Rabu, 04 Oktober 2017

thumbnail

Tribute To Batik 2017 By Pasaraya

Menyambut hari Batik Nasional, Pasaraya Blok M mengadakan event fashion show pada tanggal 2 oktober 2017 kemarin. Tidak hanya itu beragam kegiatan untuk memupuk kecintaan terhadap batik pada generasi muda. Bazaar batik kontemporer pun meramaikan hari batik ini yang di tetapkan setiap tanggal 2 oktober sebagai hari batik nasional.

Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 2-8 oktober 2017, banyak diskon dan promo menarik ditawarkan. Acara berlangsung pada pukul 10.00 - 22.00 wib. Mengusung tema "Tribute to Batik". Kegiatan yang berlangsung selama 7 hari tahun ini, sangat padat. Bukan hanya mencoba menggaitkan pasar muda saja, dengan mengadakan bazar batik kontemporer dan bazar makanan. Pasaraya juga bekerjasama dengan sekola-sekolah untuk memberikan workshop dan lomba-lomba berkaitan dengan batik, acara komunitas, fashion show, sampai acara musik.

Fashion Show "Tribute to Batik" di Pasaraya Blok M (02/10/2017)


Sejak tanggal 2 Oktober 2009 lalu, UNESCO menetapkan Batik sebagai warisan kebudayaan Indonesia. Di setiap penjuru Indonesia ada ciri khas masing-masing motif dan macamnya. Seperti batik Pekalongan, Yogyakarta, Madura, Banyumas, Solo dan masih banyak lagi. Batik juga ada 3 teknik pembuatan yaitu Batik Tulis, Batik Lukis dan Batik Cap. Biasa nya batik tulis dan lukis dibandrol dengan harga yang lumayan tinggi dari batik cap, tergantung dari coraknya.

Para pengrajin sedang membuat batik tulis

Batik Tulis, adalah kain yang dihias dengan tekture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
Batik Lukis, adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.
Batik Cap, adalah kain yang dihias dengan tekture dan vorak batik yang dibentuk dengan cap (biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatannya pun cukup singkat hanya memakan waktu 2-3 hari saja.

Saya pun senang mengoleksi batik, walau masih sedikit. Biasa nya ketika Saya travelling , biasanya membeli kain atau baju nya. Pasaraya bekerjasama dengan para desainer lokal, menciptakan sebuah fashion untuk generasi muda. Dibuat dengan modelnyang sangat modis dan elegan. Membuat para generasi muda lebih menyukai batik. Di Pasaraya sangat lengkap koleksi batik nya.

Kain batik ini Saya dapatkan dari daerah Kampung Batik Dampingan-Jawa Timur


Batik tidak dibuat dengan bentuk fashion saja, namun ada juga untuk sprei, karpet atau perlengkapan rumah tangga lainnya. Saat ini Indonesia sedang gencar-gencar nya mempromosikan seni budaya negeri sendiri. Mengajak para generasi muda untuk mencintai kekayaan warisan budaya leluhur, karena hanya dengan cara ini kekayaan seni dan budaya kita tidak diakui oleh negara lain.

Batik elegan ini yang menjadi buruan generasi muda bisa dipakai untuk acara resmi atau acara lainnya.

Batik ini terlihat santai cocok untuk anak muda dengan kepribadian menarik.

Batik Modern koleksi Pasaraya

Batik Modern koleksi Pasaraya

Batik Modern koleksi Pasaraya

Sebuah warisan kesenian budaya orang Indonesia, khususnya daerah Jawa yang dikuasai orang Jawa dari turun temurun. Batik Jawa mempunyai motif-motif yang berbeda-beda. Perbedaan motif ini biasanya terjadi dikarenakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sekedar gambar. Akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dsri leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindundan Budha. Batik Jawa berkembang di daerah Solo atau yang biasa disebut batik Solo, Yogyakarta atau biasa disebut Batik Jogja dan Kota Pekalongan yang biasa disebut Batik Pekalongan.

Warga Jakarta merayakan Hari Batik Nasional di area car free day minggu kemarin (01/10/2017) acara ini juga dihadiri oleh Pak SBY

Yuk pakai Batik dan cintai produk dalam negeri. Jangan malu pakai batik kita harus bangga pakai batik. Kita harus jaga dan lestarikan seni budaya Indonesia, karena kalau bukan kita siapa lagi. Kenalkan batik pada anak sedini mungkin agar kecintaan pada negeri  sudah tertanam sejak dia kecil.





Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

1 Comments

avatar

Batiknya cakep-cakep ya. Pengen ke Pasaraya lagi deh, siapa tau ada yg bisa dibawa pulang.

Reply Delete

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com