Ini 2 Prestasi Ganjar Saat Menjabat Gubernur Jawa Tengah

Dalam pesta demokrasi para kandidat prestasi calon Presiden, biasanya banyak yang dicari oleh pengamat politik di Indonesia. Bahkan pengamat politik di mancanegara, ikut berpartisipasi dalam mengumpulkan informasi kandidat pemilihan calon presiden Ganjar Pranowo. Hal yang menjadi pencarian utama adalah prestasi apa saja yang sukses dilakukan saat menjabat. Prestasi Ganjar Pranowo saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama 2 periode. Capres yang diusung oleh koalisi PDI Perjuangan ini juga, berkomitmen untuk bisa menyelematkan para pekerja imigran ilegal. Ganjar Pranowo pun akan menyiapkan Sekolah Vokasi.

2 Prestasi Ganjar Saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah

Prestasi Ganjar Pranowo
Dok. Sahabat Ganjar


Ganjar Pranowo menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama 2 periode. Ini membuktikan bahwa dia sukses menjadi pimpinan di Jawa Tengah, membuat perubahan yang tentu saja berdampak positif bagi masyarakat di Jawa Tengah. Perubahan-perubahan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Jawa Tengah. Prestasi Ganjar Pranowo ini di rangkum oleh Sahabat Ganjar. Di kutip dari Sahabat Ganjar, ini adalah beberapa prestasi yang diraih oleh Ganjar Pranowo.

1. Program Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Program-program dalam pengelolahan UMKM unggulan dari Ganjar Pranowo 


Hetero Space
Program ini bertujuan memberi fasilitas seperti ruang kerja, akses ke sumber daya, pelatihan, dan mentoring dari para ahli bisnis bagi pelaku UMKM, serta memberikan akses ke jaringan dan komunitas bisnis.

Lapak Ganjar
Program ini bertujuan untuk memberikan tempat usaha, pelatihan dan pendampingan bisnis,edukasi pemasaran produk serta pameran produk. Tercatat sudah ada 2.932 pelaku usaha yang telah tergabung dalam program ini.

Belanja Produk Lokal
Bertujuan mendorong masyarakat Jawa Tengah untuk lebih mengenal dan membeli produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku UMKM melalui promosi, penyediaan platform online, dan mendorong institusi pemerintah dan swasta untuk menggunakan produk lokal. Ganjar Pranowo juga meningkatkan jumlah pelaku UMKM 86.917 dengan fasilitas listrik 24 jam untuk warga kepulauan karimunjawa.

Pabulalon
Program yang diupayakan Ganjar Pranowo untuk mempromosikan kearifan lokal dan budaya Jawa, seperti membangkitkan 120 kelompok seni tradisi desa, kerajinan, kuliner, serta objek wisata seperti membangkitkan 818 desa wisata yang ada di daerah Jawa Tengah termasuk UMKM lokal.

Renovasi Pasar Tradisional
Ganjar Pranowo telah membangun kembali dan merenovasi 79 pasar tradisional yang tersebar di seluruh Jawa Tengah.
Kredit usaha rakyat
Jawa Tengah telah menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp.55,27 triliun.


2. Program Peningkatan Kesejahteraan Petani

Ganjar Pranowo dianugerahkan Gelar Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan dan Wira Karya pada tahun 2023 karena berhasil menjalankan program peningkatan kesejahteraan petani di Jawa Tengah. Selain itu Jawa Tengah juga meraih penghargaan peringkat ke-2 nasional dalam hal produksi beras dan hortikultura.

Kartu Tani
Program yang dipelopori Ganjar Pranowo bertujuan untuk mewujudkan pendistribusian, pengendalian, dan pengawasan pupuk subsidi, kepada para petani yang berhak, serta mendata identitas petani terkait apa yang ditanam dan penjadwalannya.

Subsidi Bunga dan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP)
Program ini berhasil dalam memberikan perlindungan kepada petani dari ancaman resiko gagal panen sebagai akibat dari resiko banjir, kekeringan, serangan penyakit dan oraganisme pengganggu tanaman.

