Minggu, 26 Februari 2017

thumbnail

Bicara Mitos , Hoax Dan Fakta Seputar Kehamilan

Bila bicara tentang Mitos atau Fakta lebih populer lagi berita Hoax bagi kita orang awam sangatlah sulit membedakannya, karena mitos seperti sudah menjadi berita turun temurun dari generasi ke generasi.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Bersyukur bisa hadir diacara RS MAYAPADA yang berlokasi di Beranda Kitchen  (23/2/2017) mengangkat tema Mitos Kehamilan, walaupun cuaca sedikit tidak bersahabat tapi para blogger dari komunitas Indonesian Sosial Blogpreneur (ISB) yang diketuai oleh Teh Ani Berta, dengan narasumber Dr. Yuslam Edi Fidianto SpOG  pakar dari bidang kebidanan & kandungan RS. Mayapada, artis cantik ibu dari seorang anak berusia 8 tahun dan juga sedang mengandung anak keduanya  Kinaryosih, Rahne Putri seorang Blogger & Influencer, dan Mba Kartika Susanti selaku perwakilan dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO).


                       Para Narasumber Mitos Seputar Kehamilan

Kinaryosih berbagi pengalaman "hamil anak kedua rasanya sangat berbeda dengan anak pertama". Saat hamil anak kedua ini Kinar selalu rajin minum air kelapa muda dan air kacang hijau karena menurut Kinar anak yang dilahirkannya nanti akan berambut lebat dan berkulit putih.

Mengurangi pemakaian MSG saat mengandung karena sangat mempengaruhi janin yang dikandung dan tidak mengkonsumsi daging kambing juga kopi.

Ternyata setelah Dr. Yuslam Edi Fidianto SpOG menerangkan dengan meminum air kelapa ijo dan air kacang hijau dapat menyuburkan rambut dan memutihkan kulit si jabang bayi adalah MITOS. Air kelapa bisa melebatkan rambut jabang bayi dan minum minyak kelapa saat ingin melahirkan agar mudah saat melahirkan adalah Mitos, FAKTA nya jika minum air kelapa ijo setiap hari dapat membuat lemah jantung pada si jabang bayi, karena elektrolit yang terkandung pada kelapa ijo. Sebaiknya jangan terlalu sering minum air kelapa ijo maksimal dua hari sekali. Jadi yang membuat rambut lebat dan kulit si bayi putih adalah tergantung dari faktor genetik. Mengoleskan minyak kelapa pada lubang vagina masih sering dilakukan pada masyarakat di daerah pedalaman.

FAKTA minum air kacang ijo sebaik minum air disaat rebusan pertama atau saat kacang hijau merekah sangat baik karena air yang dihasilkan itu mengandung karbohidrat yang akan menghasilkan energi dan ampasnya juga mengandung serat. Untuk Ibu hamil sangat baik jika rutin meminumnya karena kacang hijau juga mengandung beberapa nutrisi yaitu kaya serat, vitamin A, zat karotenoid, mineral essensial,vitamin B6 dan rendah kalori,  asam folat, protein dan karbohidratm kalsium, vitamin B1 dan B2, mineral, dan karbohidrat.

Ibu hamil tidak boleh makan daging kambing itu adalah MITOS malah FAKTA nya  penelitian daging kambing lebih bernutrisi baik untuk Ibu hamil daripada daging sapi tapi harus well done dan porsi sewajarnya.

MITOS Ibu hamil dilarang minum kopi dan FAKTA nya Bumil boleh mengkonsumsi kopi asalkan hanya 300 ml sehari dan tidak mempunyai riwayat Hipertensi.

Mitos Bumil dilarang makan makanan yang mengandung MSG. FAKTA nya MSG juga diperlukan untuk tubuh dan juga Ibu hamil dengan jumlah tertentu. MSG dibutuhkan otak untuk energi.

Sebenarnya bila membicarakan mitos seputar kehamilan, bila dibukukan bisa menjadi beberapa buku. Pengalaman ini saya rasakan saat hamil, banyak sekali pantangannya dari orang tua atau orang-orang terdekat.

