Jakarta ke Masjid Al Jabbar Bandung Cuma Rp 11.500

Kota Bandung udah seperti kampung halaman kedua bagi saya, karna dalam setahun bisa beberapa kali ke Bandung. Kadang ikut open trip, kadang majelis ta'lim, kadang jalan-jalan tipis bareng bestie. Makin kemari banyak wisata-wisata bagus di Bandung dari wisata alam, sampai wisata religi. Udah gitu transpotasi umum yang murah juga makin mudah. Jadi Commuter Line Bandung tuh sekarang udah beroperasi, bisa jadi pilihan masyarakat lokal atau wisatawan untuk menjelajahi kota Bandung. Commuter line sendiri harganya juga ekonomis hanya Rp 5000, tidak hanya murah tapi commuter line juga mengurangi kemacetan di kota Bandung.

Kereta lokal Walahar Cikarang Purwakarta cukup terjangkau harga tiket Rp 4000 Hanya Melayani pembelian online via KAI ACCES 

masjid al jabbar
Masjid Al Jabbar


Minggu lalu saya bareng bestie, jalan tipis-tipis ke Bandung dengan tujuan utama nya ke Masjid Al-Jabbar. Padahal baru 2 hari lalu gw bareng majelis ta'lim di Tamansari ke Masjid Al-Jabbar Bandung total bus yang mengantar kami ada 22 bus. Bisa dibayangkan jumlah jamaah yang datang, belum lagi jamaah dari berbagai daerah lainnya. Makanya ketika teman bestie, ngajak ke Masjid Al-Jabbar, saya sih oke aja, karena kemarin tuh belum dapat sholat sunnah dhuha disana, dan juga belum maksimal karena memang terlalu ramai.

Kami berangkat dari stasiun Manggarai naik commuter line Cikarang pukul 09.45 wib jarak tempuh Manggarai ke Cikarang kurang lebih 1 jam 20 menit. Sampai di Cikarang pukul 11.00, masih bisa mampir beli minum dan cemilan di Alfa Express. Oh iya untuk tiket kereta lokal Walahar Cikarang Purwakarta sudah tidak melayani pembelian offline. Jadi sebaiknya download aplikasi KAI ACCESS di handphone, pembayaran bisa melalui mbanking mandiri dan OVO. Alhamdulillah sebelum berangkat iseng-iseng dowload KAI ACCES, tapi pelayanan online seperti ini ada plus minus nya sih. Plus nya mudah beli tiket kapan aja, minusnya kasihan bagi orang tua yang tidak mempunyai handphone yang berpergian sendiri. Jadi ada bapak yang mau ke Purwakarta tapi tidak mempunyai handphone apalagi dia hanya membawa selembar fotocopy kk.

Mungkin lebih baik lagi kalau kereta lokal, bisa di akses dengan kartu Commuter. Bisa jadi lebih mudah lagi kami khususnya bagi yang tidak mempunyai smartphone, seperti para lansia yang ingin ke Jakarta dengan budget minim. Begitu pula sebaliknya, untuk masyarakat di Jakarta untuk explor Purwakarta dan Bandung. Untuk jadwal kereta walahar Cikarang Purwakarta ada 5 jadwal pemberangkatan, yaitu kereta  pertama pagi pukul 05.50 wib, 07.24 wib. Kereta walahar siang pukul 11.30 wib dan 13.20 wib. Untuk jadwal terakhir kereta walahar pukul 18.45. Cikarang Purwakarta dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam 16 menit. Tiket kereta Walahar Rp 4000 dan kereta juga cukup nyaman, ber ac dengan kursi tegak.

