Explor Indonesia Bersama Prime 7

Travelling dan foto sudah menjadi hobi saya sejak dulu, jalan kemana aja yang penting bisa merasakan suasana baru dan udara segar. Sayangnya dalam mengambil foto dan mengeditnya saya kurang begitu memahami. Semua foto yang saya posting di sosial media atau yang di sisipkan di blog ini juga tidak saya edit. Maka ketika Polytron, IndoBlognet mengadakan workhsop tentang photo disaat travelling, saya sangat antusias sekali untuk mendaftar.

Sunrise Pulau Pahawang Bandar Lampung dok. Pribadi

Menghadirkan Ashari Yudha (catatanbackpacker.com) sebagai narasumber, yang memang sudah berpengalaman di dunia photo dan travelling. Ashari Yudha sejak SMA hampir setiap minggu pulang pergi naik kapal PELNI. Dia mulai menggilanya ketika kuliah, travelling ke 34 provinsi yang ada di Indonesia selama enam bulan tidak pulang kerumah.

Foto bareng Ashari Yudha catatanbackpacker.com

Saat itu dia hanya mempunyai uang tujuh juta rupiah, dan meminjam temannya delapan juta rupiah.,luar biasa semangatnya. Selain bercerita tentang pengalamannya, Ashari Yudha juga membagikan tips bagaimana menciptakan konten kreatif , cara mengedit, dan memposting foto agar menarik (siapa tahu ada yang mau endorse kan hehehehe, namanya juga usaha).

Ashari adalah seorang yang pertama kali memposting foto di instagram dengan caption yang panjang. Dia berusaha menceritakan, apa yang terlihat di foto agar terkesan lebih hidup. Ashari mengajarkan sistem jemput bola, pernah dia mengirim email kepada perusahaan tas untuk travelling dan akhirnya tas itu pun dikirim. Sebagai balasannya dia pun memposting tas tersebut ketika di bawa travelling.

Sunrise di Pulau Pahawang dok. pribadi

Sebenarnya banyak sekali cara menghasilkan uang dari sosial media. Posting foto bagus disertai caption yang menceritakan, tentang apa yang terjadi pada foto tersebut membuat foto lebih hidup. Sekarang ini banyak sekali aplikasi yang bisa di download dari smartphone, sehingga memudahkan bagi yang tidak mempunyai laptop. Sebenarnya saya juga lebih pw (posisi eunak) photo pakai smartphone, karena bisa langsung di posting di media sosial. Sama seperti workshop sebelumnya komposisi dan angel photo sangat penting dan beberapa cara yaitu potrait, landscape, Rule of Thrid, Symetry, perspective/Leading Lines, Framing.


Selain ada tekniknya, objek photo juga penting karena akan membuat foto jauh lebih hidup dan menarik. Momen juga sangat diperlukan seperti foto candid membuat momen lebih natural.
Aplikasi untuk edit foto yang di rekomendasikan Ashari yaitu Snapseed, VSCO, dan Adobe Lightroom. Konsep pun harus dibuat informatif dan naratif. Nah, setelah semua sudah lengkap tinggal dari diri kita sendiri yang menunggu dilirik perusahaan atau menjemput bola. Baiknya kita juga tergabung dalam sebuah komunitas dalam lingkungan blogger atau vlogger, siapa tahu dari situ kita dapat dengan mudah mendapatkan job.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Visit Tidore Island-Destinasi Impian Para Traveller

Backpacker Ke Baduy Dalam Dan Baduy Luar