Katanya kalau lagi hamil jangan duduk ditengah pintu nanti pas melahirkan anaknya susah keluar. Setelah dipikir scara logika, bukan Bumil saja yang dilarang duduk ditengah pintu, mereka yang tidak hamil pun dilarang karena mengganggu orangnyang mau lewat. Bumil kalau makan harus menggunakan piring yang kecil agar ari-arinya si jabang bayi tidak besar. Saat hamil besar jangan minum air dingin, nanti anaknya menciut setelah beberapa hari lahir. Jika ingin mudah melahirkan sebaiknya sering menyapu atau mengangkat kotoran yang menyumbat lubang air. Jangan terlalu banyak makan pedas nanti rambut bayinya tipis. Gak boleh ini harus itu dan masih banyak lagi larangannya untuk Bumil dan semua ini belum sempat saya tanyakan pada acara tersebut.

Dalam menanggapi semua berita yang mengandung Mitos atau Hoax sebaiknya Bumil berhenti melihat berita atau mencarinya di goegle karena belum tentu benar. Dijelaskan oleh Mba Kartika Susanti, "sebaiknya kita harus teliti jangan asal percaya pada berita walaupun datangnya dari orang terdekat bila diperlukan tanyakan pada ahlinya". Hoax seputar kesehatan ada namun sayangnya kurang dapat perhatian dan dikritisi sehingga mudah tersebar. Jangan menjadi pembaca berita pasif.


6 P RUMUS IDENTIFIKASI HOAX

1. PERHATIKAN HATI
Harus Hati-Hati dan waspada bila mendapat pesan dan baca baik-baik.

2. PUTUSKAN RANTAI
Biasanya pesan hoax berantai atau dikirim melalui grup seperti what up, bbm atau path. Sebaiknya putuskan bila perlu keluar dari grup tersebut.

3. PERHATIKAN SUMBER
Perhatikan darimana asalnya berita atau pesan tersebut sebaiknya mencari tahu dari sumber yang lain. Bila berita tersebut ada di media yang terpercaya atau situs-situs resmi.

4. PERIKSA REDAKSI
Setelah membaca pesan atau berita yang disebar, cek apakah ada sumber redaksinya

5. PAKAI AKAL SEHAT 
Periksa berita tersebut dan pikir pakai akai sehat jangan kembali kita sebarkan beritanya

6. PERHATIKAN DARI MANA INFO ITU KITA DAPAT
Biasanya berita atau pesan itu kita dapat dari orang-orang terdekat atau grup keluarga di sosmed. Perhatikan bagaimana perilaku orang yang menyebarkan berita atau pesan tersebut


Agar lebih jelasnya bisa bergabung di FORUM FACEBOOK FORUM ANTI FITNAH, HASUT dan HOAX (FAFHH) atau INDONESIA HOAX BUSTER atau ke Kominfo melalui email aduankonten@mail.kominfo.go.id


Acara ditutup dengan berbagi tips dari para narasumber.

Tips dari Kinaryosih "Jangan stress dan Hindari kelelahan Jika ingin hamil, Hentikan membaca jika dirasa info tersebut adalah Hoax".

                                          Kinaryosih

Tips dari Rahne Putri "Pola hidup sehat itu penting di masa kehamilan".

Tips dari Dr. Yuslam Edi Fidianto SpOG "Lebih baik tanyakan kepada ahlinya seperti Dokter bila perlu catat semua yang ingin ditanyakan". Tips untuk Ibu yang ingin hamil sebaiknya jangan mengikuti kemauan lingkungan yang dapat berakibat stress. Bila ingin mempunyai anak, setelah berhubungan harus istirahat setengah jam sampai satu jam dari tempat tidur. Jangan melakukan diet ketat disaat hamil.

Dan Tips dari Kartika Susanti " Sebaiknya aktif, saling mengingatkan dan jangan terbawa berita Hoax.

Demikian selesai sudah mengupas tuntas Mitos, Hoax atau Fakta. Mari kita selalu peduli dan saling mengingatkan demi menjaga jangan sampai Hoax menyesatkan kita semua.

                         Sesi Foto Bersama dok. Ani Berta









Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com