Jadwal Commuter Line Garut Purwakarta Cimekar

Sampai di stasiun Purwakarta sekitar pukul 12.30 wib, untuk jadwal commuter line Garut hanya satu pemberangkatan yaitu pukul 15.50 wib dan jarak tempuh dari stasiun Purwakarta ke stasiun Cimekar 3 jam 36 menit. Tentunya sampai stasiun Cimekar malam ya. Beneran sih ekonomis hemat tapi sayangnya kalau PP Jakarta Bandung dengan menggunakan kereta lokal atau commuter line itu sangat melelahkan. Jadi ada baiknya bila ingin melakukan perjalanan ekonomis ke Bandung mengambil waktu 2 malam jadi nya tidak terlalu melelahkan.

stasiun purwakarta
Stasiun Purwakarta

Sambil menunggu commuter line Garut, ada waktu 2 jam untuk explore Purwakarta sekitaran stasiun. Mungkin bisa ke Alun-Alun Purwakarta, sholat di Masjid Agung Baing Yusuf dan berziarah ke maqom karomah Baing Yusuf. Di sekitaran alun-alun Purwakarta banyak kuliner dan pusat oleh-oleh. Kalau kemarin saya dan bestie cuma makan Ayam Taliwang di seberang stasiun Purwakarta. Lumayan enak sih ayam taliwang nya dengan harga per paket 30 ribu belum termasuk air minum. Jadi bagi yang malas explor jauh-jauh, sekitaran stasiun juha banyak jajanan, warung nasi, tukang baso, mie ayam dan cemilan lainnya. Jadi baiknya beli cemilan dulu untuk menemani perjalanan ke Bandung.

Dago ke Masjid Al-Jabbar

Pelataran Masjid Al Jabbar foto diambil pukul 07.00 wib jamaah sudah sepi meninggalkan masjid karena pintu masjid ditutup untuk umum dan dibuka kembali pukul 08.00 wib 

Rute yang kami pilih tidak langsung ke stasiun Cimekar, tapi kami menginap di di sekitaran Dago tepatnya di hotel Dago 207 10 menit dari stasiun Bandung menggunakan grab atau gojek. Dari Bandung, kami naik commuter line Bandung pertama jam 04.53 wib. Kata driver ojek online yang kami sewa, lebih baik naik dari stasiun Kiaracondong karena jadwal tidak terlalu pagi jadi bisa sholat shubuh di hotel jam 05.11 wib. Sedangkan jarak dari hotel tempat kami menginap itu ada di pertengahan antara stasiun Bandung dan stasiun Kiaracondong.

Niat awalnya pingin sholat subuh berjamaah di Al Jabbar, tetapi sayangnya ongkos nya naik gocar atau grabcar dari Dago lumayan mahal Rp 100 ribu.

Stasiun terdekat ke Masjid Al-Jabbar adalah stasiun Cimekar, dari stasiun bisa berjalan kaki kurang lebih 1-2 km menyusuri rel kereta api. Mungkin akan lebih baik, kalau stasiun Cimekar letaknya persis di depan Masjid Al-Jabbar seperti Masjid Istiqlal ke stasiun Juanda. Masjid Al-Jabbar ini letaknya dekat dengan Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Jadi kalau dari stasiun Cimekar ke Masjid Al Jabbar naik ojek online, jalannya memutar melewati stadion Bandung Lautan Api.

Jadi kalau di total ke Jakarta Bandung cuma Rp 11.500. Dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Cikarang Rp 3500, stasiun Purwakarta ke stasiun Bandung Rp 8000. Dengan durasi waktu kurang lebih 6 jam dan 2 jam menunggu kereta datang. Saran saya sih kalau traveling ke Bandung supaya puas explore ambil 3 hari 2 malam. Masjid Al-Jabbar jam 06.00 wib sampai jam 08.00 ditutup untuk umum, karena area dalam masjid sedang di bersihkan. Kereta Serayu dan  kereta Cikuray, kereta langsung dari Cikarang Ke Cimekar Bandung dengan tarif Rp 63ribu cuma ada 2 jadwal pemberangkatan.


Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Kulineran Sate Maranggi Haji Yetti Cibungur Purwakarta

Back To School with Home Credit Indonesia Di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2023

Manfaat Nano Water Can Slim Untuk Kesehatan