Sadulur Pitu
Mendorong masyarakat untuk gotong royog dalam berbagai hal, mulai dari pertanian, perikanan, perkebunan, kerajinan, hingga pelayanan kesehatan dan pendidikan, dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal budaya seperti kebersamaan, kejujuran, dan keterbukaan.

Prestasi Ganjar Pranowo lainnya, berbagai infrastruktur antara lain Tol Trans Jawa, Jalan Nasional, dan Provinsi sepanjang 10.942 KM, serta pembangunan jembatan. 1135 embung desa juga telah dibangun oleh pemerintahan Jawa Tengah guna memberikan kebutuhan air yang cukup kepada masyarakat. Terdapat pula program pengembangan pelabuhan, bandara, transportasi umum, dan jaringan internet serta peningkatan kualitas air. Ganjar Pranowo juga membangun 42.181 jamban bersih untuk warga miskin di Jawa Tengah.

Program Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat

Dok. Sahabat Ganjar


Dalam program kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, Ganjar Pranowo memiliki program-program yang sukses digelar di antara lain:
Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng)
Program ini berfokus kepada ibu hamil yang telah berhasi menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), angka stunting dari 37% pada 2013 mnjadi 19,9% pada 2021.

Jo Kawin Bocah

Pencegahan stunting melalui edukasi sisi negatif pernikahan dini yang membatasi pertumbuhan fisik serta prospek masa depan anak. Program ini menurunkan angka kematian ibu dari 602 kasus pada tahun 2016 menjadi 475 pada tahun 2017.

Jogo Tongo
Gerakan yang mengedepankan partisipasi aktif warga untuk saling menjaga dari penularan Covid-19. Program ini memiliki dua cangkupan seperti pengamanan sosial dan keamanan , serta jaring ekonomi.
Pembangunan pusat kesehatan masyarakat
Ganjar Pranowo telah membangun 71 Puskesmas yang tersebar di seluruh Jawa Tengah.

Tentu saja setiap prestasi yang diraih pasti ada kepuasan tersendiri dan dari sekian banyak prestasi ada 2 prestasi yang membuat seorang Ganjar Pranowo bangga. 2 Prestasi yang membuatnya bangga itu adalah Integritas dan kualitas pelayanan publik. Segudang Prestasi Ganjar Pranowo ini dirangkum oleh Sahabat Ganjar agar khalayak umum bisa membaca dan memahami bahwa Ganjar sangat cocok untuk meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Untuk memajukan kecerdasan penerus bangsa, Ganjar pun mempunyai Program Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jadi terdapat 5 Program pendidikan yang telah diimplementasikan oleh Ganjar Pranowo, diantaranya adalah:

Kartu Jateng Cerdas
Memberikan bantuan dana pendidikan sejumlah 1 Juta rupiah per tahun bagi siswa-siswi miskin di Jawa Tengah.
Jateng Mengajar
Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di pedesaan dengan mendatangkan guru-guru profesional yang akan mengajar di desa selama satu tahun.

Jateng Edukasi
Bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jawa Tengah dengan memberikan pelatihan kepada guru dan tenaga pendidik. Pelatihan tersebut mencangkup pembelajaran inovatif dan berbasis teknologi. Sekolah Layak Huni Bertujuan memperbaiki kondisi seolah-olah tidak layak dengan merenovasi bangunan sekolah, toilet, sarana dan prasarana. Selain itu Ganjar Pranowo juga telah meningkatkan kesejahteraan guru honorer dengan menganggarkan Rp.144,19 Miliar guna menaikan gaji guru honorer sesuai dengan UMK Jawa Tengah. Ganjar Pranowo juga telah membangun 5 SMKN gratis bagi warga miskin dan 15 SMK Boarding Scholl khusus siswa miskin pertama di Indonesia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kulineran Sate Maranggi Haji Yetti Cibungur Purwakarta

Back To School with Home Credit Indonesia Di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2023

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan