Jumat, 20 Oktober 2017

thumbnail

5 Kuliner Khas Makasar Yang Sudah Terkenal Seantero Indonesia

5 Kuliner Khas Makassar yang Sudah Terkenal Seantero Indonesia
Ketika mengingat nama Makassar, yang pertama kali terbayang tentu berbagai macam kulinernya yang menggugah selera. Ibukota Sulawesi Selatan ini memang surganya kuliner, yang punya banyak jenis makanan khas dan tak dijumpai di kota lain.
Coto Makassar
coto makassar wikipedia.JPGvia. wikipedia.org
Makanan ini terbuat dari daging sapi, dengan banyak bagian lemak, iga dan tulang yang gurih. Dibalur dengan kuah bersantan dan berempah khas Makassar. Biasanya disajikan bersama ketupat khas Makassar yang dipotong kecil-kecil.
Bagi sebagian orang, kuliner yang satu ini adalah momok karena lemak dan kolesterolnya. Tapi rugi sekali kalau travelling sampai ke Makassar dan nggak mencicipi makanan yang satu ini, karena rasanya dijamin lezat.
Ada banyak penjual coto yang tersebar di Makassar. Di antara ratusan penjual, yang paling banyak direkomendasikan oleh penikmat kuliner adalah Coto Nusantara yang konon sudah lama jadi langganan para pejabat di negeri ini. Selain itu ada Coto Paraikatte, Aroma Coto Gagak, Coto Selaras dan banyak lagi.
Sop Saudara
sop saudara goodindonesiafoodcom.jpgvia. goodindonesiafood.com
Sebenarnya ini adalah makanan khas Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, namun sudah lama menjadi salah satu kuliner khas Makassar yang banyak dicari orang. Sop ini berisi daging sapi, bihun dan kentang goreng yang dibentuk bulat kecil. Biasanya ada tambahan paru sapi goreng, ikan bakar, telur rebus, sambal kacang dan irisan timun, kemudian disajikan dengan nasi putih hangat. Nikmat disantap ketika cuaca sedang mendung atau udara dingin.
Kalau kamu cek tiket pesawat Lion Air dan dapat harga promo ke Makassar, mampir deh ke Sop Saudara Irian, Sop Saudara Andalas atau Sop Saudara Andalas 65. Ketiga tempat ini adalah favorit para penikmat kuliner di Makassar dan sudah terkenal sampai ke seluruh Indonesia.
Sop Konro
sop konro santapsedapcom.jpgvia. santapsedap.com
Makanan yang satu ini jangan sampai dilewatkan kalau sedang liburan di Makassar. Terbuat dari iga sapi pilihan yang dimasak dengan kuah berempah kayu manis, asam jawa, kluwak dan beberapa bumbu lainnya, sop konro adalah hidangan yang nggak akan kamu lupakan dari Makassar.
Salah satu tempat terbaik menikmati sop konro adalah di Sop Konro Jl Dr Ratulangi dan Sop Konro Karebosi. Dua tempat ini mendapatkan review paling bagus di kalangan netizen pecinta kuliner, dan pastinya wajib banget buat diicip.
Es Pisang Ijo
es pisang ijo pergikulinercom.jpgvia. pergikuliner.com
Setelah makan berat, cuci mulut dengan es pisang ijo yang lezat. Meski banyak dijual di kota-kota lain di Indonesia, tapi es pisang ijo asli di Makassar rasanya sangat berbeda.  Makanan yang satu ini dinamakan pisang ijo karena terbuat dari pisang yang dibungkus dengan kulit tepung berwarna hijau. Lalu disiram dengan es dan susu serta bahan lainnya. Rasanya, sanggup mengusir dahaga di tengah teriknya udara Makassar yang menyengat.
Yang paling terkenal di Makassar adalah Es Pisang Ijo Amanda dan di Rumah Makan Muda Mudi.

Mie Titi
mie titi singgahicom.jpgvia. singgahi.com
Nggak lengkap ke Makassar kalau tak icip Mie Titi yang terbuat dari mie kering dengan kuah berwarna putih dan bertekstur kental. Isinya, daging ayam, jamur, udang, cumi dan irisan jeruk nipis. Segar disantap siang ataupun malam.
Ada beberapa tempat untuk menikmati Mie Titi, salah satunya dalah Mie Titi Boulevard dan Mie Titi Daya.
Sanggup menahan rasa lapar? Segera cek tiket Lion Air dan terbanglah ke Makassar. Menikmati kuliner Makassar yang terbaik adalah dengan langsung datang ke kotanya.

Lezatnya coto, sop konro dan berbagai kuliner lainnya yang asli Makassar tak akan didapatkan di daerah lain meski memajang nama yang sama. Jadi, segera cek tiket Lion Air dan datanglah ke kota cantik ini.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com