Kamis, 09 November 2017

thumbnail

Yuk Ubah Gaya Hidup Kita Untuk Hidup Lebih Sehat

Menjaga penampilan dan selalu tampil seksi juga mempunyai berat badan ideal, impian semua orang baik wanita maupun pria. Namun semua itu tidak lah hanya dengan lisan saja, tapi perlu penerapan pola hidup sehat. Baik dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari dan dukungan gerak fisik. Memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Dari sini kita harus peka pada tubuh kita sendiri agar tidak terjadi kelebihan zat dan kalori.
Makanan sehat adalah yang diolahnya dengan direbus atau dikukus dan tanpa minyak (Hidangan khas Tidore) dok.pribadi

Tak jarang kita sering tidak memperhatikan apa yang dibutuhkan tubuh sendiri. Pada akhirnya terbentuk lah kelebihan lemak dan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Tanpa disadari tubuh pun menjadi gemuk atau Obesitas . Tidak hanya penampilan saja yang menjadi berkurang namun kesehatan pun menjadi terganggu. Obesitas adalah gerbang atau tiket masuk menuju penyakit tidak menular dan tanpa gejala.

Pengertian Obesitas
Obesitas merupakan penumpukkan lemak berlebihan akibata ketidak seimbangan asupan energi (energi intake) dengan energi yang digunakan (energi expenditure) dalam waktu lama. Beberapa mekanisme fisiologi berperan penting dalam tubuh individu untuk menjaga keseimbangan antara asupan energi dengan keseluruhan energi yang digunakan dan untuk menjaga berat badan stabil.

Obesitas disebabkan oleh beberapa faktor yaitu genetik, lingkungan, obat-obatan dan hormonal. Obseitas merupakan suatu epidemik global sehingga menjadi masalah kesehatan yan harus segera ditangani. Pencegahan dan pengendalian obesitas dilakukan dengan berfokus pada faktor risiko dan sosial determinan. Obesitas ditemukan pada orang dewasa, remaja dan anak-anak. Lebih 1,4 miliar orang dewasa yang overweight dan lebih dari 500 juta orang dewasa didunia mengalami obesitas (WHO 2008). Obesitas berkaitan dengan PTM dan menyebabkan kematian pada 2,8 juta orang dewasa setiap tahunnya (WHO, 2013).

Selain overweight dan obesitas memiliki risiko mengalami diabetes (44%), penyakit jantung iskemik (23%) dan kanker (7%-41%). Merujuk pada Sustainable Development Goals (SDG's) yang dikeluarkan WHO pada tahun 2014 masalah kesehatan banyak dipengaruhi oleh sektor diluar kesehatan seperti sektor industri dan perdagangan. Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan indikator ke-3 pada SDG's.
3 buku yang resmi diluncurkan untuk memperingati hari Obesitas 2017

11 Oktober diperingati sebagai Hari Obesitas Sedunia
Bertempat di Harris Hotel Kelapa Gading Jakarta (07/11/2017) dalam memperingati Hari Obesitas Sedunia yang jatuh pada tanggal 11 Oktober 2017. Kemenkes mengadakan seminar sehari membahas penanggulangan obesitas

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Tentang Saya

Kebebasan dan ingin menikmati hidup adalah prinsipku. Menulis dan travelling sudah menjadi hobby sejak dulu. Kalau dulu menulis hanya untuk diri sendiri tersimpan rapi di laptop ku, sejak akhir 2015 mengaktifkan lagi blogku, hidup lebih menyenangkan karena bisa berbagi pengalaman lewat tulisan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang singgah ke blogku. Bagi kamu yang suka travelling dan seputar lifestyle bisa mencari informasi di blog ini. follow sosial media saya Facebook: www.facebook.com/tatisuherman instagram: @tatisuherman twitter: @suhermantati email: tatisuherman2@gmail.com