Tips Bella Panggabean Cara Membuat Vlog

Membuat video atau merekam sesuatu adalah sesuatu yang mengasyikan. Kita dapat dengan mudah merekam semua peristiwa dengan smartphone yang kita miliki, atau dengan handycam atau kamera digital. Hasil dari rekaman video tadi bisa kita uploud di channel youtube pribadi kita. Tujuan awalnya sih untuk menyimpan untuk kenangan pribadi.

Ini gambar yang saya ambil saat menjelang senja dari stasiun godangdia menggunakan smartphone

Tujuan yang awalnya hanya untuk pribadi, jika video kita menarik dan banyak yang melihat video di youtube pasti nantinya akan dilirik oleh Youtube. Sudah pasti akan menghasilkan pundi-pundi uang. Sama seperti youtuber yang sudah mempunyai pemasukan jutaan dari hobinya ini, mereka juga awalnya membuat video youtube iseng-iseng.

Bella Panggabean

Kenyataannya karya mereka menarik dan banyak yang suka dan subcribe channel mereka. Dari iseng membuahkan hasil yang fantastis. Siapa sih yang gak mau seperti itu, saya aja mau. Saya juga senang merekam semua momen terutama saat travelling. Biasanya momen tidak datang dua kali, walau masih seadanya mengedit dengan aplikasi Kinemaster, Viva Video atau Video Show. Makanya ketika ada workshop cara membuat video dan cara mengeditnya, saya sangat semangat sekali untuk mengikutinya.

Kali ini (09/12/2017) Komunitas Emak-Emak Blogger bekerjasama dengan Bhinneka.com menyelenggarakan workshop cara merekam video yang baik ala Vlogger atau Youtuber. Bertempat di kantor Bhinneka.com di Jl. Gunung Sahari dekat dengan halte Transjakarta Budi Utomo. Lumayan lah jarak dari rumah saya hanya 10 menit.

Suasana di Bhinneka.com

Mengundang Bella Panggabean seorang Blogger dan Creator untuk berbagi pengalamannya. Berawal dari iklan dan photography, sejak SMA dia suka sekali foto dengan handphone yang biasa tapi suka sekali mengedit. Bella sangat suka sekali membuat video dan dia merasa itu adalah passion nya, maka dia mulai menggelutinya. Pekerjaan apapun yang kita senangi pasti akan membuahkan hasil yang setimpal.

Menurut Bella, video itu harus mempunyai cerita yang memiliki awal, tengah dan akhirnya. Tetap berurutan agar tidak membingungkan audience. Sebelum membuat video sebaiknya kita harus mempunyai bayangan dulu, kalau bisa ditulis (script) dulu agar ceritanya tidak kemana-mana. Script adalah intinya disaat membuat video. Sampaikan pada audience yang menjadi manfaat dan lihat siapa sasaran kita. Kita juga harus mengenal, mengetahui siapa subcribe atau audience.
Background yang ada di Bhinneka.com

Perlu juga membangun interaksi seperti mengajak audience  untuk memberikan like, komentar atau subcribe. Dalam memberikan informasi atau bertutur bisa dilihat siapa target kita, dan juga harus berhati-hati dalam memberikan informasi.

Ada Sedikit teknis membuat video yang disampaikan Bella yaitu;
-Sarana untuk membuat video
Ada berbagai macam perlengkapan yang bisa digunakan untuk membuat video, misalnya Web cam, DSLR, Go Pro, Mirroles atau Handphone. Kalau saya biasa nya memakai smartphone dan edit pakai Video Show https://youtu.be/DnaOueS2Oi4 

-Rule of Thirds
Sama seperti mengambil foto, dalam merekam sebuah video sebaiknya Rule of Thirds dimana objek tidak harus selalu ditengah agar balance dan monoton atau membosankan.

-Watch Headspace
Ketika kita mengambil foto atau video, sebaiknya memberi jarak antara frame dengan objek.

-Background
Hindari berdiri atau meletakkan objek terlalu dekat dengan background, setidaknya beri jarak 1 meter agar terlihat seakan kita didalamnya.

-Lighting
Pencahayaan yang terbaik adalah natural light. Namun, jika kita akan menggunakan natural light atau cahaya matahari perhatikan juga arah pencahayaannya agar tidak backlight. Jika sudah tidak ada lagi matahari sebaiknya menggunakan lampu tambahan untuk pencahayaan. Waktu terbaik untuk mengambil foto atau merekam video memanfaatkan natural light adalah pada saat golden hours atau kira-kira pukul 7-9 pagi atau pukul 3-5 sore. Kadang saya juga sekali mengambil gambar dengan kesan siluet. 

-Sound
Biasanya ada suara pada perangkat kurang begitu bagus suaranya maka disarankan menggunakan microphone atau wireless microphone untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan fokus. Hindari merekam video ditempat ramai dan untuk mengurangi gaung atau echo kita juga bisa menggunakan karpet saat merekam video.

Setelah Bella Panggabean selesai memberikan tips-tipsnya, peserta diberi kesempatan untuk bertanya. Beruntung sekali bisa hadir di acara ini. Giliran team microsoft mengenalkan keunggulan dari Windows 10 yaitu
-mempunyai fitur 3D pada menu paint, fitur ini sangat berguna sekali untuk membuat gambar bagus dan bisa dijadikan lebih hidup atau 3D.
-mempermudah mengedit gambar atau video
-dapat di upgrade gratis hanya dengan koneksi wifi

Nah ini salah satu video saya yang di upload di youtube. Jangan lupa like dan subcribe ya https://youtu.be/ZcJDFjEn4O8
Tinggal buka di website Bhinneka.com kita bisa memilih barang yang kita butuhkan.




Bhinneka.com

Bhinneka.com merupakan situs e-commerce angkatan pelopor online store yang sampai saat ini terus berkembang dan tumbuh menjadi situs e-commerce terbesar di Indonesia. Disebut angkatan pelopor, karena situs yang tayang sebelum abad 21, sekitar tahun 1996-1999.




Komentar

  1. Wow.... Salam blogger dan Youtuber. Subscribe juga ya channel youtube saya : youtube.com/mirwanchokyofficial

    BalasHapus
  2. Tulisan yang menginspirasi. Saya juga baru belajar membuat video dan saya share ke YouTube. Reportase dari mbak Tati Suherman ini makin menambah pengetahuan say soal video blog. Sukses ya mbak...

    BalasHapus
  3. Saya juga baru belajar bikin video dan tahu cara mengeditnya meski msh pakai smartphone. Makasih sharingnya mbk

    BalasHapus
  4. terimakasih mba infonya... seru ya store nya Bhinnekacom.. menarik untuk dikunjungi

    BalasHapus
  5. Ilmunya bermanfaat banget dan aku suka sama pembawaan Mbak Bella saat kasih ilmu, santai tapi berisi :)

    BalasHapus
  6. Wah Mak Tati videonya udah banyak di Youtube. Bisa jadi vloger hits nih.

    BalasHapus
  7. Nice sharing mba..Insha Allah kita bisa ikutan lagi di next event nya KEB ya mba..bikin vlog secara detail..
    semangat bikin vlog :)

    BalasHapus
  8. terimakasih infonya mba.. lengkap.. salam kenal ya...

    BalasHapus
  9. Mkch infonya ya, jadi PD belajar nge vlog

    BalasHapus
  10. Mkch infonya ya, jadi PD belajar nge vlog

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir dan pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar setelah selesai membaca.

Postingan populer dari blog ini

Tiroid Bukan Penyakit Menular Namun Bisa Mengakibatkan Kematiaan

Lebih Mengenal Arti Rezeki Sebenarnya Di Buku Aplikasi Pencari Rezeki

Secukinumab Dari Novartis Untuk Mengobati Psoriasis