setiap si Kecil menginginkannya. Karena selain mengikuti kebutuhan dan metabolismenya,sekaligus untuk membentuk ikatan tersendiri antara Nadia dengan Nadine/Nuala/Delmar. Terkadang Si Kecil tidak haus dan ingin menempel saja. Hal itu tidak menjadi masalah,biarkan saja agat ia merasa aman dan nyaman. Selain itu breastfeeding on demand akan memacu produksi ASI lebih banyak lagi.

Faktanya ASI sangatlah bermanfaat untuk si Kecil dan Mama menjadi lebih sehat dan begitu juga psilogis pada bayi.

Untuk mensiasati untuk Mama yang bekerja hal yangbisa dilakukan adalah :
-ASI perah ( memberikan ASI dengan memanfaatkan fasilitas yang ada)
-Fokus pada apa yang akan kita lakukan
Sesampai dikantor kita memerah ASI dan mengatur jadwal yang benar
-Menstimulasi diri maka produksi ASI lancar
-Jangan perbanyak multitasking.

Donor ASI boleh diberikan namun ada beberapa syarat yang harus terpenuhi
-kondisi sipendonor sehat
-sumbernya kita sudah ketahui

Tips Mengurangi bengkak dari Nadia adlah konpres payudara dengan Kol dingin dan ketika si Kecil ingin menyusu kompres dengan waslap hangat

Dan pada sesi akhir pada Talkshow & Berbagi Inspirasi #MamaPastiBisa ini juga diadakan edukasi  & pelatihan seputar Pijat Laktasi yang ada beberapa langkah yaitu :
-kompres kedua payudara dengan washlap yang sudah dibasahi dengan air hangat selama 5-10 menit
-Bersihkan puting susu yang kotor dengan menggunakan kasa yang dibasahi dengan baby oil agar tidak tersumbat lalu pijat puting dan areola perlahan keatas dan kebawah,kanan dan ke kiri sebanyak 5-6 kali tiap payudara.
-Tempatkan kedua telapak tangan diantara kedua payudara kemudian urut kesamping,kebawah,melintang hingga tangan menyangga payudara kemudian ke atas sambil lepaskan tangan dari payudara.

Banyak hal yang menghambat produksi ASI itu sendiri yaitu
-tidak percaya diri
-emosional
-hormon portisol
-semangat

Demikianlah Talkshow & Berbagi Inspirasi #MamaPastiBisa ditutup dengan penanda tangan mug oleh para Mama yang hadir sebagai bukti dukungan bagi para Mama saat menyusui.






Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com